06/02/2013

Misteri Page Rank Blog Dummy

Assalaamu'alaikum, Bila tidak salah tanggal 4 februari 2013 kemarin 'mbah' google mengeluarkan kabar gembira berupa pengumuman update PageRank. tentu saja saya sebagai admin blog ini juga ikut mengintip siapa tahu kebagian jatah naik kelas. ternyata Ruang Sharing tidak jadi naik kelas 3 dan tetap nongkrong di kelas 2. lain lagi dengan misteri page rank blog dummy saya yang naik PR-nya bulan ini.



Kaget juga setelah saya iseng melakukan cross check PR untuk blog dummy saya yang lama tidak terurus dan memang pembuatannya dulunya sekedar ' iseng ' ternyata mengalami lonjakan pagerank. Terkejut bukan tanpa alasan, dengan jumlah postingan tidak lebih dari 20 post disertai jumlah komentator yang minim atau hampir tidak tersentuh komentar sama sekali, template yang acak-acakan,rank alexa juga gemuk banget, plus jumlah pengunjung yang tidak melebihi angka 100 setiap harinya tentu saja tidak berharap lebih dengan adanya update PR dari google. tapi dugaan saya luntur setelah PR 2 bercokol di blog dummy-ku. bila sobat ingin tahu salah satu blog dummy-ku yang baru saja dapat PR 2 silahkan berkunjung di sini.

Saya pribadi menjadi optimis dengan blog-blog dummy saya yang lain dan semakin ingin mengkaji sejauh mana nilai-nilai dan trik SEO bisa menakhlukkan raja search engine ' Google '. berikut ini pendapat saya menurut kacamata pribadi saya tentang misteri page rank :

  1. Optimasi tag-tag meta dan optimasi script html di setiap sudut template blog tentu akan menambah daya pikat dan daya saing di mesin pencari, ini tentu dilakukan bagi master-master SEO. tetapi, banyak juga sobat saya yang meraih page rank tinggi tanpa optimasi sedikitpun script di template-nya, begitu juga salah satu blog dummy-ku.
  2. Secara berkala Update postingan, akan mempercepat kenaikan PR kita. tetapi, banyak juga blog yang jarang update dan dengan postingan minim jumlahnya dapat merangkak naik PageRank-nya.
  3. Promosi Blog. kehebatan hasil promosi blog baik itu berkunjung ke sahabat blogger atau saling bertukar link juga akan mempercepat terkenalnya blog kita dan berdampak naik-nya PR. tetapi, banyak blog yang minim komunikasi, jarang bergaul dan terkesan monoton mendapat peringkat juga dari google.
  4. Banyaknya yang berkomentar. ramainya blog salah satunya bisa dilihat seramai apa blog itu di jejali para komentator. memang benar-benar membantu sekali meningkatkan popularitas blog. Ruang sharing ini dulu dengan berbekal 3 bulan sejak dibuat bisa meraih PR 2 sekaligus. tetapi, banyak juga blog lain yang juga kebalikannya, selain hampir ' 0 ' komen juga sepinya kayak 'kuburan' seperti blog dummy -ku. hehe
  5. Membatasi spam yang masuk. spam dan link-link sampah yang betebaran di setiap sudut blog kita akan sangat merugikan pemilik blog. maka dari itu walau banyak yang tidak suka membuat jebakan verifikasi kata di kolom komentarnya tapi itu banyak dilakukan blogger untuk membatasi spam-er bergentayangan. 
Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang kadang menurut kita berbau SEO kadang justru kalah dengan blogger yang 'polosan' tanpa mikir apa itu SEO. banyak yang utak atik template cuma untuk mengejar PR sedang disisi lain blogger yang tidak aktif bersantai ria tiba-tiba mendapat berkah page rank. 

Itulah sekelumit misteri yang menyelimuti ' Tata cara' dan 'ritual' update page rank oleh Google. jadi cara paling aman dan paling jitu untuk menebar jaring PR  adalah Konsisten dalam menulis hasil karya sendiri, rutin, unik dan bukan hasil kloning dari karya orang lain. 

68 komentar

kalo punyaku masih N/A pak karena masih baru ganti domain kemarin :D

Hmmm dari tadi bw mendapat pencerahan! kesimpulannya update posting yang orisinil :)

hehe...saya dulu juga begitu...mending kalo pindah domain setelah update ini pasti punya abang putra besok langsung melejit...hahayyyy

hehe...bener mbak bastari...selalu orisinil kayak di ruang sharing ini...hahayyyy

wah udah update aja PR google ya bang, mkasih coba cek ach :)

page rank memang penuh misteri sobat....tak ada yang dapat menebak dengan pasti kemana arah pergerakannya...hanya bisa memprediksi atau memperkirakan...salam :)

punya saya kok aneh ya om? kemaren2 PR 2, pas dicek lagi malah PR 1 ??

