Dilema Sebuah Warnet

Warnet, siapa yang hari gini gak kenal sama yang namanya internet ?. untuk topik yang akan saya bicarakan disini adalah tentang kesiapan membangun sebuah warnet bagi pemula. ngapain ngomingin warnet segala sih, kan warnet sudah diambang akan gulung tikar karena suspensi dunia modem yang menawarkan segala bentuk kemudahan dan mobilitas bagi penggunanya ?. eits...stop jangan pesimis dulu dong, secara kasat mata mungkin bisa dikatakan warnet akan semakin redup oleh gerusan jaman, tapi yang perlu diingat adalah survey yang mengatakan bila pengguna internet masih didominasi remaja yang notabene belum mempunyai perangkat keras seperti PC pribadi. nah.. berkaca dari situ maka bagi yang masih gamang melakukan uji coba nyali untuk membuka usaha warnet maka patokan-nya bukanlah dari rumor melainkan dari kenyataan yang ada di sekitar kita, bahwa masyarakat masih membutuhkan sebuah solusi praktis untuk menjelajah dunia maya.

Belajar dari sebuah pengalaman, saya sendiri dulunya gamang untuk mendirikan warnet, tapi dengan modal nekat ( bukan nekat yang ngawur lho :) ) saya akhirnya secara finansial terbantukan dengan banyaknya pengunjung di warnet saya. yang penting dan perlu dijadikan patokan adalah mengenai demografis letak warnet yang akan kita jadikan usaha. mengapa begitu ?, karena faktor utama dalam menyusup ke pangsa pasar bisnis warnet tentunya kita sebagai pendatang baru akan banyak sekali problem yang harus kita hadapi salah satunya yaitu pesaing kita. jangan anggap remeh pesaing bila anda belum siap secara finansial dan sumberdaya bila saingan kita lebih elegan duluan dibanding kita. jadi, dalam suspensi ke pasar warnet jajaki dahulu seberapa kuat sumberdaya warnet yang akan kita raih sebagian membernya kelak.

Sekarang akan saya berikan sedikit tips untuk pemula ( seperti saya ) dalam memulai membangun bisnis sebuah warnet :
  • 1. Survei Lapangan, yaitu ukur jarak warnet yang akan kita bangun setidaknya dekat dengan keramaian khalayak. seperti dekat sekolah atau setidaknya jalan depan warnet ramai lalu lalang pelajar dan pekerja.
  • 2. Jarak antara warnet saingan setidaknya 3 km, untuk menghindari chaos yang berkepanjangan
  • 3. survei-lah seberapa besar pangsa pengunjung di warnet saingan kita, seperti apa dan bagaimana keinginan pengunjung.
  • 4. siapkan sumberdaya. Bila anda sudah mahir dalam dunia jaringan maka anda dinyatakan sudah menjadi pionir dan poin utama menuju sukses, bila tidak maka anda harus merogh kocek yang dalam untuk membayar jasa administrator jaringan warnet anda.
  • 5. siapkan hardware dan software sedikit lebih unggul diatas rival warnet anda, karena kehandalan warnet anda dimulai dari segi hardware yang mumpuni.
  • 6. Siapkan bandwith yang handal, dalam artian bila kita ingin mengundang pengunjung sebagai sarana promosi pertama maka jadikan bandwith senjata utama untuk kenyamanan browsing. jadi jangan buat kesan pertama pengunjung jadi kabur karena bandwith yang pas-pasan alias lemot
  • 7. Dan ini faktor yang penting juga yaitu kenyamanan tempat anda haruslah membuat pengunjung berlama-lama di depan PC. siapkan penyinaran yang bagus, dekorasi ruangan, camilan dan ingat jangan terlalu membunyikan baground music dalam ruangan terlalu keras, karena secara psikologis suara yang terlalu keras akan meningkatkan emosi dari si pengguna sehingga keadaan rileks saat browsing tak akan tercapai. jadi pelankan dan putar music yang mendayu-dayu seperti instrumentalia atau tembang nostalgia.
  • 8. Dan yang terakhir adalah finansial dan kesiapan mental. jadi mental juara akan menjadi juara disuatu hari kelak bila yakin dan telaten dalam menjalankan bisnis anda.

