The Power Of Communication ' Calon Leader '

Assalaamu'alaikum, Bertemu lagi sobat, kali ini saya akan sedikit mengulas Motivasi tentang 'The Power Of Communication' atau dalam bahasa mudahnya yaitu' Kekuatan Komunikasi '. Kata ini sering kali kita kaitkan dengan bagaimana dan apa yang meski kita perhatikan dalam kepemimpinan baik memimpin diri kita sendiri ataupun memimpin orang lain. bisa dibayangkan bagaimana 'sunyi' dan 'seramnya' hubungan antar satu orang dengan orang lain tanpa yang namanya komunikasi, layaknya bak kuburan yang tanpa ada tutur sapa di dalamnya.

Pada saat kita berinteraksi dengan orang lain kita akan menemukan berbagai sifat, kharakter, keinginan, kebutuhan dan kecenderungan yang berbeda-beda untuk setiap orang. Karena mereka mempunyai latar yang berbeda dan persepsi yang berbeda pula. Ketika anda disuruh memimpin orang- orang dengan berbagai corak karakter tadi maka sangat dibutuhkan suatu power ( kekuatan ). bukan hanya bertanggung jawab untuk diri sendiri tapi harus mempunyai kemampuan berkomunikasi yang handal dan lebih.

Ada beberapa prinsip dalam 'The Power Of Communication', Yang pertama yaitu The Power Of Simplicity, pentingkan kesederhanaan dalam menyampaikan komunikasi. Bila kita memimpin orang maka utamakan kesederhanaan ( Simplicity ). bukan berarti kesederhanaan mempunyai bobot yang rendah, tetapi kita memfokuskan bagaimana mengubah yang rumit menjadi sederhana. setiap orang pasti suka dengan yang namanya sederhana, mudah ditangkap, dan mudah dipahami.

Yang kedua yaitu The Power of Similarity, Prinsip kesamaan - kesamaan. Pasilah kita dan setiap orang akan suka dalam berkomunikasi bila mempunyai kesamaan-kesamaan. saya ambil contoh, anda punya foto teman SMU yang masih tersimpan, maka anda akan merasa senang membandingkan foto anda dengan foto salah satu sahabat anda bila mempunyai kesamaan, anda tentu akan lebih mengingat teman anda tersebut ketimbang teman yang lain yang tidak mempunyai kesamaan dengan anda, baik sifat, cara berjalan, cara berbicara dan lain sebagainya yang mengandung unsur kesamaan. jadi prinsip yang kedua disini tekankan bahwa dalam berkomunikasi nilai kesamaan akan berpengaruh bagi orang yang akan kita pimpin.

The power yang ketiga yaitu The Power of Sincerity, Kekuatan Ketulusan. Walau ketulusan terungkap lewat ucapan, lewat kata-kata maka tidak otomatis ketulusan akan melahirkan sesuatu yang orisinal dalam kenyataannya. bisa jadi tulus dalam ucapan tapi hati berkata sebaliknya. maka disini ketulusan harus kita refleksikan dalam 2 dimensi, yaitu dimensi ucapan dan dimensi hati. maka jangan heran bila kelihatannya tulus tapi hatinya tidak tulus maka akan menimbulkan berbagai prasangka pada diri kita. seseorang akan menerima gelombang ketidak tulusan kita dan menimbulkan firasat-firasat. jadi berbuatlah tulus dengan lisan dan hati untuk meraih The power of Communication bagi sang calon Pemimpin.

Kemudian yang Keempat, yaitu The Power Of Service, bagaimana kita mempunyai suatu kekuatan dan kemampuan untuk melayani orang yang akan kita ajak bicara. kita mau mendengar dan melihat daripada kita berbicara. karena Allah menciptakan kita Dua telinga, dua mata, tapi cuma satu mulut. sedikit bicara, banyak mendengar dan banyak melihat, banyak mengamati. Tentu kita akan sebal bila orang dihadapan kita banyak bicara daripada mendengar keluhan kita, begitupun juga dengan perasaan orang lain. maka sewajarnyalah bagi calon pemimpin untuk lebih 'menundukkan' dirinya untuk sekedar mendengar dan melihat bagaimana sosok yang akan dipimpinnya. pemimpin seperti itulah yang akan sukses di pandangan Manusia dan Sang Pencipta.

