28/02/2012

Quality of Life Process

Quality of Life Process

Assalaamu'alaikum sobat semua, Melanjutkan Untaian Motivasi mengenai personal excellence yang dulu pernah saya bahas, kali ini saya akan sedikit mengulas tentang Quality of Life atau kualitas kehidupan. Kita semua sadar bahwa dalam menapak kehidupan akan lebih bermakna bila kita memiliki bobot dalam keseharian kita, bagaimana membuat hidup yang lebih berarti, bagaimana menata kehidupan yang selalu survive, dan bagaimana kualitas kehidupan kita lebih bernilai dimata sesama dan Sang Pencipta. dalam dunia motivasi modern ada empat tahapan untuk meraih Quality of Life dan itupun sejalan dengan Tuntunan Agama dan nilai-nilai bermasyarakat.

Tahapan yang pertama adalah apa yang disebut dengan istilah Survive ' bertahan '. ketika kita menjalani hidup ini apa adanya dan sekedar untuk hidup maka anda berada dalam posisi Survive. bila diilustrasikan seseorang yang sedang berjalan gontai dengan kepala tertunduk kebawah kemudian dia menjatuhkan tengan kanan dan kirinya kebawah lalu dia berjalan perlahan. slow speed, dengan gerakan yang lambat. ini menggambarkan tipikal orang yang survive, yang penting bagi dirinya hanya berjalan dan menikmati perjalanannya tanpa tahu apa dan bagaimana nantinya rintangan jalan dihadapannya, karena dia berjalan dengan kondisi menunduk. keadaan semacam ini menggambarkan Pesimistis, kurang percaya diri, putus asa, mudah stres dan mudah emosional. dia akan mudah sekali emosional dan cenderung reaktif ketika menghadapi suatu permasalahan.

Kemudian yang kedua adalah Stability, kestabilan. kalau diatas adalah gambaran orang yang hanya survive maka disini orang tersebut akan berjalan dengan sedikit mengangkat tangan kanannya tapi masih menggantungkan satu tangan kirinya. ada sebuah kestabilan disini, kita sudah bisa mengontrol pikiran dan emosi kita dari tekanan-tekanan di luar, baik itu tekanan dari diri sendiri, tekanan dari keluarga, pekerjaan, bisnis kita ataupun tekanan dalam bermasyarakat. tahap ini lebih bagus dari sekedar survive, hidup lebih stabil dan mulai ada kontrol.

Belum selesai sampai nilai stabil, kita perlu tahap yang ketiga yaitu Success, sukses. ketika kita menjadi orang sukses maka kita tidak sekedar mempunyai kestabilan secara emosional, namun kita mempunyai kemapanan secara finansial, kita punya suatu reputasi, sudah mulai dikenal orang dalam segala hal dalam kelebihan dan kekuatan kita, kita sudah menjadi orang sukses. bila diilustrasikan menurut gambaran diatas maka orang tersebut akan mengangkat kedua tangannya dengan kepala menghadap kedepan siap menghadapi tantangan.








Banyak yang terjebak dalam kehidupan ini berhenti sampai tahap yang ketiga, kita butuh tahap yang lebih tinggi lagi, yaitu tahap keempat apa yang disebut dengan Significant, menjadi orang yang bermakna. ada sebuah ungkapan 'menjadi`orang yang sukses jauh lebih penting' perlu dimiliki oleh setiap orang, tapi ungkapan tersebut masih ada koma-nya 'menjadi orang besar jauh lebih sukses' dan itupun belum titik, ada koma lagi di belakangnya ' menjadi orang bahagia jauh lebih besar'. yang terakhir itulah yang dikatakan Significant.

Significant adalah menjadi orang yang bahagia, tentunya kalau kita bicara kebahagiaan tentu bukan sekedar diukur dari segi kuantitas, melainkan kualitas. sehingga wajar kalau ada suatu statement yang menyebutkan bahwa ' kita bisa beli tempat tidur yang empuk dengan uang, tapi tidur tidak bisa dibeli'. segala material kita mungkin bisa beli tapi kita tidak bisa membeli suatu nilai kebahagiaan.

