31/01/2012

Menjadi Personal Excellence

Sahabatku semua, berbicara tentang Personal Excellence tentunya tidaklah semudah kata yang terucap dalam bingkaian kata menjadi pribadi Unggul. tapi lebih dari itu kita semua harus bisa merebut nilai dari aura excellence itu sendiri. Personal Excellence itu sendiri merupakan bagian dari apa yang disebut dengan life excellence atau dalam bahasa mudahnya bisa diartikan menjadi pribadi yang unggul.

Berbicara mengenai Personal Excellence tentu paling tidak kita harus mempunyai tiga kunci pokok untuk memperoleh pesona excellence. banyak negara yang mempunyai patokan menjadi Personal Excellence, kita ambil contoh negara tetangga kita yaitu Cina, menurut masyarakat cina untuk memperoleh predikat Personal Excellence wajib mempunyai Shio, Hok dan Lok. shio menurut masyarakat cina adalah suatu umur yang panjang. kedua Hok yaitu harta yang banyak dan yang ketiga adalah Lok yaitu kekuasaan yang tinggi. jadi sebelum mempunyai ketiga hal diatas masyarakat china pada umum-nya menilai bahwa nilai Personal Excellence tidak akan terpenuhi.

Lain di china maka lain lagi pandangan mengenai Personal Excellence di negara Amerika. bangsa Amerika menilai untuk mendapat predikat Personal Excellence maka yang harus dijadikan syaratnya adalah menjadi pribadi yang 3P. yaitu Power, Possition dan Property. menurut mereka Power kita harus membutuhkan Power untuk menggapai pribadi yang unggul. yang kedua Possition, bila kita bisa mempunyai Posisi penting dalam suatu pekerjaan maka bisa dipastikan kedepannya akan menjadi nilai akses pribadi yang unggul. dan yang ke tiga adalah Property, bila kita mempunyai Property baik itu berupa aset finansial yang memadai ataupun aset yang lain dalam bentuk investasi dan non investasi maka bisa dikatakan pula menjadi menu wajib untuk meraih Personal Excellence.

Di masyarakat kita yaitu Indonesia, lain lagi pendapatnya, syarat untuk meraih Personal Excellence setidaknya kita harus mempunyai yaitu 3Ta, Harta, Tahta dan Wanita. dalam artian bila kita mempunyai tiga tingkatan tersebut bisa dikatakan kita sukses mencapai Personal Excellence.
Diatas adalah secuil contoh pendapat menurut pandangan setiap negara dalam mensikapi Personal Excellence. sekarang kita masuk dalam sesi penjelasan mengenai konsep Personal Excellence menurut Ilmu Psikologi Motivasi. sahabatku semua, Untuk meraih suatu aura Personal Excellence maka seyogyanya kita memiliki 3 syarat mutlak yaitu :







  • 1. The Best Appearance
  • 2. The Best Attitude
  • 3. The Best Achievement
Untuk syarat yang pertama The Best Appereance, yaitu Penampilan Terbaik. tidaklah dipungkiri bahwa dalam hidup bermasyarakat seseorang akan dinilai terlebih dahulu penampilannya daripada nilai-nilai lain dalam sisi kehidupan pribadinya.mulai dari posisi tubuh saat bertemu seseorang, kerapian dalam bersolek, baju yang kita pakai dan senyum yang kita pancarkan tentu merupakan aset utama untuk meraih hati seseorang. walaupun syarat pertama ini setiap insan bisa berbohong tapi inilah kunci pertama kali menumbuhkan rasa percaya diri kita dihadapan orang lain untuk meraih Personal Excellence.

Syarat kedua yaitu The Best Attitude, Sikap yang terbaik. tidak hanya penampilan kita tapi sikap terbaik apa yang akan kita tunjukkan kepada masyarakat. penampilan bisa berbohong tapi sikap yang baik akan menuai rasa hormat pada kita. dengan akhlak yang baik, penuh nilai positif yang terpancar dan tingkah laku yang baik secara tidak sadar seseorang telah menanam benih Personal Excellence.