Semoga sekelumit motivasi diatas dapat memberi pencerahan pada diri kita agar selalu terjaga The Power Of Communication yang baik antara sesama. Memberikan kita spirit untuk lebih menjaga hati orang yang kita ajak berkomunikasi dan banyak mendengarkan dan melihat sisi pribadinya terlebih dahulu daripada melemparkan kata-kata yang akan bertolak belakang. ' Kesempurnaan hanyalah Hak Sang Maha Sempurna' . Semoga kita semua selalu dilimpahi hati yang baik, tutur kata yang lembut dan perilaku yang arif dan bijaksana. Wassalam.
Previous
Next Post »

83 comments

  1. wah yang the power of siple gan. ngena banget, bagaimana kite membuat hal yang rumit menjadi sederhana, kaya gusdur aj. gitu aja ko repot. klo di indonesia, paradigamanya ud berubah. klo bisa di persulit, kenapa di permuadah. alhasil jadi berlama lama dan rumit dah birokrasinya. yang service terakir juga mantap gan, kaya yang di ajarin jhon c maxwell.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuihhh...bang Kost mungkin lebih banyak pengetahuannya nih dari saya.. siplah bang... insya Allah Indonesia makin lebih baik bila banyak yg menerapkan prinsip2 diatas ya bang...
      semangat untuk kita semua... :)

      Delete
  2. Artikel yang bagus karena berisikan pedoman Leadership. Semoga keempat prinsip "The Power Communication" ini bisa kita terapkan agar kelak bisa menjadi leader-leader yang berkualitas, minimal leader dalam rumah tangga atau keluarga kita. Komunikasi memang paling penting dalam kehidupan sosial masyarakat, tanpa komunikasi pasti dunia jadi berantakan dan aneh jadinya. Thanks share artikelnya. Sangat bermanfaat dalam menambah wawasan saya dan pembaca lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mbak....semoga muncul the leader2 yang unggul di indonesia ini mbak... kita mulai dari leader diri kita sendiri ya mbak...
      semangat untuk mbak sweet :)

      Delete
    2. Aamiin Ya Robbal Alamin. Semangat juga buat kang Farhan dan RuangSharing.

      Delete
  3. Tips yang sangat berguna sob, emang susah memimpin orang dengan berbagai kharakter :)

    ReplyDelete
  4. Luar biasa kang Farhan....selalu mendapatkan ilmu baru dari Kang Farhan...hehehehe...jadi penasaran banget,,Bagaimana sich sosok Kang Farhan ini...hehehehe..Mudah2an suatu saat nanti bisa ketemu ya Kang...mudah2an..amien...(^_^)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... bang rofi ini bisa aja... ntar kalo ketemu pastiiii kaget...hahahaha..

      Delete
  5. insya allah nanti di terapkan,, saya akan jadi seorang suami bulan depan,, di doakan ya :d hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhhh...selamat ya bang..semoga keluarganya kelak diberkahi dan selalu dapat petunjuk dari Allah swt...amiin

      Delete
  6. bener om, saya pernah jadi ketua club motor, memang bener bener sangat susah... kita mimpin banyak orang, banyak yang maunya begini begitu...

    tiap orang maunya beda beda, harus banyak mendengar dan menerima, sedikit mengalah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuihhh...abang hebat juga ya... emang betul bang agus, kita nggk boleh mengedepankan pendapat kita tanpa tahu isi hati dan pendapat orang lain bang....
      semangat terus untuk abang bg :)

      Delete
  7. mndapat motivasi lagi nih dari kang farhan...
    mksh banyak kang & sukses selalu dah buat kang farhan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih bang ardian... sukses selalu untuk abang ya

      Delete
  8. ternyata bukan hanya sekedar komunikasi saja y kang. ternyata ada cara2 yg harus kita jalani agar komunikasi kita miliki kekuatan. patut dicoba n harus dilakukan kang. mantap euy. motivasi yg kesekian dari kang Farhan.