Bagaimana sobat, mau uji nyali untuk buka warnet ?. bila iya Berdo'a dan bersemangatlah, jangan patah arang dengan hanya melihat sukses rival kita. semangat...... !!!!
Previous
Next Post »

41 comments

  1. pertamaxxxx kang farhan, saya juga cita-cita pengen buka warnet nanti soalnya kayaknya enak banget deh kita tnggal duduk santai hehe tpi tunggu saya jadi programmer dulu :p amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, mudah2an aku jg bisa buka bisnis sprti ini,,

      Delete
  2. wahhh...bang weweh calon programmer ya...ajarin doonggg :)... iya nih bang ane baru aja menggeluti dunia warnet...heppy banget sambil duduk...hehehehe

    ReplyDelete
  3. iman aja kang -- jangan weweh hehe.. Masih cita-cita itu kang, tapi semoga tercapai amiiiin YaAllah

    ReplyDelete
  4. wah mantab tips nya nih kang, ane juga mau buka. tapi ane cari tempat bukan deket jalan raya atau jalan besar, sekrng mendingan buka di gang2 sempit targetnya ya anak2 daerah sekitar situ ya itu udah di buktiin sama temen ane sendiri , walo dengan jumlah pc yang tak sebrapa :D

    ReplyDelete
  5. Di tempatku kayaknya gak bisa Mas, bayangkan jalan sepanjang 5km telah berdiri 7 warnet. Walaupun nyalinya Oke tapi lokasinya kurang sesuai... Terima kasih atas TIPSnya, tentu bermanfaat sekalai bagi calon pe-bisnis baru di bidang warnet!

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo Warnet, itru menururt saya di manapun tempatnya pasti COCOk: krna internet sudah merupakan kebutuhan pokook manusia

      Delete
  6. btul sobat2...yang penting kita bisa memanage tempat usaha kita dengan jitu. dan bagi pebisnis warnet pemula haruslah tahan banting dan jangan mudah menyerah...itu kunci utama

    ReplyDelete
  7. wah diwarnet aja sampe dilema... tapi ane sering kwarnet coz internet drumah lemot sob... hehe :)

    ReplyDelete
  8. iya bang Black... lebih enakan diwarnet... mau browsing gak takut resiko tanggung jawab sama kompi...wkwkwkwk

    ReplyDelete
  9. Makasih sob infonya,sodara ane kebetulan lagi nyari solusi bwat warnet nih,btw kalo bsa kasih anggarannya juga dunk :D

    ReplyDelete
  10. hahaha...bang arda... kalo anggaran itu masalahnya pelik bang, tiap pribadi punya spek yang berlainan utamanya dari sisi harga hardware. semakin tinggi kita ingin spek yang mumpuni maka smakin melonjak pula anggarannya... kalo warnet saya emang rakitan sendiri dan harga grosir dulu bang,,,,wkwkwkwk

    ReplyDelete
  11. Saya juga kepikiran membangun warnetd i daerah saya kang, tapi belum sempat survey mengingat sementara di tinggal di daerah lain, hanya dari tanya sana sini, daerah saya mulai banyak warnet yang tutup, masalahnya belum saya survey langsung tapi tips diatas setidaknya telah membantu saya mempersiapkan diri..
    makasih sudah berbagi kang :)

    ReplyDelete
  12. sama2 bang tony...moga makin tambah yakin dan penuh semangat... hahayyy

    ReplyDelete
  13. Beberapa tahun lalu "bikin warnet" masuk dalam cita-citaku. saat itu memang sy masih kuliah, butuh internet tp gak punya fasilitas. saya liat bisnis warnet emang menggiurkan, karena dibutuh oleh banyak orang. ya setidaknya ada beberapa pasar yg bisa dilirik, pelajar/mahasiswa, gamers, atau org yg senang browsing/onliner. tapi lama-lama gara2 modem dn hp yg makin canggih niat saya itu terkubur sendirinya.

    Hebat dong kl warnet kang farhan bisa eksis sampe sekarang. kalo ditempat saya bahkan warnet depan sekolah-sekolah pun gulung tikar, ada beberapa yg merenov warnetnya jadi rental game online.

    ReplyDelete
  14. bang syam@btul bang... warnet sekarang setidaknya harus beberapa billing dikasih game2 online yang lagi ngetrend...iya sih emang kalo spek untuk game bisa menguras kantong , tapi kedepannya balik juga kok modalnya, asal dikelola dengan baik manajemennya bang...semangat terus bang...jangan sampai luntur niatnya... yeng eksis dan tahn banting akan menuai hasilnya kelak

    ReplyDelete
  15. mantaps infonya gan,,
    saya jga ingin buka warnet,
    tp blum kesampaian, hhhe
    :)

    ReplyDelete
  16. bangWayan@ mimpi itu sudah sebagian dari jalan sukses lho.... semangat bang

    ReplyDelete
  17. makaasih gan infonya menarik., templetnya juga keren., pasti dah master neh., kunjung balik ya gan., salam dari newbie., :D

    ReplyDelete
  18. hahaha...ni si mimi njarak ane ya... lucu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha., maaf kang farhan tadi aku iseng doang.,

      Delete
    2. wahhhh.... kaget juga sihhhh...tapi bagus juga ...awas ya...hahahaha...

