Thinking Process 3 Dimensi

Sahabatku semua, bila saya kemarin memposting mengenai 'Personal Excellence' sekarang watunya kita membicarakan apa yang berpengaruh pada penciptaan pribadi-pribadi yang unggul dari sisi Thinking Process. Bila kita bicara mengenai Thinking Process atau proses berfikir kebanyakan kita melakukan proses berfikir satu arah saja. padahal dalam suatu Thinking Process ada sebuat teori yang tidak boleh ditinggalkan yaitu proses berfikir secara 3 dimensi. mungkin ada sobat ada yang sudah tahu cara berfikir 3 dimensi atau juga sama sekali belum tahu apa itu Thinking Process 3 dimensi.

Dalam Thinking Process 3 dimensi yang pertama kita harus berfikir secara Vertikal. apa yang dimaksud berfikir secara vertikal ?.  yaitu apabila kita menjadikan diri kita berada pada posisi tertentu. sekarang kita bisa membayangkan apabila kita sudah berada pada puncak gedung yang paling tinggi, dan anda melihat kebawah, segalanya akan terlihat kecil bukan ?. ada kesan psikologis disini bahwa apabila anda sedang ada di puncak posisi teratas maka segala persoalan seakan mudah untuk kita hadapi, maka kita akan mempunyai rasa 'confidence' atau kepercayaan diri untuk menyelesaikan segala problem sebesar apapun yang sebelumnya kita hadapi di bawah, sebelum kita berada di puncak tadi.

Kemudian yang kedua,Thinking Process secara Longitudinal. bila di pesawat terbang ada bagian yang Longitudinal yang disebut longitudinal axis ( sumbu longitudinal ). yaitu sumbu dari hidung pesawaat ke ekor pesawat. pada contoh pesawat tersebut bisa kita konotasikan maknanya Sebagai Thinking Process secara Historis, yang maksudnya bahwa jangan lupa bahwa kita berada pada waktu saat ini atau waktu Now, Present. tetapi kita tidak boleh lupa bahwa kita hidup dalam 3 waktu yaitu future, past dan yang terakhir Present. kita sekarang berada pada present time, yang dahulu adalah Past Time dan yang akan datang adalah Future Time.








Ketika kita berada pada Present time maka kita harus melihat ke belakang. bila di dalam ajaran islam ada kalimat ' Hasibu an Tuhasabu' hisablah dirimu sebelum dihisab Allah di hari kiamat. dalam posisi present time kita harus menengok ke belakang, mengevaluasi diri dan introspeksi diri. melihat pengalaman yang telah lalu ( past mistake ) untuk tidak disesali tapi untuk dijadikan suatu pelajaran berharga. kemudian melihat kedepan ( future ), dan saat kita telah dapat melihat kedepan maka kita sudah melakukan apa yang disebut dengan perencanaan. jadi inti dari Thinking Process secara longitudinal dalah kita mampu membuat suatu perencanaan kedepan dengan dua arah yaitu rencana sukses duniawi dan sukses surgawi. jadi tidak sekedar manage dunia tapi akhirat juga dibutuhkan perencanaan matang.

Kemudian cara berfikir yang ketiga adalah Berfikir secara Lateral, yaitu ke samping. bila diumpamakan pesawat terbang juga, maka kita bisa lihat ada sayap kanan dan sayap kiri. kita berfikir secara sosial, yang artinya janganlah kita merasa bisa hidup sendiri dalam kehidupan ini. bila kita berhasil secara personal atau individual maka harus kita kembangkan menuju keberhasilan secara kolektif atau keberhasilan bersama. kita tidak akan bisa menyandang kemenangan secara publik ( public victory ) sebelum kita bisa memenangkan diri sendiri ( personal victory ). tidak terbayangkan apabila kita makan makanan yang enak sedangkan kanan kiri kita tidak ikut menikmatinya bukan ?, ketika kita memperoleh jabatan dan menjadi seorang pemimpin maka pada saat memimpin mari kita tengok ke kiri dan kanan apa yang ada dalam naungan kepemimpinan kita, sudahkah mendapat perlindungan dan keadilan dari kita ?, ketika menjadi direktur marilah kita melihat ke kanan dan ke kiri apakah pegawai  kita sudah terpenuhi hak-hak dan kesejahteraan mereka ?. 