    sukses selalu kang^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...makasih bang puisi yang aduhai puitisnya :)
      semangat the power of communication antar blogger bang :)

      Delete
    2. makasih juga kang... hehehhe... yup, moga makin semangat juga!!!

      salam blogger^^

      Delete
  9. mantab kang selalu jadi motivasi, leader kempimpinan emang harus banyak aspek yang di penuhi supaya bisa menjadi pemimpin yang tangguh dan bertanggung jawab :)


    salam dan suport dari duniasharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahayyy...makasih bang DS... semangat selalu untuk abang DS :)

      Delete
  10. ngena bangett nihh motivasi
    makasih mas bro buat motivasinya jadi lebih semangatt

    ReplyDelete
  11. Seneng juga punya sahabat yg blognya sama dengan saya, gado² hehehe... ini khan masuk prisnsip kedua ya kangmasbro :)

    Empat hal diatas memang menjadi pedoman jika ingin menjadi pemimpin yang baik. Karena pemimpin yang baik bukanlah yg ditakuti, tapi dia selalu menjadi penuntun bagi semua orang yg dipimpinnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...the power of similarity... sama gado2nya dengan punya abang....hahahaha

      benar bang, moga negeri kita makin sejahtera bila semua aspek mempunyai ke4 the power tersebut...betapa indahnya... ( wuihhhh...puitis :) ).
      makasih bang arie'majumapan' :)

      Delete
  12. Wah, Kang Farhan mantap sekali artikelnya . Memang betul betul sangat di pergunakan yang namanya komunikasi, bahkan bukan hanya ketika kita menjadi seorang pemimpin bahkan ketika kita bermasyarakat tau bahkan kita berkomunikasi dengan orang tua . Dengan komunikasilah bisa membangun rasa saling mengerti diantara kita semua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, memang betul bang panik, dalam segala aspek kita harus mempunyai the power yg empat diatas...
      semoga makin sejahtera dan damai bila masyarakat indonesia menerapkan ke 4 hal diatas...insya Allah bang
      makasih bang panik :)

      Delete
    2. Ok dah kang hihi. Makasih banyak sudah berbagi kesesama ilmu nya :D

      Delete
  13. Artikelnya bagus sekali. saya juga mau jadi pemimpin , tapi pemimpin diri sendiri..hehe, masih harus banyak belajar sih..Thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm...setuju mbak nesty...harus dimulai dari diri sendiri dulu mbak...hahayyy

      Delete
  14. Ini yang membuat beda blog Kang Farhan dari yang lainnya. Motivasi untuk selalu maju ,,,

    Kelemahan saya satu sob, susah berbicara di depan umum,,, bila terpaksa harus tampil,,, ya pidatonya belepotan nggak berstruktur,,,,

    good post,,,
    Thanks atas review Alexanya, langsung saya balas mereview blog ini dengan userku asepweebly

    wilujeng ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh...akang asep nih selaluuuu aja merendah gitu... padahal udah mak nyus ilmunya akang asep...
      dan makasih lho kang udah direview... ni namanya salam tempel balik ya...hehehe :) semoga makin mak nyus aja si akang blognya...amiin
      salam hangat selalu buat akang asep

      Delete
  15. motivasi yang mantep gan, maaf ya rue mampir lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh...lama tak jumpa nih bang...kangen ni ane bang :)

      Delete
  16. artikel yang mantap bangg,,

    sebelum kita menyuruh atau menasehati seseorang untuk berbuat menjadi jiwa yang pemimpin, sebelumnya kita harus membuat diri kita sendiri itu, membuat bermakna di mata orang lain, dalam artian, seperti pada poin no .4 , tentang mendengar keluhan seseorang,

    sebelum kita menjadi sebal, tentang keluhan terssebut, alngkah lebih baiknya kita intropeksi diri, dan apakah kita sebelumnya juga pernah mengalami hal yang serupa seperti itu, yang mengeluh..?

    jadi intinya, kita harus menjadi pemimpin bagi diri sendiri, dan jika kita mampu, baru menjadi seorang pemimpin untuk orang lain,

    happy blogging sahabat'ku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup betul bang gokl...dimulai dari diri sendiri akan lebih mempunyai arti kepemimpinan yg gemilang bang...
      makasih dan semangat selalu bang gokil

