Android Disusupi Malware

Android market kembali disusupi malware. Tim keamanan Trend Micro, menemukan malware dengan kode ANDROIDOS_RUFRAUD.A - masuk sebagai aplikasi resmi yang seolah-olah ditawarkan dari dalam Android market.
Karena jebakan itu, beberapa pengguna telah menginstal aplikasi tidak asli tersebut sebelum Google menghentikan layanannya segera setalah mendapat reaksi dan respon dari pengguna yang cermat.
kita tahu bahwa Android semakin Populer diatas rival - rivalnya seperti platform Java, symbian dan windows mobile, karena dukungan resource android yang GNU alias source codenya free dan dapat di - development ulang sekehendak hati programmer. maka trend di tahun-tahun mendatang akan semakin bersinarlah si 'android'. tidak menutup kemungkinan virus dan malware akan bergentayangan menyusup ke sisitem operasi android.

Saat Android menawarkan aplikasi murah,bayangi aja cuman seharga 10 cent saja untuk merayakan 10 miliar download, pengguna kebanyakan cenderung terpancing untuk menginstal aplikasi dengan biaya murah tersebut tanpa sadar mereka telah digiring masuk malware.

Bagaimana menghindari malware, ini tips Trend Micro:
Cek developer pembuat aplikasi yang ditawarkan Penjahat dunia maya secara berkala selalu mengikuti aplikasi yang sedang populer, selanjutnya mereka akan membuat duplicatnya. contohnya malicious aplikasi untuk game terkenal Angry Birds, besutan Rovio Mobile, pernah di ciptakan tipuan malicious-nya dari developer Logastrod. Untuk meyakinkan si pembuat aplikasi memiliki reputasi, telitilah bagaimana pihak developer memberikan catatan pada aplikasi yang pernah dibuat. Jika developer tersebut miskin informasi, lebih baik Anda cuekin saja untuk menginstal aplikasinya (gambar 1 dan 2)

Cek rating dan review terhadap aplikasi
Pada aplikasi yang asli biasanya mendapatkan banyak rating dari beberapa reviewer di dalam Android market, sedangkan aplikasi bajakan hanya memberikan kurang dari dua puluh rating . Semakin banyak rating dan review yang diberikan, artinya Anda memasuki halaman aplikasi yang dijamin kebenaranya.

# dari berbagai sumber #
Previous
Next Post »

2 comments

  1. Semoga Tips dari Trend Micro bermanfaat dan bisa berhasil dilaksanakan dan bisa menghindari malware ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ning sweet...moga kita jadi faham betul apa itu malware dan cara mengatasinya...thnaks ya sahabat

      Delete

Partner Site