Dalam Al Qur'an surah Ibrahim ayat 7 menjabarkan " Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami menambah nikmat kepadamu. tetapi jika kamu mengingkari nikmatKu, maka sesungguhnya AdzabKu sangat pedih". Kebahagiaan tidaklah bisa kita nikmati secara individual tapi kebahagiaan juga secara kolektif, dinikmati banyak orang. Kalau kita sudah mencapai tahap significant maka sebarkanlah kebahagiaan itu di sebelah kanan dan kiri kita, di depan kita dan dibelakang kita. kita buat mereka menjadi sukses. ketika banyak orang sukses disekeliling kita maka disitulah letak kebahagiaan kita sebenarnya. maka Bersyukur kepada Allah patut sekali dipanjatkan bagi orang-orang yang diberikan ke-empat nilai diatas agar Kebahagiaan selalu tercurahkan dan bukan menjadi fitnah hidup.

Semoga sekelumit tips motivasi hidup diatas dapat memberi pencerahan pada sahabat semua, dan semoga kita semua termasuk orang-orang yang pandai bersyukur atas nikmat kebahagiaan yang diberikan Allah kepada kita. aamiin. Salam semangat selalu untuk sobat semua. Wassalam

Show comments
Hide comments

82 komentar

wah.... kak farhan selalu membangun motivasi buat kita semua agar hidup lebih baik, semoga cita-citanya terwujud untuk kita semua, terus lanjutkan kak, semangat !

wah ane baru tau gan, berarti ada maknanya ya orang jalan. tapi klo diliat dari kalimat akhir yang significant, dimana artinya bahagia. orang dengan jalan gontai (suevive) bisa di bilang bahagia dong? lha wong dia menikmanti.? bner ga?
kalau tentang diatas point sukses ada yang lebih tinggi lagi, ane setuju, yaitu orang yang bermanfaat/bermakna. ada istilah sehat walafiat'. afiat disini artinya bermakna, percuma klo sehat tapi dia ga punya aktifitas yang memberikan makna ke orang lain.

tapi ko di akhir kalimat significant ini di artikan bahagia ya? ya boleh lah, asal bahagianya' bukan untuk dirinya sendiri, menlainkan bahagia untuk orang lain. memberi kebahagiaan maksudnya. artinya dia memberikan manfaat.

CMIIW

kualitas hidup untuk menghasilkan jalan sukses tanpa batas bersama-sama
great share sobat

Bertahan,Stabil,Success dan Bermanfaat memang tahapan menjadi orang yang berkualitas dalam kehidupan ini.....

Tahapan tertinggi ada pada memberikan Manfaat kepada orang Lain, jadi teringat dengan suatu Hadits, "Khairunnasi Anfa'uhum Linnasi", sebaik2 manusia adalah yang memberikan manfaat pada orang lain. Sukses itu Mudah, yang sulit adalah membuat orang lain Sukses,
dan Contoh Real dalah kehidupan ini mengenai Materi adalah seperti yang dijelaskan oleh filosof Bisnis Dunia "Jim Rohn", 'Kita semua ingin Bisnis kita lebih baik, semua yang kita lakukan menjadi lebih baik. Kita dibayar karena memberi nilai tambah pada pangsa pasar, Pangsa pasar sering digambarkan pada realita atau kenyataan.' Dalam ekonomi saja kita dinilai karena Kualitas diri kita atau seberapa besar kita memberikan manfaat pada Pasar, begitu juga dalam Hal kehidupan ini,
nice share kang, Keep Post.......

Ulasan yang sangat lengkap, banyak juga ya kang untuk menjadika kualitas dari kita kearah yang lebih baik, dan menuju kesuksessan,

terima kasih kang farhan selalu menjadi motivasi buat kita semua,


salam dan suport dari duniasharing [DS]

Menarik sekali ulasan mengenai tahapan kualitas kehidupan, semoga kita bisa mencapainya sampai ke tahapan yang significant, terima kasih kang farhan atas sharingnya, sukses selalu untuk kang farhan.

kata Kang Farhan:

ketika banyak orang sukses disekeliling kita maka disitulah letak kebahagiaan kita sebenarnya

benar banget Kang...! emank ada sensasi rasa tersendiri saat kita membuat org Bahagia..!,rasax beda banget klo bahagia i2 hny kita yg rasakan. nice post thx ilmux kang..., barakallahu fiikum :)

Artikelnya memberi saya semangat baru untuk meraih kesuksesan di masa depan. Semoga kita bisa mendapatkan kebahagiaan hidup dan hidup yang berkualitas. Sehingga pada akhirnya terwujud tujuan kita untuk bahagia di dunia dan juga akhirat. Aamiin Ya Robbal Alamin.