bang pattah tetep hebat tuh pr2...hahayyyy

bener bang...bnyak pakar seo saja bingung apalagi saya yg awam gni...bisa puzinnnggg....ttpi semangat ngeblog makin ditingkatkan plus orisinil pasti naik...kata mbah google sihhh...hehe

wahhh.... masak sih bang...berarti harus giat ronda lagi nih bang...hahayyy

Kemaren blog saya fokuskan pada ALEXA dan alhamdullilah usaha saya terbayar dengan ALEXA yang makin ramping,kalau sekarang saya mau fokus pada PAGE RANK..dan saatnya memakai ILMU PELET yang sdh lama tidak saya pakai..hahayyy..

PR saat ini sangat bersahabat dgn blog saya..hehehe. dpt bagian jatah :) mksh kang infonya

Alhamdulillah.. PR saya juga nambah ...

hehe...selamat ya mbak indah dah dapat PR3...mantep

Postingan ini sangat berbobot, karena ada sisi provokatif nya..hihi! Tapi secara garis besar saya suka pendapat sobat soal indikasi SEO, mengingat kata 'mattcutts' ; jauh lebih baik yang "sederhana" daripada yang kemana-mana! Nice blog anyway.. :)

.: sabar kawan, keputusan google mutlak dan tidak bisa diganggu gugat...^_^

hehe...provokativ plus plus critanya mas...haha...sederhana tapi mengena....

hehehe...keputusan yang kita ngk tahu gmana cara buatnya....hahaha

Pusing kalo mikirin PR. Mending cari duit aja, karena perut gak mempedulikan PR. Hehehe

memang bener, PR itu misterius. blog dumy saya juga dapet cipratan PR1 yang hampir tiga bulan gak di urus. isi postingan cuma 8. memang aneh..hehehe

trus blog baru saya yang usianya belum ada 2bln dapet PR2. justru blog lama malah gak naik tetep seperti semula.

hehe...setuju agan... cari duit plus nambah tenar blog kita...hahayyy

wuihhh...itu yang namanya misteri mas...hehe...selamat pr 2 nya ya mas

mantabslah kalau begitu...keep happy blogging always sobat :)

Google PageRank memang masih misteri ya kang, kadang aneh juga, point-point diatas dan banyak lagi tutorial mengenai bagimana cara menaikkan pagerank, ternyata terbantahkan dengan kenyataan ini...pusing hehehe..blog saya juga masih betah di kelas 2 kang:}

Waduh kacau mas PR blog punyaku malah turun kelas mas jadi 2 hadeewhhhhh ... tapi tetap optimis deh mudah2an bisa naik lagi ntar.

bisa juga karena(maaf) blog baru hampir rata2 yg signifikan buat mendapt kejutan dari PR utk update yg kmrn...
Di ibaratkan bagai kaset kosong ..daya serap rekamnya kuat sekali..untuk tukar link apalagi sering ksh komen ke blog yg ber PR tinggi..di tambah biasanya pula blog baru..syarat di dalamnya sedikit atau malah ga ada link yang rusak..sedang google..paling ga suka blog yg byk brokn link nya...
kmungkinan faktor memasang tampilan blog dg G+ dan pemasangan captcha(yg dianggap sepele)ternyata berpengaruh besar buat kenaikan PR..

smenjak compi rusak..alhasil 5 bln-an ini aktifitas BW sya hya puas pke hp aja...hihi

jd blm sempet pasang aksi hehe...hy fokus bisa update. dan terpebting bisa BW-an ke tp sahabat...
lha..maf ya mas..malah ngalor ngidul alias oot..ya
salam :)

Waduh PR Saya kayanya ga goyah-goyah tuh, macet, benar-benar sebuah misteri.

Salam kenal Sob.

hehehe...menyimak paparan mas budi asik juga...jadi banyak variasi misteri PR ya bang...mantep bang

hahayyy...salam kenal balik bang...sukses selalu

bener banget tuh kang...
blog saya yg lama dan ga keurus bisa tiba2 dapet page rank yg lumayan...

wah blog-ku masih aja 0 tuh, pembagian pagerank gak merata hiks :(

http://oldsunday.blogspot.com

hehe...blog abang hebat tuh bang...mantepppp

semangat mas.... aku aja ngk naik kelas kok...hehehe

berhubung blog saya masih baru, sekarang fokus untuk menaikkan traffick dulu mas sambil belajar optmisasi SEO juga. Alexa aja no data apalagi pagerank masih 0 besar. postingan yang bermnfaat..trimakasih mas.

setelah baca misteri pagerank menurut kacamata kang farhan ternyata blog saya masih butuh banyak sentuhan nih :) soalnya yang sudah berjalan pada point ke-2 doang kang, yang update postingan berkala.
thanks infonya kang..

