12/12/2012

Membuat Antivirus Portable Autorun dari CD

Membuat Antivirus Portable Autorun dari CD

sekarang tiba waktunya berbagi tips dan trik ringan tentang cara membuat antivirus portable Autorun dari CD. walaupun cara ini terlihat sepele dan simple namun akan sangat membantu sekali dalam memberantas virus yang membandel, itu sudah saya buktikan sendiri berkali-kali lho.. hehe.

Tips ini bekerja hanya untuk antivirus yang dapat dijalankan secara On the Fly alias portable. jadi antivirus yang bersifat installer tidak dapat menggunakan tips ini. Bisa sih antivirus yang installer memakai tips ini tapi cuma meloading file execute installernya saja dan itu bukan tujuan utama dari tutorial ini. Script membuat suatu file bisa di jalankan secara otomatis sebenarnya sudah banyak bertebaran di mbah google, Antivirus yang autorun-pun juga banyak bertebaran cara membuatnya, tapi kebanyakan sebatas autorun dari flashdisk. 

Kemudian apa bedanya membuat autorun dari flashdisk dibandingkan dari CD ?, nah itu yang perlu sedikit dibahas. lho kok jadi panjang lebar begini bahasannya...haha. Begini, bila kita membuat antivirus autorun dari flashdisk bisa dan mudah, tapi ingat dulu, kalau saja PC kita terserang virus dan script virus yang aktif memblock atau men-suspend file berekstensi exe dan menyusupi file exe yang akan kita load gimana coba ? pasti bukannya menjadi antivirus malah akan membuat virus baru di flashdisk kita nantinya. Oleh karena itu cara paling jitu dan sering saya gunakan adalah membuat file exe itu tidak bisa disusupi virus alias cuma read only karena cuma di load dari CD ( ingat : virus / apapun tak bisa meng-overwrite file dari CD-R ). 

Nah, dari kesimpulan diatas maka cara paling aman adalah ya memakai CD itu, ah dari tadi muter-muter melulu ya...hehe. yup kita mulai tutorial cara buatnya, Bismillah dulu ya sobat :

  • 1. Persiapkan dulu file antivirusnya, kumpulkan duli file-filenya dalam satu folder. nantinya akan kita bongkar kita taruh di CD file-file itu. contoh antivirus yang sering saya buat autorun adalah PCMAV buatan anak negeri, saya kawinkan dengan clamAv jadi satu kesatuan.
  • 2. Buka Notepad
  • 3. Ketik seperti berikut :
  • keterangan : namaFile.exe itu berarti nama file dari antivirus , contohnya file antivirus PCMAV ya kita ketik "PCMAV.exe" (tanpa tanda petik). kemudian icon disitu bisa kita pakai bisa nggak, tujuan dari icon tersebut untuk memberi gambar icon di drive cd-rom bila cd kita masukkan nantinya.Ingat lho ngk pake spasi dan harus sama persis seperti nama filenya, kalau ekstensi-nya exe ya belakangnya exe, kalau ekstensinya cmd ya ditulis cmd, ah crewet amat yang nulis ya...hehe.
  • 4. Sesudah diketik simpan file itu dengan nama "autorun.inf" , tanpa tanda petik lho.
  • 5. Kalau sudah, siapkan CD-R kosong dan jalankan aplikasi software burning. kalau punya nero ya pakai aja si Nero itu. 
  • 6. Masukkan semua file kedalam daftar burning termasuk file ketikan notepad tadi jangan lupa ya.
  • 7. Yang terakhir silahkan lakukan proses Burning, dan CD antivirus portable Autorun telah anda ciptakandan siap diuji coba .... mudah bukan ? .

Akhirnya selesai juga cas cis cus-nya, maaf bila terlalu panjang gaya bicaranya. silahkan sobat praktekkan semoga tutorial singkat ini sedikit mengobati rasa ingin tahu sobat yang ingin membuat Antivirus yang anti cracking karena berjalan dari media yang readOnly. semoga bermanfaat dan sukses selalu buat sobatku semua. Wassalam.

