Hikmah Bila Postingan Hilang

Hikmah dibalik musibah, itulah kata yang saya rasa paling pantas saya ucapkan. mengapa sebenarnya ? ceritanya begini, kemarin saya kelabakan sama blog ini, Postingan saya hilang semua. padahal waktu saya cek di akun Blogger postingan saya masih 100% sempurna alias gak hilang, mau buka komentar dari teman juga gagal. lho kok bisa begitu ?, lanjut ya ceritanya :).

Tanpa saya sadari ternyata setelah saya cek permulaan setiap postingan saya yang mengandung komentar walaupun itu 1 saja comment maka postingan saya dipastikan tidak akan bisa terlihat lagi. dengan sedikit bingung akhirnya cuma teman satu-satunya-lah yang bisa mengobati rasa penasaran dan problem yang saya alami, yaitu 'Mbah' Google. berjam-jam saya memelototi satu per satu setiap postingan yang bersangkutan dengan 'hilangnya postingan di blog'. namun ... masih gagal juga.padahal mesin telusur google masih menyimpan perayapan blog saya walaupun saya tahu itu hasil pemotretan google 2 sampai 3 hari yang lalu.

Dengan sedikit menenangkan diri saya mulai memberanikan diri mengutak-atik script template blog saya. Nah, sampai akhirnya saya berhasil dengan senyum yang merekah karena blog saya tidak opname lama :) . di bawah ini kronologi dan opsi yang telah saya lakukan untuk mengobati 'Postingan yang sembunyi' entah kemana.
  • Saya berfikir bahwa mungkin postingan saya sudah dihapus dari chace Blogger.com, mengapa saya berani menyimpulkan demikian ?, karena banyak kasus di mesin telusur google mengatakan demikian. Ternyata saya SALAH !
  • Ada opsi yang ditawarkan sobat saya sesama blogger untuk membuat postingan ganda tapi dengan tanggal setelan tanggal yang sama. ternyata SALAH juga.
  • Saya sempat mencoba membuat duplikat postingan saya dengan tanggal berbeda dan itu juga GAGAL. mengapa gagal, ternyata setelah saya coba kasih komentar 1 saja postingan saya pasti tidak akan muncul lagi.
  • Dengan sabar saya dan penuh hati-hati karena masih pas-pasan di dunia script, saya beranikan diri memelototi dan meng'obok-obok' satu per satu baris perintah sambil saya bandingkan dengan script blog saya yang lain. hasilnya NIHIL juga.
  • Tanpa putus asa dan ini mungkin sudah takdirnya, saya Kembalikan semua tatanan script dari template saya ke kondisi 'default'. dari sini saya mulai membangun lagi satu per satu script yang saya inginkan. dan setelah saya preview... yupssss...BERHASIL.....
Ternyata, kebingungan dan kecerobohan sayalah yang akhirnya membuat saya jadi tidak fokus pada inti permasalahan. padahal fitur blogger sendiri sudah memasang tombol untuk mengembalikan semua template ke keadaan default, walaupun kita harus menata ulang hasil restore tadi.
Dari Pengalaman ini saya bisa sampaikan sesuatu yang terlalu kita sepelekan padahal fatal akibat-nya yaitu jangan lupa Menyimpan script Template sobat. karena kita tidak akan tahu blog kita akan seperti apa keesokan harinya. mulai sekarang Yuk rame-rame Back-up data Blog kita !
Mungkin cerita saya sudah terlalu panjang ya.... udah ngantuk nih... semoga besok pas bangun tidur Blog-ku gak rewel lagi :) .
Previous
Next Post »

38 comments

  1. sama kang saya perfnah kaya bgitu ya caranya di gitu juga kang,
    oh ya kang tau ga caranya menampilkan kotak comentar norma kaya pnya kang farhan.soalnya kotak coment saya berubah ga bisa asli kaya punya akang ini.ga bisA,saya sudah otak atik sampai pusing.
    mohon pencerahannya

    jangan lupa ya kang...follbacknya.