wah selamat bro blog dummynya dapat pagerank bagus dari google, kalo blog ane mungkin karena lama ga keurus jadi ga naek2 kelas, bahkan sekarang mulai tercecer seonya :((

Selamat ya sob...
Kalo PR blog saya 2 bulan dapet 2 PR

wah punya saya juga masih betah nongkrong di PR 1 tuh mas..

hehe....saya malah kadang berkala kadang blasss gak posting bang....hahaha

wahhhh mantep tuh bang....jadi iri...hahayyy

sejak awal saya sudah sedikit agak kurang memperhatikan soal perolehan pr,karena algoritmanya yang sangat membingungkan seperti yang sobat kemukakan di atas,ada beberapa blog saya yang yang juga tak terurus tapi mendapat pr dan yang tertinggi adalag blog saya yang berjudul aspalting teknologi [http://www.aspalting-technology2012.tk],malah dapat pr 2 padahal sama sekali tidak ada optimasi seo di sana,parahnya lagi tidak ada uopdate artikel saat2 terakhir google update pr,kata beberepa master seo,pr sekarang ini cuma sekedar hiasan yang penting bisa menjadi raja di search enggine dan memang untuk seo sekarang ini pr bukan lagi sebuah jaminan,terbukti beberapa artikel saya dapat menguasai search enggine mengalahkan yang beberapa blog yang punya pr tinggi di banding pr blog saya,dan sekarang ini saya lebih fokus pada GA karena ini yang lebih menjanjikan hehehehe,...wah GA di sini keren2 salam TOP saja lah hehehehe

wahhhh....makasih bang masukannya.... mantap abis pokoknya support abang...makasih mas

Page rank memang misterius :)
Kalau saya sepertinya keseringan up date, selain postingan sendiri dan pesanan, guest post sampe ngantri.
Sempat khawatir akan berakibat ke turunnya PR karena banyak link keluar, bersyukur masih bisa bertahan.

hebat nih mbak lia... updater sejati... malah bagi sebagian blogger ngk terlalu memusingkan PR...yg penting heppy gtu katanya sih...hehe....makasih mbk lina

hedeh saya juga bingung sob gimana perhitungan PR blog, blog temen saya aja dapet PR2 padahal baru punya backlink dikit.. nah blog saya punya backlink sana-sini juga dapet PR2 -__-

hehe...sama saya malah bingung karena ngk tahu ilmunya PR...xixixi...semangat mas hanif

saya jga bingung sama google tentang penilaian pagerank kang, hehehe
padahal saya gak mikirin SEO dan gak master tapi kok masih belom dapat pagerank yah, wkwkwkwk :D

wah motivasinga keren sob...termasuk aku juga..ga ngerti seo, ngeblog tanpa terget and asal-asalan saja...tapi setelah menyimak artikel ini, aku jadi tambah semangat sob...salam...

Wah hedod lah kg,
sim kuring bade ngiringan ieu cara mudah-mdah jadi lebih semangat n lebih hade kaya punya akng.. :) hhuuehehehhe

wah selamat ya dapat pagerank 2 keren... baru2 ini juga ku terkejut karena beberapa hari ga nengok blog karena modem pulsa habis, tau tau pas buka blog lagi ko dah dapat pagerank 1 padahal blog ku juga masih belum banyak pengunjungnya...ku kira blog yang dapat pagerank itu ya yang sudah langsing rank Alexanya..

Emang bener misterius aja nih Google. dulu saya dapat 4, 3, sekarang 2. Padahal semakin sering saya update kontennya

haha... bisa aja ni abang....xixixi

hehe...saya jadi tambah suemangattttt.... karena master2 banyak yg nimbrung disini....hahayyy

Namanya saja PR, bisa dikerjakan sendiri atau bersama?
(Ups! Itu PR dari sekolah atau PR-nya Mbah Google?)

Sesuka hati mbah Google saja.

Kang Farhan, ikutan blog ruang sharing nomor 268. Silahkan dicek kang!

Ini terjadi di Blog saya kang, padahal sy ndak paham SEO. Parahnya lg Blog saya masih berumur 40 hari langsung dapat PR 3. Lantas Google memberikan nilai 3 itu berdasarkan apa? bingung yah?

Saya punya 4 blog dummy dan ke empatnya punya page rank. padahal jarang update...dijadikan aja sbgai sumber backlink. benar enggk sob...terima kasih atas penjelasannya..!
salam sukses!

hehe...nah itu mungkin yg terjadi pada blog dummyku bang...saya malah punya 6 dummy...sstttt jngn keras2 ntar ketahuan...hahayyy

google memang aneh dlm menentukan page rank...ad blog yg hnya 1 artikel tapi dpt pr 1...kan aneh!


Emoticon Emoticon