Show comments
Hide comments

28 komentar

ini sangat bermanfaat kak, mantab.

oh iya, sekarang kok jarang online kmn ja nih ?

hehe..iya mas jadi jarang posting banyak acara...hehe...makasih dah jadi pertamak di comment ya...xixixi

Wah KEDUAX kalah cepet ama yang di atas ane Kang dapat PERTAMAX hehehee.. mengenai Autorun dari CD seprtinya lebih efisisen dan mudah mas ya. karna kejangkit virus kita tinggal masukan CD autorun tadi ya kang. palagi cara buat scriptnya simple keliatannya. wah dng modal CD Blank dah jadi kayaknya kang. Makasih kangfarhan sudah berbagi Info yang bermanfaat. Salam Sukses selalu sahabat lama ya hehehe.

amalan yang pahalanya akan mengalir terus salah satunya ilmu yang bermanfaat...
thank sharing ilmunya, semoga menjadi amal kang
Farhan...aamiin.

kunbal ane nih kang, gapapa gagal pertamax yang penting pejwan :D

baru muncul ni bang, langsung bawa post yang keren gila, hehehhe..... mank visrus autorun bikin jengkel juga bang, kebetulan bgt ternyata siabang yang kasih solusi, langsung diamankan bang :)

makasih bang ary... walau simple moga bisa buat pencerahan dan sarana saling belajar,,,hehe..salam sukses selalu bang

alhamdulillah jbang juragan tasbih... semoga ilmu saling berbagi akan lebih bermanfaat untuk semua dan bernilai amal...aamiin

hahayyy...bang pattah yg oke banget... makasih atas dukungannya bang dan salam sukses selalu buat bang pattah :)

wahhh bagus banget nih tips kang... sangat bermnfaat banget dah...

udah lama kagak kemari eehhh ternyata kang farhan update yang sangat bermnfaat nih... makasih ya kang..

wah dari kemaren bagi-bagi tips trik manteeb sobat ^_^
langganan deh sama artikel sobat

keren banget tipnya

Kikikikikikikkk..baru muncul langsung bikin gebrakan ya Kang..hahahahahyyy..semangat dongggggggg.

Kang Farhan nggak poelang Kampoeng ya...??? Nach sekarang saya ketemukan drngan personal blog ane yang baru saja jadi.Agustus yang lalu...he,,he,,he,,Salam

Iya nich mastah..la,a Kang Farhan nggak muncul ya...Sekarang Hobbynya FB-an...mau cari bini muda katanya..ha..ha..ha..

kangen kang, lama ngga ada kabarnya, semoga jelang 2013 ini, akang sehat juga keluarga juga demikian.
ditunggu kabar beritanya didesa kang!!

om farhan baru muncul :D
ini tutorial cuma buat autorun-nya saja ya om? kirain buat antivirusnya :D

wkwkwkkwkw...ohhh jadi gitu ya bang Bodin pantesan kang Farhannya jarang muncul kepermukaan..hahahahyyy

.: TQ 4 ur share, berarti anti virus ane ga' bisa pake beginian...^_^

ssttt...kang farhan lagi ngumpet...xixixi...hahayyyy

kunjungan perdana :) sambil baca2
visit n koment back y dblogq :)
skalian follow blogq y nnti ak folback

Sy stres klo masalah virus kang..
Jadi trik menanamkan AV di media read only yang ini sptnya memang anti bocor kang..
Sy baru tahu juga klo clamAV bisa portable..
Thanks sharingnya kang..

Sepertinya kudu dicoba... keseringan install gara-gara virus merajalela (@.@)/

dalam rangka silaturahmi gan...
tutorialnya sangat membantu. kebetulan komputer butut ane sering banget terkena virus.
ijin untuk mencoba triknya gan...

waah cara ini ampuh kaga mas ??? :D


Emoticon Emoticon