Inspirasi dari Seekor Lebah

Lebah nan Inspiratif, itulah kata yang yang ingin kita bahas kali ini. mengapa harus lebah ? dan apa yang bisa menginspirasi kita dari makhluk kecil si pembuat madu tersebut ?, itulah topik kita kali ini. sobat, tidak dipungkiri lagi bahwa kehidupan kita tenyata banyak di-inspirasi oleh makhluk-makhluk ciptaan Tuhan selain manusia, yaitu Hewan ( Binatang ). mulai dari laba-laba yang jaringnya kuat melebihi baja, berang-berang yang menginspirasi pembuatan tanggul yang kokoh, buaya yang menginspirasi kevlar anti peluru dan banyak lagi yang lainnya.
sekarang kita akan sedikit berkaca pada hewan yang bernama lebah. kita tidak akan membicarakan pembuatan madu dan tidak pula mempelajari anatomi tubuh lebah, melainkan kita akan sedikit mengurai pelajaran apa dan bagaimana Lebah mencipta sebuah rumah yang sungguh 'diluar batas' Ilmu lebah itu sendiri sebagai seekor hewan dan hanya Sang Maha Pencipta-lah yang Meng-ilhamkan Ilmu pada si Lebah.

Yuk kita simak..., Tahukah sobat bahwa Lebah memilih membuat sarang dengan bentuk hexagonal alias persegi enam, bukan kotak atau lingkaran atau bentuk-bentuk yang lain. kenyataannya setelah diteliti, bangun ruang berbentuk hexagonal / persegi enam itulah yang bisa menampung lebih banyak isi ruangan daripada bentuk bentuk yang lain. segi enam akan memakan lebih sedikit tempat dengan ruang penyimpanan yang maksimal dan tidak akan membuat kekosongan yang mubadzir atau sia-sia di sela-sela ruang lainnya.
Jangan beranggapan bahwa lebah akan membangun sarang tersebut dari arah tengah, Ternyata lebah akan membuat sarang dimulai dari tiga sampai empat titik terluar dari sarang dan akan bertemu persis ditengah-tengah tanpa ada bentuk sarang yang lebih kecil / lebih besar dari ukuran sebenarnya.
Si lebah juga tidak tanggung-tanggung membuat konsep sarangnya. lebah akan membuat semua sudut rongga sarang dengan kemiringan 13 derajat tanpa bergeser satu milipun, yang bertujuan untuk menjaga agar madu tidak tumpah keluar rongga.

Alangkah hebatnya si lebah, kadang tidak terfikirkan oleh kita bagaimana seekor lebah yang demikian lemah dan kecil bisa membuat sarang yang begitu hebatnya, alangkah hebatnya rumus yang dipergunakan walau lebah tidak pernah mengenyam ilmu bangun ruang dari bangku sekolah, dan alangkah hebatnya si lebah merangkai bangunan dari berbagai sudut yang menurut pandangan manusia itu mustahil dilakukan tanpa alat bantu mistar. sampai akhirnya teknologi lebah banyak digunakan pada konstruksi gedung-gedung pencakar langit yang ingin mendapatkan jumlah ruangan yang maksimal.
Contoh gedung Konstruksi sarang lebah
Lalu apa yang jadi pelajaran berharga buat kita dari pelajaran lebah tadi ?. Sobatku semua, dari lebah itulah kita akan mengetahui arti dari sebuah kekompakan tim, kerjasama tanpa pandang bulu dan asih, selalu menaati peraturan yang telah ditetapkan, dan selalu berdedikasi dan loyal kepada sebuah tanggung jawab. Membangun pribadi dengan kematangan diri, jiwa yang sabar dan tidak ceroboh dalam mengambil suatu tindakan. karena apa yang kita kerjakan secara tidak sadar akan berpengaruh besar pada hasil akhir suatu tindakan serta mempengaruhi tata sosial di sekitar kita.

Yuk kita semangat seperti Lebah-lebah itu .........
Previous
Next Post »

63 comments

  1. thanks bang adit... semoga semangat kayak lebah ya...hahayyyy

    ReplyDelete
  2. mantap tuh...awas tr kesengat lebah...hahahaha

    ReplyDelete
  3. wahhh.. memang itulah rahmat yang Tuhan berikan kepada manusia, semuanya untuk dimanfa'atkan untuk kelangsungan hidup manusia,,, Posting yang menarik kawan,,, :))))

    ReplyDelete
  4. Menarik sekali infonya bang ..
    :)

    ReplyDelete
  5. thanks bang hen.... moga gak dientup juga ya... :)

    ReplyDelete
  6. Mantef banget postingan kang farhan,lebah tidak mengganggu asal jgn diganggu..sipp banget artikel abang ni..tuh akang aku kasih BACK LINK satu..ntar kalo ALEXA update pasti masuk backlink dari aku kang...ahahahhayyyyyyyyyy

    ReplyDelete
  7. Seru nie bacanya, jadi nambah pengetahuan saya gan, thankz ya...

