Berselancar aman Menggunakan HTTPS

      Kali ini ada trik yang simple agar kita aman masuk di akun facebook punya kita... yaitu memakai protokol HTTPS untuk berselancar aman., Kalau biasanya di web browser kita selalu menggunakan http sekarang cobalah beralih ke https. bila ditulis menjadi demikian https://facebook.com... jadi cuma beda di huruf 's' terakhir dari http. 's' disitu berarti secure (aman). untuk mengaktifkan mode https di facebook lakukan penyetelan akun privacy di facebook saudara. di bawah ini keterangan singkat mengenai apa itu https.... 

     HTTPS itu singkatan dari Hypertext Transfer Protokol Secure yang berarti sisi aman dari pada HTTP, mengapa sisi aman? Yah karena jika sebuah webserver menggunakan HTTPS kalau client mengakses server tersebut dengan jalur HTTPS maka orang lain yang tidak berkepentingan tidak akan bisa membajak/sniffer packet-packet data yang client akses, serta melindungi username dan password client itu sendiri yang ingin mengakses webserver. Bagaimana cara agar sebuah server dapat diakses dengan menggunakan HTTPS?
Caranya adalah server tersebut harus mempunyai SSL, apa itu SSL? SSL adalah kepanjangan dari Secure Socket Layer yang artinya adalah sebuah sertifikat, bagaimana cara mendapatkan sebuah sertifikat/SSL itu? Caranya adalah dengan membelinya dan memasang diserver kita, dimana belinya?? silahkan googling banyak kok perusahaan yang menyediakan SSL, atau ada juga sekarang layanan hosting yang sudah menyediakan layanan SSL ini, sehingga dapat diakses dengan menggunakan HTTPS, tapi gak semua hosting menyediakan layanan ini, jikalau server anda ada dilayanan hosting tapi hosting anda tidak mempunyai layanan SSL ini, anda dapat membelinya/menghubungi hosting center anda. Tapi kalo server anda di kelola sendiri atau bukan nyewa hostingan yah anda dapat memesan sertifikat itu, dan memasangnya di komputer server anda.
Kelebihan server yang menggunakan HTTPS diantaranya adalah:
  1. Jalur yang digunakan untuk transfer data sangat aman karena terenkripsi.
  2. Sertifikat yang didapatkan dari badan pemberi sertifikat dijamin keamanannya oleh badan tersebut.
  3. Dapat menangkal serangan sniffer ataupun middle attack.
Kelemahan server yang menggunakan HTTPS diantaranya adalah:
  1. Tidak semua web browser mempunyai kemampuan untuk menginstall sertifikat dengan baik. Oleh karena itu sertifikat harus mempunyai browser recognition rate (Tapi tenang browser-browser sekarang sih udah pasti ada semua, browser sekarang mah udah keren-kerenlah, gak usah kawatir).
  2. Kerja komputer semakin tinggi karena melibatkan enkripsi, maka client dan server membutuhkan waktu, resource, dan bandwidth lebih untuk melakukan kegiatannya (Makanya kan kalo kita ngakses HTTPS agak lambatan, sebenernya ini bisa diakalin di PHP/Java scriptnya, jadi hanya dibagian loginnya saja yang menggunakan https.
  3. Kebutuhan bandwidth bertambah karena data yang dikirim lebih besar daripada data yang tidak dienkripsi.
Simulasi gambarnya adalah seperti ini:
Selain kita bisa memakai sertifikat yang sudah di stadartkan oleh international atau kasarnya membelinya, ternyata di linux ada applikasi yang dapat membuat sertfikat SSL tersebut, akan tetapi sertifikat ini tidak dikenali oleh browser anda, biasanya kalo anda mengaksesnya dengan menggunakan browser Chrome/Chromium maka di httpsnya akan muncul tanda silang merah dan sebelum masuk ke webnya akan ada peringatan SSL error, nanti di klik aja, maka akan lanjut masuk ke webnya, dan jikalau kita menggunakan browser firefox maka akan ada peringatan untuk mendapatkan sertifikat itu, gambarnya seperti ini:
Chromium/Google Chrome:
Firefox:
 
 
Sekian secuil info mengenai https.... semoga yang lagi khawatir akun facebooknya kena bajak maka patut dicoba tuh pakai protokol https....... selamat berselancar aman....

Previous
Next Post »

5 comments

  1. SSL mahal juga yak, minimal disintal di VPS yg punya IP sendiri

    ReplyDelete
  2. iya bang... tapi mungkin akan terbayar harganya bila webster emang cari penghasilan dari internet bang... gk kayak ane yg mondar-mandir ksana kemari... hehehehe... lam kenal abang

    ReplyDelete
  3. tetapi kenapa yah, klo akun fb pakai https ,bukanya lewat ponsel nyedot pulsa Gan ? mohon penjelasan

    ReplyDelete
  4. klo buka akun fb dengan URL https pakai ponsel, kenapa bisa nyedot pulsa ya bang ? udah 2 kali seperti itu

    ReplyDelete
  5. penjelasan praktek menggunakannya mana bang

    ReplyDelete

Partner Site