    ReplyDelete
  2. hahahahaha kasusnya sama dengan kasusku. Yaitu ceroboh saat edit template.. Kalo punyaku tuh yg comment menggunakan profile blogger gambar/icon nya nggak muncul.... puzink nyari dimana kesalahanku.... z***#!?##

    happy blogging

    ReplyDelete
  3. Cara ini selalu yang saya gunakan masbro, sbb saat merubah dan menambah html di template saya selalu error. Kalaupun sukses saat di save, pasti ada yg aneh dalam tampilan. bahkan update postinganpun, kadang yang keluar adalah tulisan ceker ayam, makanya iman sampeweweh sampe bilang artikelnya kok error?

    Dasarnya cuman pas-pasan dalam hal script dan html, jadinya kalau error ya kelimpungan hahahaha :D

    ReplyDelete
  4. Weeiii... Kang farhan udah di datangin masalah ini yah,, aku dlu jga bukan main binggungx Kang pas script blog ku kacau setelah aku otak-atik bahkan sempat gak bsa dibukak.. tiap diakses sllu refresh lalu saya masuk rancangan dan cba upload ulang template saya akhirnya Goool.. hehe

    Betul bgt judul postingan kang Farhan tu.. segala kegagalan ada hikmahnya.. bahkan kecerobohan aja ada hikmahnya.. ^^

    ReplyDelete
  5. Kang Farhan maaf nih baru dtg soalnya kerjaan numpuk di ktr...hahayyyy...Begini kang kalo secara kasarnya blog kita disuruh oleh google agar disetting ulang mulai dari PENGATURAN,kalau bisa usahakan tiap 2 bulan disetting ulang PENGATURANNYA serta cek SEMUA KOMENTAR apakah ada yang mengandung SPAM kalau ada delete aza komentarnya.
    Kalau mau lebih FREZZ lagi kembalikan sebentar dulu DOMAIN nya ke domain BLOGSPOT baru kembalikan lagi ke DOMAIN yang DOT COM ini..sama siapa kang farhan membeli domain ini minta tolong sama dia untuk setting dari awal lagi..dengan begitu blog kang farhan lebih FREZZ lagi..hahahahyyyyyy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang icah, knarin q sempat berfikiran tuk cari bantuan tempat beli domain... tapi saya urungkan dahulu bang. makasih supportnya dan trik dari abang....hahayyyy

      Delete
  6. wah ane blm pernah ngalamin nih kang. sebagai bahan pembelajaran kedepannya kang. terima kasih sudah share pengalaman nya :)


    semangat trus kang :D

    ReplyDelete
  7. Waah, aku juga pernah dengar kasus yang sama dengan kang farhan sama salah satu teman bloggerku di pontianak, postingannya hilang entah kemana, tapi karena waktu itu aku juga enggak tahu caranya, ya ternyata dia sendiri yang menemukan jawabannya.
    Siip deh kang, smga hikmah yang didapat, dapat kita pelajari juga dan jadi contoh sebelum ini terjadi pada yang lain...

    ReplyDelete
  8. hohohoho....ternyata selalu ada hikmah dibalik kesalahan dan kecerobohan kita sendiri....MAKASIH buat sobat2ku semua

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah sembuh juga blognya :D, musibah akan selalu membawa hikmah :), dan pengalaman selalu akan jadi guru terbaik..
    Happy blogging kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bang tonny... berkat semangat sobat2 nih jadi succer repairnya... :)

      Delete
    2. Alhamdulillah postingan udah kembali. Selamat berblogging lagi..

      Delete
  10. wah jangan2 kena SANDBOX google...
    hahahaha..