    ReplyDelete
  8. Inspiratif...
    Menggugah hati kecil untuk menjadi yang lebih baik, :)

    ReplyDelete
  9. @bang ahmad@oto_com@sang pembelajar... thanks atas semangatnya.. smoga semangat lebah terus memberi kita inspirasi
    @bang icah....hahayyy...thanks support backlinknya akang....hahayyy... jadi malu nih :)

    ReplyDelete
  10. Tuh,, bagi yang mau buat gedung, contoh tuh lebah... Wkwkwk

    ReplyDelete
  11. mancap kang..! inspiratif banget nih artikel, sebagai manusia kita memang harus banyak belajar dari alam!

    ReplyDelete
  12. subhanallah . informatif kang :)

    ReplyDelete
  13. maha besar Allah yang menciptakan seluruh alam :D

    ReplyDelete
  14. bangfajar@di indonesia ad gak ya gedung kayak gitu...:)
    bang young@alam memenag memberi kita inspirasi bang... :)
    bang dunia & bang sampe@Allah memberi pelajaran kepada kita semua lewat makhluknya yang lain, tapi manusia kadang mendustakannya... Allah maha Besar

    ReplyDelete
  15. Luar biasa Kang....Lebah juga dapat di ibaratkan sebagai seorang Muslim....selalu menghasilkan yg baik-baik,,tenang,,dan damai.namun jangan pernah di ganggu,,,Pasti akan menyengat..hehehehe....

    ReplyDelete
  16. lebah aja bisa semangatt.. apa lagi manusia,,?

    harus jadi lebih semangat lagi ni... :)

    satu kata untuk agan.. " PERTAMAXXX" hahahahayy...

    __ Happy Blogging ___

    ReplyDelete
  17. buat sobat semua yg udah baca si lebah moga2 mempunyai semangat menyengat seperti lebah...tampil anggun berwibawa namun tegas dalam mengambil tindakan... :)

    ReplyDelete
  18. iya kang...kompak dan sangat menyengat klo kelompknya diganggu, tapi selain kompak madu yang dihasilkan pastilah sangat bermanfaat :)
    makasih sudah berbagi kang :)

    ReplyDelete
  19. Lebah memang salah satu ciptaan Allah yang hebat sob, sebetulnya banyak hal dari lebih*yang bisa dijadikan inspirasi: seperti sayap yg kecil namun bisa menopang puluhan kali berat tubuhnya utk terbang, juga madu yang menjadi obat herbal hampir segala penyakit.

    Di Alquran sendiri ada ayat An-Nahl (lebah) khususnya ayat 68-69 yang menjelaskan khasiat madu lebah untuk penyakit. Postingannya mantap sob :)

    ReplyDelete
  20. hadir disini Lg KangFarhan....waaah...KangFarhan Ga malam mingguan t,,Ko online terus..hehehehehe

    ReplyDelete
  21. waah.. lebahnya pasti lulusan S1 Arsitektur tuh Sob.. ^_^

    ReplyDelete
  22. hahaha....bang tronyok kalah tuh sama lebah...malahan profesor kalah juga kali ya...hahahaha

    ReplyDelete
  23. aku suka males kalo ktemu lebah., soalnya sering banget disengat sampe merah2 hehe., apalagi disengat tawon sangat menyakitkan., yang anehnya aku sering disengat tuh di daun kuping waktu gi pake motor., soalnya jarang pake helm., apa itu teguran kali ya supaya membiasakan pake helm xixixixixxx.,

    ReplyDelete
  24. hahaha...bang djawa pasti disayang tawon sampe sering dicium tawon...wkwkwkwkw

    ReplyDelete
  25. Kunjungan perdana sobat kesini :D
    Memang lebah memberikan banyak inspirasi bagi kita (manusia)

    ReplyDelete
  26. :D memang kuasa sang pencipta tiada ada yang menandinginya, kita sebagai manusia hanya dapat meniru dan manjadikannya inspirasi untuk membuat sesuatu yang baik untuk manusia juga tentunya...
    mantap infonya...

    ReplyDelete
  27. Thankyu bang laborat en ning arti... semangat terus bagai sengatan lebah dehhh :)

    ReplyDelete
  28. wah mantab nih... lebah aja bsa menjadi inspirasi :)
    Absen siang mas

    ReplyDelete
  29. wahhh...ternyata lebah bikin sobat2 semua kagum yahhhh...makasih bang black...bang spenza...bang masnady juga.... :)

    ReplyDelete
  30. Lebah memang hewan spesial, makanya di Alquran ada surat khusus bernama lebah (An-Nahl).. Postingannya mantab sop

    *Btw.. perasaan kemarin dah komen disini kok ga ada? apa lupa publish ato masuk spam ya??...