Syarat ketiga yaitu The Best Achievement, Prestasi yang terbaik. prestasi yang tertoreh setelah kita melakukan kedua syarat diatas akan semakin melengkapi nilai-nilai positif dalam kehidupan kita. kita dituntun untuk menorehkan prestasi yang terbaik bukan hanya prestasi yang baik. kita harus mengerjakan suatu pekerjaan yang bukan hanya average ( rata-rata ) tapi lebih dari rata-rata. menjadi pengajar yang melebihi rata-rata pengajar, menjadi orang tua yang melebihi rata-rata dalam mendidik anak-anaknya dan menjadi pemimpin yang melebihi rata-rata dalam memimpin bawahannya.

Menjadi pribadi unggul adalah dambaan semua orang, meraihnya adalah impian setiap insan yang mempunyai mimpi-mimpi di atas rata-rata tanpa meninggalkan kaidah Agama, bermasyarakat dan berbangsa. ada suatu ungkapan yang manis untuk kita renungkan YOUR ALTITUDE DOES NOT DEPEND ON YOUR APTITUDE, BUT DEPEND ON YOUR ATTITUDE, SO YOU CAN MAKE MAGNITUDE, yang artinya Ketinggian anda atau harga diri anda tidak ditentukan oleh bakat, posisi, jabatan ataupun harta anda, tapi terletak pada sikap anda, sehingga dengan sikap itu anda bisa membuat suatu Magnitude, yaitu perubahan-perubahan yang bermakna dalam hidup anda.

46 komentar

Manusia di dunia ini tidak ada yang sempurna, kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Akan tetapi, kita sebagai makhluk juga harus berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi manusia yang baik dan berkualitas untuk meraih Personal Excellence. Semoga kita mampu memenuhi 3 syarat mutlak menjadi personal excellence yaitu: - The Best Appearance
- The Best Attitude
- The Best Achievement
Artikel ini sangat menarik untuk dibaca dan menambah wawasan. thanks sobat.

menarik dan menambah wawasan... semoga kita berusaha menjadi pribadi yang unggul...

Bener-bener postingan brillian kang...salut banget aku.trims ya kang sdh dishare.

mantep bang kang semoga kita bisa jadi personal excellence

menta p nih ngomong ngomong jangan pangil abang ya umuru masih 13 hehehe

manteeppppp kanggg..


semoga semakin kerennn.. :)

happy blogging :)

info menarik, gan,,, saya follow info agan

Postingan yang bagus sob...
Salam kenal sekalian izin Follow ya

Tip Trik Computer

matur nuwun bang komandan...semoga lebih excellence ya bang...hahayyy

hahayyy...iya dehhh...adik cayang dehhh...hahayyyy

terima kasih bang black, bang zero dan bang imtikhan...moga makin excellence ya...hahayyy

maaf yab saya ngerepotin, maaf banget,,hehe
wawasan yang luar biasa..
terus semangat kang farhan

mantab kata-katanya kang ehehhe..

makin cihuy aja nih si akang :D

Mantap sekali postingannya ini masbro, bikin pikiran tambah terang. Kalimat, "YOUR ALTITUDE DOES NOT DEPEND ON YOUR APTITUDE, BUT DEPEND ON YOUR ATTITUDE, SO YOU CAN MAKE MAGNITUDE." memang sering dikumandangkan dalam pelatihan dan seminar. Karena memang sikap kita lah yang menentukan hidup kita bisa lebih bermakna atau tidak. Salam super duper yummy ya masbro.... hahahahayyyy :D

semoga personal excellence selalu menjadi tonggak setiap langkah kita ya bang...supper duper yummy...hahayyyy ( kayak gaya bang icah tuh...hehehe )

wah...nice share kang..pong.
stingan yg membuat hati jadi terang.
manstap...

makasih bang corolla78...moga jadi excellence person ya...hahayyyy :)

salam kenal kang farhan... mantap isi blognya. inspiratif banget :)