      Delete
  17. mantab kang, prinsip yang bagus bat jadi calon pemimpin . .
    sebenarnya saya orang yg pesimis, tapi klo berknjng ke blog kang farhan jiwa saya selalu bergejolak setiap baca artikel2 dari kang farhan . .
    makasih kang bat pencerahannya..
    :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduhhh...sampai2 hati abang bergejolak gitu...hehehe
      makasih atas apresiasinya bang...semoga selalu sukses dan semangat tuk abang ya :)

      Delete
  18. Amien.,
    wah aku dagh lama ga mampir ksini.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahayyy...tak tunggu lho si abang djawa :)

      Delete
  19. Ternyata memang ga gampang ya jadi pemimpin...tidak hanya sekedar wibawa...tapi juga punya nilai positif buat bawahanya...mentep kang ulasanya lugas dan mudah difahami...selalu dapet hal yang baru kalo kunjung kesini....salam sukses buat kang farhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kita jadi pemimpin2 yg tangguh ya bang...diawali dari diri kita sendiri tentunya
      semangat untuk abang ya :)

      Delete
  20. Mantap sekali Kang, 4 poin yang benar-benar inti. Dan terimakasih atas sharingnya kang :-)

    ReplyDelete
  21. Makanya ada Pepatah Mengatakan Bang

    Mulutumu adalah Harimau mu
    Jadi sebelum berbicara dengan orang lain kita harus memikirkan kata yang kita lontarkan terhadap orang lain

    Aku suka kata-kata ini
    kita mau mendengar dan melihat daripada kita berbicara

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih bang ilmu komp... :) semangat tuk abang ya

      Delete
  22. bener banget kang...!!! saya akan buat omunitas bang semoga dengan adanya artikel ini saya lebih bisa menerapkan dan mempelajari berbagai karakter dari sini kang...!!! makasih yach kang...!!! salam kenal kang...!!!

    ReplyDelete
  23. Dalam Islam juga disebutkan beberapa kriteria seorang pemimpin diantaranya adalah:

    1. Sidq (benar), sebuah sifat dasar yang mesti dimiliki oleh Rasulullah SAW, dan mesti dimiliki pula oleh setiap pemimpin. Ia harus selalu berusaha menempatkan dirinya pada posisi benar, memiliki sifat benar, berada di pihak kebenaran, dan memperjuangkan kebenaran dalam lingkungan yang menjadi tanggungjawabnya. Ia akan selalu berdiri tegak di atas kebenaran, bergerak mulai dari titik yang benar, berjalan di atas garis yang benar, dan menuju titik yang benar, yaitu rida Allah swt. Kebenaran yang dimiliki seorang pemimpin merupakan awal dari segala kebaikan, dan kebohongan yang dimiliki seorang pemimpin adalah awal dari segala kebokbrokan dan kehancuran.

    2. Amanah (penuh tanggungjawab), sebuah sifat dasar kepemimpinan Rasul yang berarti jujur, penuh kepercayaan, dan penuh tanggungjawab. Apabila mendapat suatu tanggungjawab, ia kerahkan segala kemampuannya untuk melaksanakan tugas yang dipikulnya, ia yakin bahwa dirinya mas-ul (harus mempertanggungjawabkan) kepemimpinannya. Pemimpin yang amanah juga memiliki sifat tabah, sabar dan tawakal kepada Allah swt., ia selalu menghadapkan dirinya kepada Allah melalui doa, dan menerima dengan penuh keridaan terhadap apa pun keputusan akhir yang ditetapkan oleh Allah swt. atas dirinya.

    3. Tabligh (menyampaikan yang harus disampaikan). Seorang rasul sebagai pemimpin memiliki keterbukaan dalam berbagai hal, tiada sifat tertutup pada dirinya, karena ketertutupan akan menimbulkan keraguan pihak lain, dan melahirkan fitnah dalam kepemimpinannya. Sebagai pemimpin seorang Rasul senantiasa menyampaikan kebenaran yang diterimanya lewat wahyu, betapa pun beratnya tantangan dan risiko yang akan diterimanya. Ia berpegang pada pedoman “Katakan yang benar itu walaupun pahit kau rasakan”.