      Delete
  19. Sepakat sob, meski modem jd pilihan baru, tp keberadaan warnet tetap dibutuhkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Kang.. mo bagaimana pun Warnet akan selalu dibutuhkan.. karena walau kita punya PC pribadi pun terkadang terasa membosankan... (Pengalaman saya punya warnet dan PC sendiri di rumah)

      Delete
  20. wahhh ternyat warnet juga mmpunyai dilema... heheheh Sukses kang

    ReplyDelete
  21. yoi namanya juga warnet, kalau lancar terus bisa ganti namanya jadi lancarnet hahaha...semangat terus kang .... Merdeka Blogger !!!

    ReplyDelete
  22. Ternyata emang banyak dilemadiantara sobat2 semua ya.... hehehe... makin banyak dilema makin banyak yg penasaran ingin fight di dunia warnet jg ternyata.... :)

    ReplyDelete
  23. Betul banget bang,ditempat aku saja warnet kaya jamur aza lagi bang..

    ReplyDelete
  24. Bisnis warnet untuk saat ini tidak sebesar dulu sob dalam mendulang omset. Sbb pulsa internet makin murah, hp yg terkonek juga makin murah, free wifi hampir ada di sudut kota. Mungkin jika didaerah, prospeknya masih bagus.

    4 taun yg lalu saya membuka usaha warnet seorang diri diarea ruko perumahan dan saat ini di ruko yg sama sudah ada 6 warnet yang buka.

    ReplyDelete
  25. Lha itulah yang jadi dilema...maka judulnya 'dilema'...hahahaha... banyak warnet yang gulung tikar gara2 setiap pebisnis warnet mempunyai pandangan yg berbeda2 walau jarak antar warnet seperti jari tengah dan telunjuk.... persaingan sengit menyebabkan patokan harga nggak rasional lagi... akhirnya gak kuat deh bayar spee**.... :)

    ReplyDelete
  26. Hahah iya sob. Makanya sekarang supaya ga gulung tikar, pengusaha warnet harus kreatif. Memberi pelayanan yg berbeda misal: scan foto, edit foto, desain grafis dan undangan, menerima pengetikan serta translate dll. Hanya perlu menambah skill, tidak perlu menambah modal jika seperti itu.

    Warnet kedepannya akan seperti waertel sob... harus siap untuk ekspansi. Telkom menciptakan sesuatu, tapi suatu saat dia akan membinasakannya dg sesuatu yg baru. Tetap semangat sob :)

    ReplyDelete
  27. Hebat mas arie... emang seperti itulah dampak teknologi... mau tidak mau harus iikut jamannya juga... :)...

    ReplyDelete
  28. semakin lama, semakin banyak juga yang menawarkan paket internet murah,,, yang bisa membuat pngusaha warnet getar-getir takut gulung tikar sperti fenomena Wartel,, Tapi sejauh ini kalo mnurut saya, warnet ttp memiliki peran penting, yaitu untuk Download file2 besar, dan juga untuk main game online

    ReplyDelete
  29. Setuju sama @arie6768..

    tapi kalau aku sendiri, ke warnet bukan untuk nge-net tapi ngambil film(di warnet biasanya ada penyimpanan film atau lagu) hehe..
    Jadi semakin lengkap film dijamin semakin laku, tapi memang resikonya besar

    ReplyDelete
  30. bang GStar@ itulah bang macem2 -lah perilaku konsumen... semakin lengkap yg disediakan warnet semakin beresiko pula... apalagi belum kalo ada razia...hahaha...bisa digulung ntar sama siPol... :)

    ReplyDelete
  31. iya sob,,, semakin maju, semakin teknologi menjadi canggih, dan akhirnya warnet akan hilangg..?

    contoh nya : seperti wartel, dulu tidak ada hp, orang telpon pke wartel, sekarang.. hp murah pun sudah banyak,, begtu haal nya juga nanti nasib warnet kali bang.. :)

    pertamaxxx,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. moga ajaaa warnetku atu-atunya gak kena ...hahahaha

      Delete
  32. ilmu pertama bagi kuliahan yang lagi cari uang tambahan hahaha :D

    ReplyDelete

Partner Site