Selamattt sianggg, baca tulisan ini siang-siang bukan tambahhh lemess malah jadi tambahhh semangattt, TQ untuk motivasi-motivasi supernya mas gan.

Nice artikel kang...
mantab, ijin baca2 dulu.. biar tambah termotivasi...

wahh.. jadi nambah pengetahuan nih...
ternyata, diri ini masih banyak yang harus direnovasi dan di perbaiki.. terimakasih ruangsharing, alhamdulillah ada pencerahan..

ALHAMDULILLAH Bang SansAN...semoga tambah semngtnya :)

jangan lemes dong...tambah semangat gtuuuu...hahayyy makasih bang 7og4nk

alhamdulillah mbak... sama2 saling do'a mendo'akan agar bahagia dunia dan akhirat mbak...aamiin

a motivation for a better life

wilujeng ngeblog :-)

barakallohu... insya Allah berkah bagi kita semua

alhamdulillah bang... abang hebat banget...terimakasih atas tmbahan motivasinya ya bang

makasih bang earth inside...great sucess untuk abang juga ya

Bener banget kang aku setuju dalam meraih kesuksesan hidup,ketentraman hidup kita harus berpijak pada yang namanya KEIMANAN,karena dengan KEIMANAN yang kuat kita ada sedikit mempunyai REM dalam hidup serta bergaul dan bermasyarakat untuk bisa membedakan BAIK dan BURUK nya serta BOLEH TIDAK nya,semoga saja KEIMANAN kita selalu menuntun kita semua kejalan yang diridhoi oleh ALLAH SWT..amien.

Subhanalloh....kang Farhan selain blogger sejati akang juga ustadz ya...ane sangat setuju kang bahwa orang yang sukses adalah orang bermanfaat untuk lingkungannya, karena tidak ada kesuksessan yang diraih oleh sesorang melainkan pasti ada andil orang lain didalamnya....OK mantaaap kang salam sukses

siang dengan cuaca yang gerah ... wah kita harus sukses karena namun kesuksesan itu tidak mudah di capai tanpa orang lain

keren bang, tips motivasinya, saya kx belum nyadar, sampai sekarang saya masih di tahapan apa ya, hahahhahhayyyy

AMIIN bang icah... semoga kita selalu ditunjukkn dijalan yg benar bang/....

ahhh bisa aja si abang herbal nih blg saya ustadz... :)
makasih bang herbal...dan salam sukses selalu untuk abang

keren kang, artikel yang bermanfaat ^^

1.Survive
2.Stability
3.Succsess
4.Stability

Siap untuk dicatat...

Ya benar sekali bahwa dalam menapak kehidupan akan lebih bermakna bila kita memiliki bobot dalam keseharian kita

Artikel motivasi yang benar-benar mencakup-beberepa faktor menuju kesuksesan.

absen disini sobat..mantep nih artikel..ijin nyimak ya sob :)
salam sukses selalu :)

makasih mbak intan...salam semngt selalu :)

Kebahagiaan memang tak ada yg bisa membelinya, bisa menjadi sesuatu yg menguatkan jiwa. Apalagi kebahagiaan bersama org yg kita sayangi. Semakin mantap aja motivasinya kang ^.^

Artikel Update yg menarik serta Luarr biasa hebat bang

Menyikapi sebuah kualitas kehidupan memang perlu, terkadang bnyk org memang blm bgtu memahami akan hal ini bang, mereka lebih cenderung survive/bertahan. untuk memiliki kualitas hidup yang signifikan memang di perlukan sebuah proses yg tentunya tidak mudah di lakukan, menjadi pribadi yang bahagia tak lain semua itu ada pada diri pribadi masing2 rasanya. karna kebahagian sejati ada dalam dada/hati manusia itu sendiri. Rasa akan slalu bersyukur atas nikmat yg di Anugerahkan Sang Khalik. Itulah pribadi yg Bahagia. Salam

Ada bakat jadi ustaz/kyai juga Kang Farhan?
Tahapan motivasinya memang modern, Kang. Dan ada pula "dalilnya " untuk itu. Siplah!

hahaha...bisa aja nih abang guru isman... :)

saya pikir sukses itu terakhir ternyata masih ada ya di atasnya success,,

Menjadi orang yang bermakna dan bermanfaat bagi orang lain ya Sob :).

