Teknik Pemasangan Kabel LAN

Pada ulasan kali ini saya mau sedikit sharing tentang teknik pemasangan kabel LAN. apa sih LAN itu ? bagi kebanyakan orang pasti udah tahu dong apa itu LAN ( Local Area Network ). yaitu hubungan antara satu perangkat dengan perangkat lain dalam satu jaringan. nah kalau LAN sering diasumsikan sebagai perantara antar satu perangkat dengan perangkat lain dalam satu tempat dengan menggunakan kabel. beda lagi dengan WAN, kalau WAN itu perantara antara satu perangkat dengan perangkat lain tanpa campur tangan kabel, bisa dikatakan zero cable atau bahasa kerennya Wireless.
nah disini saya tidak akan mengulas WAN tapi LAN walaupun dalam artian yang sama antara keduanya. sekarang kita bahas dulu tipe-tipe pengkabelan LAN yag sering kali digunakan.
 

1. TIPE STRIGHT OVER
Artinya ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya memiliki urutan kabel yang sama. Tipe ini digunakan untuk menghubungkan antara PC ke Switch, Router ke Switch, Router ke HUB dan PC ke HUB. tipe ini digunakan untuk hubungan 2 komputer atau lebih dalam satu jaringan.

Dibawah ini di digambarkan susunan dari pengkabelan LAN tipe Straight

 
skema LAN







jadi urutan kabel untuk jenis straight berbanding lurus, dalam arti tidak ada persimpangan antar satu kabel dengan kabel yang lain dengan warna yang beda. mudah sekali kita menghafal yang ini. pada dasarnya walaupun kita melakukan pengkabelan tidak klop dengan warna pada tabel diatas juga gak apa-apa sih... tapi tabel diatas dah dipatenkan Standart EIA/TIA. 


2. TIPE CROSS OVER
Pada tipe ini ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya memiliki urutan kabel yang tidak sama. Tipe ini digunakan untuk menghubungkan antara PC ke PC, Switch ke Switch, HUB ke HUB dan PC ke Router.

Untuk tipe ini ada sedikit perbedaan urutan kabelnya, jadi gak boleh sembarangan. kalau kebalik jelas tidak akan bisa terkoneksi antara 1 PC dengan PC satunya. 





nah urutan kabel dari tipe Cross bila diingat sebagai berikut : 1 –> 3, 2 –> 6, 3 –> 1, 4 – 4, 5 – 5, 6 –> 2, 7 – 7, 8 – 8. cuma beda di angka 1,3,2,6 saja untuk yang lain sama. jadi 1 dan 3 bersilangan , begitu juga 2 dan 6 bersilangan.



sedangkan bagi teman teman yang ingin merakit sendiri LAN-nya maka pedoman diatas bisa dijadikan tuntunan. dan jangan lupa nih di bawah gambar alat untuk mempermudah kita dalam melakukan pengkabelan LAN. alat yang kita butuhkan adalah : 

Kabel UTP 


Konektor RJ45


Crimping tool 

Lan Tester ( optional )

Mungkin sampai disini dulu sharing singkat tentang Lan... kalau ada pertanyaan atau komentar dari teman-teman silahkan, kita sama-sama belajar.... selamat ber-eksperimen sendiri yaaa :)... kalau dah mentok ya silahkan panggil aja dokternya Jaringan .... :) .
Previous
Next Post »

1 comment

  1. sippp trmkasih pelajaran nya sob,,
    cukup dimengerti..
    come back http://saktobek.blogspot.com

    ReplyDelete

Partner Site