3 hari menyimak Uniknya Singapura

Assalaamu'alaikum, senang bersua kembali dengan sahabat bloggerku. 3 hari menyimak uniknya Singapura sengaja saya jadikan ' headline news ' untuk kali ini itung-itung berbagi pengalaman saya kemarin diajak si Bos jalan-jalan di negeri multi etnis tersebut. walau capek, ternyata tak sebanding dengan ilmu baru yang saya dapat dan hanya kata ' wowww ' itu yang sering terlontar di setiap kaki melangkah.

3 hari 3 malam di Singapura terasa kurang banget menikmati suguhan kota kosmopolitan yang atraktif dan menarik. Jalanan yang bersih, penduduk yang taat hukum, proprety yang tertata rapi dan segala suguhan yang menarik sebagai daya pikat sekaligus jujugan turis mancanegara memang layak disematkan di negara Singapura. lho... ini admin mau fokus ngomongin apa ya ? kok muter-muter menyanjung negeri orang lain daripada negeri sendiri, hehe... nah itu yang ingin saya ungkapkan dan sekaligus bikin saya takjub di negeri yang cuma seluas 271,8 mil2 ini.

Menyimak uniknya Singapura dibandingkan negara kita selayaknya dijadikan ilmu baru untuk lebih mencontoh budaya hukum dan tata kota yang dinamis sekaligus multi etnis yang aman dan teratur yang saat ini dijadikan rujukan para wakil rakyat ' jalan-jalan ' ke luar negeri yang konon katanya untuk ' study banding ' . nah apa saja yang menarik di singapura ?, ini pendapat pribadi saya 3 hari disana :
  • Jalanan, kalau di indonesia banyak bertebaran sampah, di singapura akan berbalik 180 derajat. jalanan yang bersih, taman yang asri, saluran air yang bersih menjadikan mata selalu fresh mengunjungi setiap sudut kota. di sana semua air yang keluar dari kran-kran layak minum. makanya kalau sobat berkunjung ke singapura ndak usah repot-repot beli air mineral yang mahal, disetiap sudut kota dan perbelanjaan kita jumpai kran-kran untuk umum layak minum.
  • Keamanan, ini juga yang membuat saya kagum, disana selama 3 hari saya tidak melihat Polisi satupun yang patroli atau ber-lalu lalang dijalanan. lho kok bisa aman ?, di singapura semua kemanan di-handle dari kamera CCTV yang bertebaran di setiap sudut jalan, mall, hotel dan pusat-pusat keramaiaan. selain itu, setiap warga negara sudah faham betul akan aturan hukum, jadi aman banget deh disana.
  • Hukum, di singapura hukum yang diberlakukan sangatlah ketat dan tidak dapat diintervensi alias ' main mata'. Denda di setiap pelanggaran juga sangatlah tinggi, contoh: membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda 1,6 juta rupiah, merokok disembarang tempat denda 2 juta rupiah. andai kita bisa seperti itu, bersihlah negeri kita ini.
  • Ekonomi, sebagai salah satu dari julukan ' empat macan asia ' di bidang ekonomi, singapura paling handal di wilayah asia tenggara. pajak yang begitu besar, pelabuhan tersibuk di dunia dan pusat pertukaran mata uang terbesar keempat dunia menjadi jujugan para ekspatriat asing membangun pundi-pundi uang di singapura.
  • Transportasi, dalam hal pelayanan publik singapura terkenal paling memperhatikan kepuasan dan ke-simple-an. kita akan jarang melihat mobil-mobil antri macet di jalanan karena pemerintahan disana sudah menyiapkan berbagai alat transportasi cepat dan nyaman seperti MRT. mengapa jarang yang punya memakai mobil ?, bukannya warganya tidak punya uang, tetapi sudah menjadi rahasia umum bahwa untuk mengurangi tingkat emisi dan kemacetan di singapura di kenakan pajak yang begitu tinggi bagi kendaraan.
  • Tata kota, dari segi tata kota singapura adalah Top modelling-nya. dengan negara yang begitu mini, singapura harus memutar 'otak' untuk menjamin kenyamanan dan kelancaran segala sektor-nya. kalau kita lihat pagi hari yang macet seakan tidak ada, padahal banyak pekerja dan anak sekolah yang masuk pagi hari. ternyata, pusat keramaiaan lalu lalang ada di bawah tanah. jadi jangan heran kalau kita naik kereta ternyata di bawah tanah kereta tadi masih ada pusat keramaian. hebat sekali teknologi bangunan disana.

Sudah sekian dulu ya sobat, kalau cerita semua pasti nggak ada habisnya, saya cuma bisa bilang amazing atau wooww. Semoga sekelumit oleh-oleh cerita 3 hari menyimak uniknya singapura bisa menjadikan inspirasi kita untuk mengambil contoh yang baik dari negara tersebut. yang ' Good ' kita ambil yang ' Bad ' kita buang jauh. Maaf kalau terlalu panjang ntar sobat ngantuk bacanya... hehe. wassalam.
Previous
Next Post »

38 comments

  1. 3 hari tuh serrrrrruuu, pasti pengen kesana lagi :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...iya mbak...pengen lagi...tapi duit habis...tongpezzz...hahayyy

      Delete
    2. klo kesana lagi sob, ajak2 yah :D

      Delete
    3. haha...iya ntar kalau GA udah terkumpul bareng2 para blogger....atau si google kita suruh jadi donatur blogger pa gimana...hahaha