    ReplyDelete
  31. o iya... bang arie...q lupa buka kotak spam.... maaf tapi dah ane publish bukan spam kok.... maaf lo bang...hahayyyyy

    ReplyDelete
  32. Ya seperti mas Arie5758 :
    "Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat yang dibikin manusia." [QS. An-Nahl : 68]

    happy blogging

    ReplyDelete
  33. iya kang asep.... Allah telah memberi ilmu pada lebah berupa Ilham.. Allah memang Maha Besar

    ReplyDelete
  34. ijin mencari inspirasi ya kawan, dan ternyata disini aku menemukannya.. thank you

    ReplyDelete
  35. wah izin nyimak lebah lagi sob... hehe :D
    Absen siang

    ReplyDelete
  36. ada hadiah kecil untuk sobat tolong diambil ya ... makasih :)

    ReplyDelete
  37. bang arief+bang black+bang rama.... makasih tlah disimak ya...hahayyyy :)

    ReplyDelete
  38. Kunjungan perdana sob....salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  39. wah lebah meskipun kdng menyakitkan tpi dari sakit ny kdng brmanfaat utk pengobatan, penuh inspirasi :)

    sengat gan (maksudnya semangat gan!!!) hehehe

    ReplyDelete
  40. sengat balik bang Tokexx...hahayyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. belajar dari semua makhluk Allah di dunia ini...belajar dari lebah juga bermanfaat. Artikel yang menarik...thanks

      Delete
    2. yup super sekali ning sweet... semua makhluk ciptaan Allah diciptakan tidak sia-sia dan ada hikmah di dalam penciptaannya...thanks balik ya :)

      Delete
  41. betul kang lebah ini emank bisa mengispirasi.., trmasuk sy yg terinspirasi sampe2 bikin blog yg namax Kaki Lebah.., *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama dong bang...lebah emang sangat menginspirasi kita

      Delete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. LUAAARRR BIASAA DAAHSYATT Artikelnya bang. dari lebahlah banyak kita ambil hikmah yg luar biasa. apa yg tlah di buat oleh lebah terkadang di luar akal manusia. mana mungkin se ekor lebah binatang kecil, akan tetapi mampu membangun sarang untuk menyimpan sari2 madu dng konsep dan desain yg memukau. dari situ kita bs melihat dan menyadari akan Kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.
    dan tak lupa 1 hal bahwa pesan moral yg bs diambil dari sarang lebah tak lain adalah kata loyal kepada sebuah tanggung jawab. memang Loyalitas dan tanggung jwb demi mendapatkan tugas akhir yg maksimal memang sangat perlu di lakukan. dedikasi loyalitas yg tidak semata2 hanya mencari pamprih itulah yg perlu di bangun oleh setiap insan manusia pada umumnya. salam dahsyat

    oya nitip artikel bang ya. barangkali bs bermanfaat di baca oleh para pengunjung blog yang lain. Terima Kasih

    MOTIVASI & INSPIRASI 100%
    PAKET PERAWATAN KECANTIKAN ONLINE
    Mengapa Tuhan Memberi Kita Masalah?
    Bagus buat renungan (Baca saja klo ingin tahu)
    Nih cewek atau cowok wajib baca gan !!
    Perjalanan Hidup Manusia
    Merencanakan Ekonomi cara Robert T. Kiyosaki
    Kalo mau kaya, jangan pintar pintar
    Tips sukses Bob Sadino- WARNING= SANGAT PROVOKATIF

    TERIMA KASIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo bang...bisa nitip apa aja kok...hahayyy asal gak nitip utang lho ya... makasih atas motivasi tambahan dari abang...semangat bak lebah deh bang

      Delete
    2. Terima kasih atas kemurahan hati Kang Farhan ya. semoga dengan saling berbagi melalui artikel bs bermanfaat buat pembaca sahabat Blogger sejati yang lainnya ya Kang. Maju & Sukses terus buat Kang farhan ya. Salam

      Delete
  44. Sungguh dari seekor lebah pun kita bisa mengambil pelajaran yang baik

    ReplyDelete
  45. Postinagan yang bermanfaat sayang gak ada link sumbernya mas, bahaya tuh buat ADS by Google Mas ?
    Inspirasi dari Seekor Lebah

    ReplyDelete
  46. Wah,
    Gedung besar itu Terinspirasi dari Mata lebah ya ?
    Sangat Inspirative Kang.
    Nice POst deh ..

    ReplyDelete
  47. apapun bisa jadi inspirasi bahkan seekor lebah pun bisa mengispirasi
    kunjungi juga http://esha-hitam-putih.blogspot.com/

    ReplyDelete
  48. sangat mengispirasi sekali sob...hewan aja bisa hebat gitu

    ReplyDelete
  49. artikel yang menarik ne mas.

    ReplyDelete

Partner Site