Blog Penuh Motivasi, saya suka ama blog Akang Farhan, Penuh Motivasi dan Insporasi ..
Nice Post Kang ..

hahayyy...tak tunggu2 lho bang forbidden

Thank you, friend!
Like this.
Sucess...

hahahay... ketinggalan lagi dah. susah jadi komentator yg pertama di sini...grrrhhh...

n inilah yg ane tunggu2... motivasi n motivasi (kebtulan masih perlu bnyk motivasi) agar bisa menjadi lebih baik lagi. yup sesuai dengan di atas, quality of life. orang yang berkualitas dalam kehidupan^^ agar bisa bermakna bagi orang lain. indah memang y kang...^^

btw, ane ijin copas y kang u/ pribadi n kebetulan bisa menularkan artikel ini ke anak didik ane yg akan menghadapi ujian (agar mereka termorivasi selalu). salam sukses kang...^^

wah nice motivasi kang... :)
Maaf baru mampir kang soalnya sibuk

first of all i love your name my friend.. from the movie
3 idiots.. i love it and im one fan of that movie.. greetings from Philippines..

support me my friend.. ill support too http://pasyal-lakbay.blogspot.com/

Have a happy day to you my friend.. Keep in touch..

Always here supporting your site.. Keep posting.

thanks friend for visit... greeting back from indonesia

Mantep sekali kang, artikel ini. Kualitas hidup seseorang bisa dilihat dari respon atas setiap kejadian yang dialami. Dan bener kata kang farhan, bahwa kesuksesan adalah dambaan setiap orang. Namun alangkah lebih bijak jika kesuksesan itu memiliki makna.

Dalam hadits dikatakan, "Sebaik² manusia adalah yang paling banyak manfaatnya untuk orang lain."

Acungan 4 jempol buat postingan ini kang, hehehehe :D

Artikel di Ruang Sharing bagus-bagus ya..nambah wawasan saya. Senoga kita jadi manusia2 yang berkualitas dan meraih kesuksesan yang dilalui dengan berjuta proses dan lika-liku. Dan pada saat yang tepat kesuksesan akan kita raih dengan Izin Allah SWT.

selalu ada artikel menarik di blog ini ! semoga bermanfaat bagi kita semua :D

Maksud saya Inspirasi Kang, Bukan Insporasi, hahayyy . :D

waalaikumsalam,
tahapan 4S untuk mencapai kualitas kehidupan yang lebih baik..sungguh artikel motivator yang luarbiasa sangat meng-inspirasi sobat :-)

kata katanya bagus sobat. Menginspirasi saya untuk bersyukur setiap harinya. Kayaknya masih banyak hal yang dah ane lupa buat disyukurin deh.. makasih ya sob :) salam kenal :)

motivasi hidup yang bermanfaat bang, sukses masih ada komanya jadi sukses belum tentu bahagia...nice share

semoga kita termasuk
dari golongan yang bersyukur
dan terhindar dari laknatullah. amiiiin..

thanks pencerahan dan motivasinya...salam hormat

Padahal udah baca....tapi pingin baca lagi kang ijin nyimak ya....salam sehat selalu

salam hormat untuk abang juga ya :)

wahhhh sungguh sangat menarik nih.... terima kasih ya kang.. atas artikel ini...

Sangat Motivatif & Inspiratif...
Ijin menyimak,,, Salam bLogger,

sangat bermnfaat rugi nch lw gak tuntas bcanya.....

izin copas buat referensi tugas ya mas :D

TERIMA KASIH BUAT SEMUA SOBAT YNG TELAH KASIH TANDA TANGAN DISINI :)... MAAP GAK SAYA SEBUTIN 1 PER 1 YA :)

kembali berkunjung ni bang di malam hari sembari silaturahmi

Sama-sama kang
Menyambung silaturahim disini...
izin naro link blognya sob di blogroll ane,
menambah silaturahim dan banyak belajar disini....

hahayyyy...met malam dan sukses selalu sob wahid

Kunjungan malam sobat
maaf baru berkunjung balik
apapun yang kita alami baik suka maupun duka kita harus tetap bertahan
dengan bertahan berarti kita mensyukuri apapun yang diberikan Allah

subuh subuh jalan jalan kesini, trus baca tulisanna si akang
beuh mantab pisan ...

kualitas hidup akurat
jasmani dan rohani sehat
maka akan tumbuh selalu semangat
untuk menggapai apa yang ingin didapat

hehehe

makasih motivasinya mantab :)

Benar-benar tulisan yang original,,,

makasih banyak ya gan buat infonya

Makasih banget nih informasinya sangat berguna sekali gan...


Emoticon Emoticon