    4. Fathanah (cerdik), bahwa seorang Rasul sebagai pemimpin memiliki kemampuan berfikir yang tinggi, daya ingat yang kuat, serta kepintaran menjelaskan dan mempertahankan kebenaran yang diembannya. Seorang pemimpin mesti basthah fi al-ilmi (memiliki pengetahuan yang luas) dan pemahaman yang benar mengenai tugasnya, kemampuan managerial yang matang, cepat dan tepat dalam menetapkan suatu keputusan, kemampuan yang tinggi dalam menetapkan makhraj (solusi) dari suatu kemelut dalam lingkup tanggungjawabnya.

    Sifat-sifat Nabi SAW itu tecermin pada kebijakan dan tingkahlaku beliau sehari-hari, baik sebagai pemimpin agama sekaligus pemimpin masyarakat dan negara. Sifat kepemimpinan beliau dan Khulafaur Rasyidin dapat dijadikan cermin oleh semua pemimpin. Mereka senantiasa mengabdi, menerima keluh kesah, memfasilitasi, dan siap menjadi "budak" rakyatnya, bukannya menjadi “tuan” bagi masyarakatnya.

    Diambil dari blog tetangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah... udah dilengkapi nih sama abang...islam is my way...dan semua harus di jalan Allah bang
      makasih tambahan semangat motivasinya bang

      Delete
  24. Assalamualaikum kang, dalam komunikasi sangat diharamkan untuk berdebatkan?

    Kenapa gak ada point larangan dalam berkomunikasi mas?
    Btw, terimakasi sudah berbagi.

    Sharing is Caring :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah...selalu memberi yg terbaik bagi sesama ya bang

      Delete
  25. Makasih udah bagi Info Kang Farhan, Keep Posting ..
    ^_^

    ReplyDelete
  26. Makin mantef aza nih postingan kang farhan,yang jelas aku suka kang kalo postingan yang begini,,,hahahahyyy.

    ReplyDelete
  27. makasih bang telah memberi secercah motivasi...
    salam berkah selalu bang

    ReplyDelete
  28. mantap postingannya kang farhan, sering-sering nih buat postingan kayak gini biar bisa jadiin pelajaran buat sya hehe

    ReplyDelete
  29. Sip bro.Kunjungan balik ditunggu sob.

    ReplyDelete
  30. "Yang pertama yaitu The Power Of Simplicity, pentingkan kesederhanaan dalam menyampaikan komunikasi" ini yang aku suka,,, kalo ngomong to the point,,, gak usah mbulet2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih bang...selalu to the point gak mbulet...hahayyy

      Delete
  31. Kemampuan berkomunikasi memang wajib dimiliki oleh stiap orang yang ingin maju dan Sukses,
    berbagai masalah yang ada di bumi ini, di dominasi oleh masalah Komunikasi,
    peperangan antar suku dan agama, karena Komunikasi,
    masalah keluarga,karena komunikasi dan masih banyhak yang lainnya.
    sbuah perusahaan yang memiliki pemimpin yang baik dalam berkomunikasi, bisa dipastikan perusahaan itu akan berkembang pesat....
    nice share kang farhan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih bang zaenal...semoga terinspirasi ya bang

      Delete
  32. Tukaran Link Blog Roll sudah intan lakuin mas ^,^

    ReplyDelete
  33. datang lagi ke sini kakak....ijin baca lagi...hehehe

    ReplyDelete
  34. Artikel yang sangat bermanfaat sobat, memang kominikasi sangat diperlukan dalam berinteraksi dengan orang lain, salam kenal.

    ReplyDelete
  35. dapet banyak pencerahan.. terima ksih atas ilmunya...

    kunjungan pertama
    salam kenal dan follow balik juga
    Revolusi Galau

    ReplyDelete
  36. komunikasi sangat penting namun sering diabaikan...happy blogging sob

    ReplyDelete
  37. Saya suka istilah "The Power Of Simplicity".. jadi membuat kalimat sesederhana mungkin untuk membuat orang lebih cepat faham...
    hehhe.. share yg menarik.. salam kenal...