    ReplyDelete
  11. Semuanya diambil hikmahnya aja :D
    Absen siang sob izin nyimak artikelnya :D

    ReplyDelete
  12. bang herman@ pa gitu ya...hehehehehe
    bang Black + bang spenza@ benul..eh btul..ada hikmahnya bang...hehehe

    ReplyDelete
  13. Wahh udag=h normal kembali ya Kang Blog nya,, sukses deh :D

    ReplyDelete
  14. KOk bisa ilang artikel kaya gitu ya mas, Saya malah baru nemuin kasus seperti yang mas farhan alami. Doakan aja kang, semoga tidak terjadi di blog saya apalagi udah jadi .com...

    ReplyDelete
    Replies
    1. moga hal yg sama gak terjadi pada blog sobat deh...backup datanya ya mulai sekarang

      Delete
  15. tetep aja kang euy ga bisa di defaul juga masih tetep gitu gitu aja,...harus bgaimana caranya ya.susah di bawa compromi kota comennya...he...he

    ReplyDelete
  16. Wah bagus Kang postingannya..
    Begitu baca lgs deh saya backup script blog saya..
    Pengalaman yang penuh inspirasi...

    ReplyDelete
  17. Wah, nice sharing banget nih sob :-)

    benar2 membuktikan perlunya back-up :-) dan juga hati2 tentunya...

    Terimakasih sob...
    kunjungan perdana di ruangsharing dari Fikri si pemimpi :-)

    ReplyDelete
  18. wahh. selamat ya kang farhan. haha

    ReplyDelete
  19. hehhehhee..... :)


    takutnya dan kesel nya kalau di ambil orang lain yee sob... :)

    tau nye ngumpet di balik script.. :)

    nice postt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yahhh...itulah nasibnya bila ane masih awam ngeblog...hehehe

      Delete
  20. syukurlah sudah bisa kembali normal....ikut seneng....

    ReplyDelete
  21. wah, ane salut sob. bener2 perjuangan seorang blogger sejati....
    klu udh berhubungan dengan script2 yg salah emg bisa fatal akibatnya buat blog kita. tp kalau berhasil, betapa senangnya dalam hati.hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...btul skali...apalagi blogger ingusan seperti saya yang ngutak-atik script..jadinya gitu. ehhh...tapi kejadian diatas murni lho tanpa utak atik.. tahu2 blank...aneh pokoke... :)

      Delete
  22. Singgah untuk pertama kalinya Kang.. roolling malam.. :)

    ReplyDelete
  23. Iya gan, ane pernah gak backup template dulu,
    dan ane harus bersusah payah membangun kembali :D

    ReplyDelete
  24. Kasusnya sama kang Farhan ..
    saya juga Pernah Gitu, akhirnya saya Utak Atik Blog saya dengan Perasaan Sabar dan Lapang dada, akhirnya berhasil, saya sekarang tau, Sebelum Edit Template, Harus Di backup dlu ..

    ReplyDelete
  25. saya pernah mengalami kejadian sperti kang farhan, tapi kejadiannya waktu saya mau ganti template & lebih parahnya lagi tmplate blm smpet di backup akhirnya smua widget yang ada jadi menghilang termasuk widget followers....
    jadi smpai saat ini msh blm brani ganti template lagi padahal saya udah nyiapin template baru buat blog saya....

    ReplyDelete
  26. emang betul om kang farhan,kudu ada fotocopyannya,saya mah lebih sebel lg om,dulu blog saya sempet PR 9 ,eh sekarang malah ngerjain pr sekolah hehehe

    ReplyDelete
  27. wah kok kasusnya sama seperti saya ya kang?kalau ada yang komen postingannya jd ilang..tobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu bang...saya dulu lupa nge-save template akhirnya jadi seperti kasus diatas bang :)

      Delete
  28. mau tanya nih gan .. kenapa postingan ane tiba2 menhilang begitu saja,, ? padahal ane tiap hari update , backlik..

    ReplyDelete
  29. postingan sobat nih bagus" semua....kreatif...

    ReplyDelete

Partner Site