      Delete
    4. haha, iya sob, boleh juga tuh jadi ajang besar2an berkumpulnya para blogger :D

      Delete
  2. saya mau kesana tapi gak ada duit .. ya semoga saja GA saya segera cair dan bisa kesana .. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...sama mas... saya juga kehabisan BBM...GA belom cair....xixixixi

      Delete
  3. wah jadi kepengen untuk jalan jalan keluar negeri kang.
    kalau boleh tau ongkos untuk back packer an ke negeri singa berapaan ya kang hehehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...kalo paket pahe untuk backpacker PP 900rb cumaan mas...yg mahal '
      tetek bengek'nya yg ini yg itu disana mas....hehehe... saya aja gratisan mas disana...klo ngk diajak ya ngk berangkat....hahahaha

      Delete
  4. wah jadi ngiri ama bang farhan, jujur bang sema sekali belum pernah ke luar negri, cuman keluar rumah aja seriing, hhhehee.... oh ya bisa kox bang, langsung kirim alamat lengkao ke email aja bang ya,no telpn juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Saya cm ngikut atasan aja mas... Lha mlah klo ngk ikut katanya gajinya dipotong..kan berabe...hahaha....
      O iya nt tak ngirim alamat ahhhh..diapa tahu dapet...asekkkk

      Delete
  5. Wowwww...keren bisa berkunjung kesana. Klw masalah yg ada di bbrp point di atas Indonesia bukan tandingannya. Apa sih yg bisa di lakukan Indonesia..? pejabat negara udah tidak mau tau ttg negaranya, yg penting saku tebel ...hahahah. Parah !!!!

    ReplyDelete
  6. enak ya kang bisa jala-jalan ke singapur..hehehe

    kapan ya saya bisa kesana. nunggu dapet hadiah kalee..xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...huenak banget...pengen kesana lagi...tapi jg nunggu dpet gratisan....hahaha

      Delete
  7. kapan bisa pergi ke sana ya >.<
    kota nya indah gk kaya di jakarta -__-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. jauh banget dari pemandangan jakarta yg ruwet mas....sip pokoknya disana....gak ada asap sedikitpun...hehe

      Delete
  8. banyak benar orang Indonesia yang pergi ke negara Singapura,, dan selalu membawa pulang oleh2 berupa info tentang negara itu yang konon kabarnya superbersih, tidak seperti di Indonesia yang masih amburadul bagi sebagian orang...jaadi penasaran dengan Singapura..suatu saat nanti saya juga ingin berkunjung kesana...kalau punya boss seperti Bos-nya admin blog ini, yang berani ngajakin pegawainya ke Singapura.....ngarep.com ,
    salam hangat dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bang... lha iya nggak ada orang indonesia ygbaru kesana terus memuji2 negaranya sendiri malah sebaliknya...hehe..heran juga aku bang...
      insya Allah bang hariyanto juga akan bisa kesana suatu saat...aamiin... tak doakan bang

      Delete
  9. Asik banget...
    Kapan saya bisa ke Singapura :(
    Oleh2nya pak hehe :D

    ReplyDelete
  10. terima aksih untuk info singapurnya nh kang farhan.. :)
    kayanya bole tuh ke singapura untuk muncari Suaka,, jehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih balik bang... ntar kita bareng2 ngumpet kesana ya mas...hahayyy

      Delete
  11. Keren banget kang.
    pengen ke singapura jadinya.

    semoga postingan nya bisa jadi pelajaran bagi kita masyarakat Indonesia untuk menjadikan negeri ini lebih baik lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga lebih memotivasi negeri kita tercinta bang...hahayyy

      Delete
  12. Masih ndak kebayang bisa sampai kesana, ndak tau kalau ada yg ngajak. hohoho

    ReplyDelete
  13. wahh keluar negeri gak ngajak ngajak :D

    ehhh ini kunjungan perdana saya kesini ^_^

    ReplyDelete
  14. wah enaknya bisa ke singapura :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayukkk...kapan2 bareng kesana mas...hehe

      Delete
  15. keren trip nya ... jadi ngiri.. pingin kesana juga :p

    ReplyDelete
  16. wah..habis melancong ya mas..? Enak tuh bisa refresh pikiran ma cuci mata. Haha.. Singapura mskipun luas wilayahnya kecil tpi merupakan sebuah negara maju. Infrastrukturnya jg sudah bgus bget. Makanya jadi rujukan para investor utk menanam modalnya disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas...jalan2 gratis...klo ngk gratis mana kat dikantong mas...hehehe...sippp pokoknya ... bersih..aman dan tertata rapi infrastrukturnya di singapura...indonesia kapan ya mas :)

      Delete
  17. saya belum pernah ke Singapura, pengen juga ni berlibur disana lagian kan dekat..
    nice share dan salam kenal

    ReplyDelete
  18. jadi pengen jalan jalan ke singapura kalau ane udah sukses gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...jangan nunggu sukses dulu bang... nunggu gratisan baru sukses ntar....heheheh

      Delete
  19. ihhh enaknya di sana pengen ke sana , kunjungan pertama gan , salam kenal yoo

    ReplyDelete
  20. enak nih mas traveling ke singapura,,,,belum pernah kesana!
    HAHAHA

    ReplyDelete
  21. mampir neh gan, lam kenal, katanya bersih kotanya bener kah..?

    ReplyDelete

Partner Site