Sisi isi hati manusia

Assalaamu'alaikum sahabatku semua, Dalam dunia Motivasi ada suatu analisis dari sisi isi hati manusia. kemudian muncul pembagian dari istilah dan kriterianya. Dalam hati manusia ada dua bagian yaitu rasa takut ( fear ) dan Hope. mengandung makna apa saja bagian itu ?, yuk sama-sama kita bahas singkat, padat dan insya Allah penuh makna.

Bagian pertama yaitu FEAR, rasa takut. saya rasa sobat dan kita semua mempunyai rasa takut dan takut itu yang menanamkan benihnya adalah Tuhan Sang Pencipta rasa Takut yaitu Allah. Setiap orang harus mempunyai rasa takut yang dalam bahasa arab disebut 'khauf'. tapi, rasa takut yang bagaimana yang diperbolehkan agama ? tentu saja ada ketentuan - ketentuannya dan ketentuan itu mutlak adanya. Takut hanya dibenarkan dalam 3 hal yaitu : Takut kepada Allah, takut pada siksaNya dan takut melanggar perintah-perintahNya. itu rasa takut yang wajib tertanam bagi setiap insan yang beragama bukan ateis ( tidak berTuhan ).

Bagian yang kedua, yaitu yang disebut dengan HOPE. kalau hidup hanya mengandalkan rasa takut saja, saya khawatir jangan-jangan kita akan berada dalam sebuah ketakutan yang luar biasa hebat. sehingga, tidak berusaha melakukan beberapa tindakan-tindakan. khawatir takut berbuat dosa tapi tidak melakukan tindakan berbuat yang sekiranya menjauhkan dari perbuatan itu. Hope disini adalah ' rasa harap' , siapa yang menumbuhkan rasa harap ? tentu saja Tuhan kita yang menumbuhkan rasa itu.

Kalau ada seseorang yang merasa takut menjadi over dosis dia akan menjadi orang yang ANCIETY , berada dalam kecemasan. kecemasan menghasilkan depresi dan depresi akan menimbulkan frustasi, sehingga akhirnya frustasi akan menggiring seseorang yang lemah imannya melakukan bunuh diri. tahun 1978 menurut catatan WHO ada 10 penyebab kematian di bumi ini. yang menempati ranking pertama adalah kasus bunuh diri. di amerika setiap 3 menit ada terjadi 3 kasus bunuh diri di tahun 1978. kenapa seperti itu ? karena mereka mempunyai rasa takut berlebihan tapi tidak mempunyai filter terhadap ketakutannya.

Nah, apabila kita tata sedemikian rupa rasa takut dan harap ini maka apa yang terjadi ?, terjadi keseimbangan, itulah yang disebut dengan WISDOM, kebijaksanaan. rasa keduanya mempunyai komposisi fifty-fifty , setara dan tidak berat sebelah. bila sudah demikian maka muncullah orang-orang bijak yang berhasil menata hatinya.

Semoga Motivasi hati singkat diatas dapat memberi pencerahan dalam kehidupan kita semua, semoga kita selalu bijaksana dalam menata hati dan pandai bersyukur dengan nikmat yang telah diberikan kepada kita tanpa ada keluh kesah. Wassalam.
Previous
Next Post »

23 comments

  1. Terimakasih gan udah share :)

    ReplyDelete
  2. betul kang sayapun setuju dengan uraian diatas, terimakasih atas pencerahannya kang

    ReplyDelete
  3. dua sisi yang berbeda tapi bisa jalan bebarengan dengan porsi yang seimbang, ya takut , ya berharap.
    takut kalau dalam konteks beragama pasti takut nya harus total dong kang, misal takut Allah , takut dosa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas agus...harus takut secara kaffah alias total pada Allah dan menjadikan Hope kita juga seimbang dengan rasa takut tersebut...makasih mas agus :)

      Delete
  4. management qolbu emang mesti balance...

    inget tweetnya tina talisa: a success life is a balance life...
    seperti itu kalo gak salah.

    berarti kalo dari dalamnya udah bener, segala sesuatunya juga bakalan bener.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam hati yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula ya mas.... :)
      makasih mas uyo

      Delete
  5. Selama ini kalo akan melakukan yang "melanggar aturan Allah" ada dua hal yg pasti dipikirkan,
    .Takut akan siksanya
    .Selain itu masih berpikir lagi "toh besok masih bisa tobat" mending lakuin aja. :D

    Takut kepada Allah, ini yg harus dan wajib, Alhamdulillah diingatkan :)

    ReplyDelete
  6. Waduuuhhh ada yg ketinggalan...
    Hahahahayyyy :D

    ReplyDelete
  7. tulisan yang bagus kang,, cukup memberikan pencerahan,,,

    ReplyDelete
  8. Pencerahan yang luar biasa nih kang... terima kasih dah berbagi...

    ReplyDelete
  9. Terima kasih kang Farhan Pencerahannya

    Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas boku....semangat terus :)

      Delete
  10. tulisan yang unik dan fres... rasa takutlah yang membuat kita hati hati... dan sangat setuju.. rasa takut bisa mengngatkan kita sama tuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah selalu fresh mas tulisannya...hehe...makasih mas fendy

      Delete
  11. Penting nih utk remaja saat ini, rasa takut saat ini sudah sangat berlebihan bahkan sudah menyimpang dari agama. rasa takut itu tidak berlandasakan krn Allah, melainkan hal sepele yang merugikan diri sendiri. GALAU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Galau musti dilawan ya mbak indah... :)

      Delete
  12. takut dan harapan, sebuah sisi yang berbeda, akan terjadi harmonisasi jika kita bisa menempatkan keduanya dengan benar ya kang, intinya seimbang antara keduanya, trims kang, mencerahkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selalu ada hitam dan putih ya mas...semoga putihnya selalu menempel paa kita semua....aamiin ..makasih bang barezy

      Delete
  13. terimakasih kang pencerahanya...takut dan harap bila seimbang jadi mantap ya kang

    ReplyDelete
  14. rasa takut akan selalu menghantui manusia, tapi paling tidak mesti tau kapan waktunya untuk takut....

    ReplyDelete
  15. tp makin kesini makin byk aja tuh kasus2 bunuh diri.. itu berarti apakah manusia sudah jauh dari Tuhannya?

    ReplyDelete

Partner Site