Cara membuat antena Modem



Cara Membuat Antena Yagi CDMA GSM 3G Sistem Induksi. Ada beberapa cara menguatkan Sinyal Modem baik CDMA GSM GPRS 3G dan Wireless LAN diantaranya adalah menggunakan Teknik USB Extender dan Antena Luar. Berikut saya sharing bagaimana cara membuat Antena Yagi GSM CDMA 3G Sistem Induksi. Antena modem ini sangat cocok bagi Anda yang menggunakan Modem tanpa dilengkapi konektor antena luar. Antena ini saya buat sudah lama sekali sekitar 10 tahun yang lalu dan sekarang saya gunakan kembali untuk Modem CDMA 3G 800-MHz yang saya gunakan, bisa EVDO ataupun 3g.


Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Antena modem Yagi CDMA 800-MHz Sistem Induksi :
  1. Batang alumunium persegi ukuran 1-cm x 2-cm panjang sekitar 100-cm berfungsi sebagai Boom
  2. Kawat kuningan diameter 2,5-mm secukupnya. Berfungsi sebagai elemen antena Yagi. Kawat ini biasa digunakan untuk bahan Las dan Anda dapat membelinya di toko-besi
  3. Kotak sambungan kabel Telepon. Kotak ini berfungsi sebagai tempat Driven dan penyambungan Kabel Coaxial
  4. Manik-manik Isolator Transistor berfungsi untuk mengisolasi/memisahkan antara kawat elemen dan Boom Alumunium supaya tidak ada hubungan secara mekanik dan elektrik
  5. Kabel Coaxial 50-ohm atau 75-ohm sepanjang 10-m s/d 15-m, yang bagus lo ya
  6. Kawat Email penampang 1-mm secukupnya. Kawat ini digunakan untuk membuat Kumparan Induksi Sinyal bagi Modem CDMA atau GSM
  7. Klem Antena untuk menggabungkan antena dengan tiang penyangga ( besi)
  8. Isolasi secukupnya
  9. Lem Bakar secukupnya saja
  10. Lem G atau Alteco secukupnya saja
Nah untuk langkah-langkah cara pembuatannya saya kira tidak usah saya jelaskan. Yang jelas untuk membuat Antena Yagi CDMA 800-MHz Anda membutuhkan peralatan berupa Bor, Solder, Gergaji Besi, Tang Potong dan peralatan penunjang lainnya.

Berikut Dokumentasi Antena Yagi Modem CDMA 800-MHz Sistem Induksi yang saya buat :
Ini Antenanya :


Ini Kumparan Induksinya :
Pembuatan Kumparan Induksi disesuaikan dengan Ukuran/Bentuk Fisik Modem sekitar 4 lilitan.

Pemasangan Kumparan Induksi pada Modem :
Hasil Pengujian :
  • Tanpa Induksi Antena :
  • Setelah dipasang Kumparan Induksi :

Untuk Skema Antena Lengkap beserta gambar, ukuran dan cara pembuatannya sengaja saya berikan 2 ukuran untuk CDMA frekuensi 800-MHz dan CDMA frekuensi 1900-MHz. Bisa di Download :


Skema Antena Yagi CDMA 3G 800 MHz dan 1900 MHz Sistem Induksi
download Panduan Membuat Antena Yagi 800 — download Panduan Membuat Antena Yagi 900

Terdapat perbedaan sangat signifikan dimana saat Modem CDMA 800-MHz tanpa antena (di dalam kamar) sinyal menunjukkan NOL Bar dan saat dipasang kumparan induksi Sinyal Modem CDMA terjadi penguatan 100 % menjadi 5 Bar atau Full Bar dan sangat lancar digunakan untuk koneksi Internet CDMA ataupun sinya EVDO. Saat itu Antena Yagi CDMA/EVDO 800-MHz Sistem Induksi tersebut saya letakkan diluar rumah dengan ketinggian hanya 4,5-meter dari atas tanah dan tepat mengarah ke BTS Provider CDMA-nya yang berjarak sekitar 5-km.
Semoga artikel Cara Membuat Antena Modem Yagi CDMA / GSM / 3G dapat berguna bagi sobat semua.

terinspirasi dari : oprekzone.com
First

40 comments

  1. makasih infonya mas,, sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dilihat dari gambarnya, kawat email untuk induksinya itu bukan 1mm, akan tetapi sepertinya sekitar 2,5- 3mm. Yg mana yg benar ya ?