    ReplyDelete
  38. sangat mencerahkan pmahaman kita dlm mmbangun kkuatan komukasi yang positif, mnjadi panduan untuk mngurangi/mnghilangkan kslahan dlm brkomukasi dlm khidupan brmasyarkt, nice post, flwback sukses :)

    ReplyDelete
  39. Alkhamdulillah dapat wawasan & pengetahuan baru lagi neh di ruangsharing dot com...

    Sepertinya kita g bs bayangin bang ya gmn rasanya bila kita hidup tanpa adanya komunikasi antar sesama. ya benar apa yg kangfarhan bilang " Bagaikan Kuburan " kali ya.. dan sebagai seorang pemimpin pastinya mereka sadar betul akan pentingnya kekuatan komunikasi. dan satu hal lagi kang manfaat yg bisa kita ambil dari ulasan artikel di atas yaitu,,Bahwa Allah SWT menciptakan kita Dua telinga, dua mata, tapi cuma satu mulut. sedikit bicara, banyak mendengar dan banyak melihat, banyak mengamati. bagus sekali artikel di atas bang. Nice share pokoknya kang. Happy Blogging ya kangfarhan. Semoga slalu terus dalam lindunganNya.AMIN...

    ReplyDelete
  40. Saya suka kesederhanaan,motivasi mantaf tuk menjadi pemimpin yang bijak.Maksih pencerahannya,barokalloh,amin.

    ReplyDelete
  41. sori gan oot, ente nanyain kabar ane. ane baik gan, ane sering main ke mari, tapi karena belum upadate jadinya ane ga koment lagi. heheh, ente sendiri gimana kabar bang? ud jalan prinsip kepempimpinannya? ane mau belajr juga ni dari agan.
    gan kenapa ga di pasang shoutmix gan, biar bisa ngobrol. tapi ga enaknya jadi pada ngobrol di sana, buaknya koment eh malah absen doang di shoutmixnya. ada ada aja. kapan ni updatenya? ane tungu ah.

    ReplyDelete
  42. Kunjungan perdana langsung terhanyut akan motivasinya yang sangat berarti dan bermanfaat ini.Makasih banyak Gan,salam kenal and happy blogging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ...salam hangat dan persahabatan selalu ya :)

      Delete
  43. Mantaaaaaaaaaaffttt nech kang,,, terutamna sebaga Kaum Adam nech, harus punya hal2 seperti diatas hlooo... (",)

    PEMIMPIN BERIMAN DAN BER-AKHLAK SEPERTI :

    NABI MUHAMMAD SALALLAHU'ALAIHI WASSALAM...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih bang... harus kita contoh akhlak rosululloh bang...

      Delete
  44. Motivasi yang sangat bagus bang, bukan hanya untuk seorang pemimpin tapi setiap manusia wajib memiliki power yang abang sebutkan diatas agar bisa berkomunikasi yang baik dengan orang lain

    ReplyDelete
  45. walaupun jadi seorang pemimpin itu tidak gampang, tapi aku akan berusaha menjadi seorang pemimpin seperti postingan a'kang di atas, 1SPIRIT. . :D

    ReplyDelete
  46. Prinsip-prinsipnya bagus dan menyimak sahabat.
    Kekuatan-kekuatan tersebur bisa menjadikan seseorang pemimpin yang baik bagi yang dipimpinnya.

    Nice share sahabat

    ReplyDelete
  47. Berani saya katakan bahwa saya berinteraksi didepan banyak orang setiap Hari dalam Aktifitas saya, namun belum pernah menyadari pentingnya penerapan :
    - Power Of Simplicity
    - Power of Similarity
    - Power of Sincerity
    - Power Of Service
    seperti yang anda sampaikan.
    4 jempol justru kurang sopan untuk penilaian tatakrama, dan Dua jempol tidaklah bijak untuk menghargai orang lain karena tangan kiri simbol keburukan, maka saya berikan jempol tangan kanan saya untuk menghargai Artikel bermanfaat ini

    ReplyDelete

Partner Site