Dari Ketiga Thinking Process diatas yaitu Vertikal, Longitudinal dan Lateral secara Spiritual, historis dan sosial maka kita akan dihantarkan pada suatu proses yang disebut Mind Management yaitu Proses berfikir yang baik. Mungkin Postingan saya mengenai spirit motivasi 'Berfikir secara 3 dimensi' saya cukupkan sampai disini. semoga kita selalu diberi Hidayah oleh Allah untuk selalu berfikir secara 3D...aamiin.
Previous
Next Post »

51 comments

  1. nice artikel nya sob... membuka pemikiran ane.. izin menyimak lebih teliti N bookmark dlu.. biargak ilang... ^_^

    salam blogging... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam untuk abang Blegedess...semoga selalu semangat dengan positive thinking 3D :)

      Delete
    2. OK Kang... ha.h.a.ha.

      sukses terus buat blog ini jga... ^_^

      Delete
  2. Replies
    1. Setuju artikel ini memang menarik. membahas tentang proses berpikir 3 dimensi. saya jadi tahu tentang ini..hatur nuhun Kang Farhan.

      Delete
    2. makasih sahabatku ning sweety...

      Delete
  3. Artikel yang keren Kang Farhan..Hatur nuhun udah berbagi. pagi2 bikin otak saya agak jalan niy..hehehe. happy blogging.

    ReplyDelete
  4. Pagi pagi dapat ilmu baru...makasih ya kang Farhan...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kembali bang muroi... semoga saling memberi manfaat bang

      Delete
  5. saya mendapat kesan bahwa proses berpikir tadi mengisyaratkan kita harus mawas diri, dengan menjaga 3 dimensi tadi insya allah tiap tindakan kita akan selalu terkontrol.. :)
    makasih sudah berbagi kang, pengantar jumat yang baik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih bang tonny... semoga kita selalu mawas diri dan mempunyai kontrol dalam setiap tindakan kita sehari2... spirit thinking process 3d.. :)

      Delete
  6. wah dapat ilmu baru lagi nih, nice share kang :D

    ReplyDelete
  7. nice kawan share nya membuat tambah pengetahuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih bang spenza...semoga nambah pengetahuan dan selalu menambah wawasan kita bersama

      Delete
  8. nice share kang :)
    Izin nyimak artikelnya ya..
    Absen siang

    ReplyDelete
  9. Ulasan yang sangat bagus tentang konsep berpikir 3D. Memang untuk menjalani kehidupan kita, tidak bisa hanya berpikir satu sisi saja. Karena akan membuat kita jadi egois yg buruk. Terima kasih kangmasbro atas tausiyah tentang konsep berpikirnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenkyu matur nuwun bang arie.. semoga selalu ada konsep diantara kita.. (...hehehe...ngomong opo to aku ki.. :)). selalu bersyukur karena Allah menganugerahkan kepada kita multiple thinking process yg menjadi kelebihan dari makhluk2 Allah yg lain ya bang.

      Delete
  10. Konsep pemikiran yg menarik.. mungkin dapat mengantarkan salah satu individu yang menerapkan'nya bisa lebih baik ke depan'nya, Amiin..

    Mantap nih artikel'nya,, membuka wawasan pengetahuan saya,..
    terima kasih sahabatku... !

    ReplyDelete
  11. wihihi dapet pencerahan kang farhan :D :D makasih yaaa,
    biasa kalo udah di atas semua persoalan terasa ringan kan udah punya segalanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih balik sahabat...semoga makin menambah pencerahan ya bang...insya Allah

      Delete
  12. blog walking kawan,
    di tunggu ya kunjungan dan komentarnya di blog saya :)

    ReplyDelete
  13. meresap banget postingannya sob hehe
    makasih, t'bookmark dulu. biar ndak hilang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenkyu balik bang Nando...semoga makin meresap bang... :)

      Delete
  14. Blog walking ja ah. Coba kalo berfikir 4D?