      Delete
  2. tenkyu balik bang.... makasih kunjungannya

    ReplyDelete
  3. ini ngabisin biaya berapa kira-kira kang farhan ?:D hehe ntar saya coba deh :D

    ReplyDelete
  4. Bng imam... biayanya kalo model itu sedikit bang gak sampai ratusan... mending pake wajan aja, wajanbolic gitu...cuma bekal wajan yg kita punya plus pipa paralon dikit.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha pake wajan buat jenang aja om lebih gede

      Delete
    2. bang temen saya jg pake wajan jg...kcpatan nya jdi ok....tpi saya tanya ga mo kasih tau tpi saya bingung kok dia pake kabel antena tv jg bang...tolong dijelaskan apa saja yg dibutuhkan untuk buat wajanbolic ini kloo bs bserta gambarnya,,,,, terima kasih sebelumnya

      Delete
  5. Waw.. keren.. tapi males kalo bikin sendiri.. hehe.. oya sob. udah pernah dicoba? kalo udah.. ada kerasa penambahan kecapatan intrnetnya??

    ReplyDelete
  6. Weeee ada Tips bikin Antena Modem Made In Oprek hehehehe...bagus2 gan baru tau ane ternyata rada2 simple jg ya cara bikinnya. Keren gan.Salam Sukses

    ReplyDelete
  7. Yah...yang ini mendhing dibikin produk massal aja Kang,,...Biar semua blogger nggak bingung nyari nya dimana,khan langsung bisa pesan di Kang Farhan...,Ide bisnis...lho,royalty,5 % aja...dech ama tonggo dewe....

    ReplyDelete
  8. weh,tuh antene dipasangkan pada Telkom flash DT8L saya bisa apa gag ya?hehehe..selama ne buat ngejar full bar sinyal 3G nya,saya pake sendok gan(hahaha..lebay ya gan)...pencerahannya donk gan,maklumlah..untuk urusan gini saya katrok gan....maturnuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal ada pigtailnya bisa bang...hehehehe

      Delete
  9. Kang Farhan, cara Ngembaliin FOrmat komentar blog q gimana ya? kok gak ada fasilitas reply pada template yang baru q ini...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kembalikan ke setelan semula bang... ntar nek kembali replay-nya...dcoba dlu bang

      Delete
  10. mantap bang kyanya, pengen nyoba. antena nya di psang yg bagus dmna yah? bang

    ReplyDelete
  11. Mantap bener.. ane kpingin coba.. tapi kayaknya agak rumit yaa.. waw.. ane siapin aja dlu bahan bahannya.

    yang bginian memang sangat menarik. Mantrap

    ReplyDelete
  12. Sangat kreatif dan inofatif.
    Banyak ilmu aku dapatkan di blog ini.
    Terima kasih berbagi ilmunya Kang

    ReplyDelete
  13. mantap nih kang...perlu dicoba,,maklum modem saya lelet nih...makasih infonya kang farhan,,,

    ReplyDelete
  14. diameter kawat kuningannya jika lebih nesar, ukuran jarak antar elemen nerubah gak ya masbro?

    ReplyDelete
  15. bang kalau boleh tau dana yang di butuhin berapa bang untuk beli smuanya. makasih

    ReplyDelete
  16. kalo sekarang ane coba pake usb aja sob...mantap kok..usb panjang pake kabel...tgerus ditaruh di atas...

    ReplyDelete
  17. mantap gan keep blogging,, kunjungan baliknya ditunggu,,
    http://rahasiaclickbankreview.vv.si

    ReplyDelete
  18. Menarik nih. Cara nya manual, tapi hasil nya maknyus :)

    ReplyDelete
  19. Terima Kasih Pak Atas Infonya ..
    Sangat Membantu ..

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. mantap..pingin nyobain antenanya..tpi gyknya lebih mantap lagi beli jadi aja. ..

    ReplyDelete
  22. sangat membantu sobat, lumayan buat nambah2in sinyal

    ReplyDelete
  23. mantap sob,,, ini yang lagi saya cari,, soalnya tempatku minim banget sinyal, maklum daerah pedesaan,, heehe

    ReplyDelete
  24. Wah trik yang bagus sih,, cuma agak susah bikinnya haha :)

    ReplyDelete
  25. info yang menarik om,.
    tapi ribet praktekinnya

    ReplyDelete
  26. dari pd ribet beli antena yagi 100 rb dpt antena + kabel induksi 15 meter tinggal belitin d body usb modem kyk postingan agan sinyal yg biasanya 1 bar langsung full 5 bar ... Mantaps lancar abiis gann ..

    ReplyDelete
  27. Hehehe...saya mumet gan,tapi tetap ikut belajar nih....artikel menarik dan saya jadi pengin bisa....tapi belum mudeng,ane print yahh..... Tanks....

    ReplyDelete
  28. kbel coaxial kan ada yg kawat dan ada yg serabut? pemasangannya gmn? digabung gt?

    ReplyDelete
  29. mas farhan,,,, irul mau tanya nie t4 ane sinyal nya masih 2G (GPRS) kira" kalau irul buat antena seperti mas farhan curahkan bisa tidak ya nangkep sinyal 3G/ HSDPA soalnya BTS dari rumah ane jauh bangetz.........
    Mohon penjelasannya ya mas.............

    ReplyDelete
  30. Menarik sekali Infonya gan...
    agak ribet sih... tapi ta coba dulu

    ReplyDelete

Partner Site