Sangat Memotivasi Kang, nice post, mudah mudahan sya bisa juga :DD

makasih bang bayu dan bang widhi...semngat tuk jadi personal excellence

Dambaan setiap orang kang, dambaan bagi yang ingin hidupnya terasa sempurna, dan akan lebih sempurna andai bisa menjadi khalifah diatas bumi ini :)
happy blogging kang

Tulisan yg inspiratif kang.. *smile

ketentuan hingga dikata sbgai Personal Excellence versi barat ataw pun versi2 lainx yg diluar Islam pada hekakatx sdh termasuk dlm versi islam juga.., cuma yg membedakan adalah cara pencapaianx (Shio, Hok dan Lok)/(Appearance,Attitude,Achievement) haruslah dgn cara2 yg benar hingga bernilai pahala disisi-Nya dan setelah mendapakatkan gmn cra memanfaatkannya agar bernilai Pahala disisi-Nya juga.

setuju bang rohis... stiap nilai yang tertanam haruslah besandar pada agama, karena nilai Agamalah yg menjadi tonggak utama membangun nilai2 moral untuk menuai personal excellence...

setuju bang tonny...manusia adalah sebaik2 penciptaan yg di ciptakan untuk menjadi rohmatan lil 'alamin sebagai kholifah fil ardli.... sehingga menjadi individu dengan personal excellence yang tidak meleset dari nilai2 Agama Allah.. setuju bang....

mantep kang... izin nyimak biar nambah2 ilmu nih :D
Absen siang

ijin nyimak bang :), udah saya follow blognya bang follow back ya :)

Mantap kang sharenya...sungguh pelajaran yang baik untuk menajdi insan yang lebih baik...happy blogging...

makasih bang arman, semoga tambah ilmu dan kita diberi hidayah oleh Allah

sip kang farhan :D tapi kaykanya sulit tuh di terapin hehe

Mantap sekali kang postingnya :_)

Setuju dan setuju dah, apa lagi yang dari segi psikolog...

dan kata-kata terakhirnya juga,

harga diri anda tidak ditentukan oleh bakat, posisi, jabatan ataupun harta anda, tapi terletak pada sikap anda, sehingga dengan sikap itu anda bisa membuat perubahan-perubahan yang bermakna dalam hidup anda.

mantap Kang Farhan

salam semangat blogging

terima kasih bang fikri...semoga abang slalu best personal excellence... :)

terima kasih ning sweet...semoga selalu jadi yg best personal excellence buat mbak :)

harta, tahta, dan wanita,...

teapi aku lebih senang dengan prinsip, buku, pesta dan cinta.
setidaknya yang pernah dikatakan soe hoek gie...

postingan yang bermakna dalam pengembangan diri

tx kang, sudah follow back and link back

maen ke blog aku ya...

salam

makasih bang atas kunjungan dan masukannya...semangat untuk abang ya

Sangat Inspiratif bgt kang Farhan ..
Jadi betah lama2 di blog nee, dengan artikel2 yang sangat inspiratif ..

terimakasih banyak bang Zone... semoga excellence buat abang :)

Untuk meraih kesempurnaan memang tidak mungkin, tapi suatu kebanggan tersendiri jika bisa menciptakan sesuatu yg berguna bagi orang lain. Seperti artikel Kang Farhan ini, sangat menginspirasi.

Benar apa yg di kata neng sweety kang Kesempurnaan Hanya Milik Allah SWT. tp g salahnya jg kita sebagai manusia slalu dan terus berusaha agar bisa menjadi pribadi yang tangguh. dan tentunya untuk menjadi pribadi yg tangguh tidaklah semudah kata yang terucap betul kata KangFarhan jg hehehe. menjadi pribadi yg tangguh kita hrs displin, ulet dan penuh semangat. Terima Kasih untuk artikel Daahsyattnya kang bs menambah wawasan untuk kita semua.Salam


Emoticon Emoticon