    ReplyDelete
  15. amin ya Allah semoga kita selalu berpikir tiga dimensi . artikel buat pencerahan nih bang. sehabis pulang kerja di suguhi artikel yang bisa menambah wawasan dan berpikir 3D. terima kasih bang udah sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih balik bang dunia, semoga motivasi 3D bisa menambah pencerahan bagi kita semua tuk hidup yg lebih baik kedepannya bang... Insya Allah

      Delete
  16. Wah pasti kang farhan ni, sudah banyak pengalaman. Kadang saya malah jarang sampai berpikir ke situ. Tapi intinya jika kita mampu menerapkan berpikir ke 3 dimensi tersebut. Insya allah apa yang ingin menjadi tujuan kita akan menjadi kenyataan.

    Tentunya semua itu selain dengan berpikir (merencanakan) harus dibantu dengan usaha, semangat, kerja keras dan yang tak kalah penting Selalu beryukur atas segala pemberian yang diberikan oleh Allah SWT.

    Terima kasih atas ulasan dan motivasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kata abang... berfikir ( merencanakan ) tetap harus diiringi dengan kerja keras, semangat dan usaha.... selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah dikaruniakan Allah kepada kita sebagai makhluk terbaik dari ciptaan Allah... terimakasih atas kunjungan abang.

      Delete
  17. nice share sobat, happy blogging

    ReplyDelete
  18. nice artikel sob, liat judulnya ajah udah menarik :D

    ReplyDelete
  19. Artikel yang beginian yang paling aku suka..aku pribadi terima kasih banget abang mau ngeshare yang beginian,pokoknya aku salut banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak lho bang icah... slalu saja sahabat2 saya memberi saya inspirasi dan motivasi.... salam semangat bang

      Delete
  20. artikel yg sangat menarik sobat membuka wawasan dan pemikiran kita...
    nice share sobat dan happy blogging....

    ReplyDelete
  21. sungguh saya menyukai ..hisablah dirimu sebelum dihisab ALLAH...menjadikan diri lebih mawas dan berhati-hati dalam bersikap berprilaku agar tidak menimbulkan fitnah dosa dan khilaf pada diri kita...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam juga ban BlogS.. semoga dengan menghisab diri sendiri terlebih dahulu akan menjaga kita dari sikap2 yg buruk sebelum hari penghisaban besar di akhirat... makasih kunjungannya bang

      Delete
  22. bang spenza@ terimakasih banyak bang....
    bang asis@ terimakasih kunjungannya bang asis...semangat 3D selalu bang

    ReplyDelete
  23. Nice artikel kang Farhan ..
    Saya pribadi suka sama Artikel yang di buat oleh kag Farhan ..
    Succes Terus kang Farhan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih bang forbiden...success juga untuk abang ya

      Delete
  24. Selamat Sore Kang Farhan...Jalan-jalan SOre di Blognya kang Farhan..nemu sesuatu yg menarik disini...Cara berpikir yang Luar biasa kang...Dan mungkin sedikit tambahan."selalu berfikir Apa Adanya...",,hehehehe..sukses selalu Kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sore juga bang rofi... boleh ditambahi kok bang 'berfikir apa adanya' asal gak dibalik jadi ' berfikir ada apanya' hehehehe...jadi bingung ntar :)

      Delete
  25. Wow bang farhan...sangat bijak sekali...kita sebagai manusia sosial harus punya dan memelihara cara berfikir seperti yang bang farhan paparin diatas...supaya kita menjadi lebih berguna untuk diri kita sendiri dan orang lain,, (semoga coment saya nyambung bang T_T)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyambung sekali lho bang...hehehehe...andai kita bisa nerapinnya secara bicak dan step by step pasti deh sahabat2 saya hebat semua...
      makasih bang...

      Delete
  26. dapat hal serta ilmu baru di sini sahabat

    ReplyDelete
  27. Nice Artikel kanf Farhan .
    Saya suka sama artikel ini ..
    jadi bingung mau Komentar apa ..

    ReplyDelete
  28. lagi cari nih artikel..
    minta izin copas brother..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas bila ada manfaatnya...alhamdulillah

      Delete
  29. ilmu yang sangat menarik nih,,,ane fahami aja dulu...

    ReplyDelete
  30. selalu berfikir positif aja sob,,n selalu mengingat sang pencipta

    ReplyDelete

Partner Site