Solusi murah pejabat daripada ke Luar negeri

Assalaamu'alaikum, setelah hari-hari kemarin posting tentang dunia Motivasi sekarang saya bawa sobat semua menengok solusi murah pejabat daripada ke Luar negeri. wah, ini cas cis cus-nya agak sedikit nyerempet ke ruang pemerintahan jadi admin harus ekstra hati-hati dalam menyampaikan uneg-unegnya...hehe, tapi tidak apa-apa, kan jamannya keterbukaan dan bebas ber-ekspresi tapi 'dijalur' yang benar.

Seperti kita tahu, betapa banyak kita mendengar berita tentang para pejabat kita yang konon katanya Kunker atau kunjungan ke Luar negeri, yang konon katanya lagi bertujuan untuk 'studi banding'. entah apa yang mau dibandingkan dan entah apa yang ingin dipelajari tentu beliau-beliau lah yang tahu tujuan sebenarnya. dan saya sebagai penikmat berita tentu 'manggut-manggut' saja dengan acara 'pelesir' tersebut. walau dalam hati saya pribadi ada sedikit ganjalan tentang pentingnya kunjungan plus 'jalan-jalan' ke luar negeri.

Dari kesekian alasan yang dilontarkan oleh bapak-bapak wakil rakyat kita tentunya agar dapat menarik simpati dan di 'iyakan' oleh sebagian besar masyarakat tentunya harus mengeluarkan 'alasan' jitu agar lolos dari segala polemik di kemudian hari. Dan yang sering kita dengar dari kesekian alasan tersebut adalah Kunker adalah untuk tujuan Studi banding dan peningkatan kinerja pemerintahan. sekali lagi saya yang mendengar juga maklum dan manggut-manggut ( walau masih 'mengganjal'). 

Belum sampai disitu, dengan adanya era keterbukaan maka biaya 'jalan' ke Luar Negeri juga dibeberkan ke Publik. Nah disini baru admin ( saya ) yang paling tidak setuju, walau dalam hati sih nggak setujunya...hehe. dari beberapa contoh kunjungan ke Luar negeri Biaya yang dikeluarkan Pemerintah luar biasa banyaknya, andai itu dipergunakan untuk keperluan khalayak banyak tentu lebih bermanfaat. Kemudian muncullah ide dari beberapa praktisi dan masyarakat yang 'melek' teknologi, ide apa itu ?

Ada Ide dan solusi murah Untuk pejabat kita agar hemat energi dan anggaran. salah satunya adalahpemanfaatan dunia IT yang sudah sedemikian kompleks dan luas. berikut solusi murahnya :
  •  Search Engine, dengan menggunakan search engine semacam google dan sejenisnya para pejabat kita tentu tidak usah direpotkan dengan berbagai solusi yang mengganjal, banyak contoh yang dipecahkan dengan bantuan search engine. kemudian ada pertanyaan, lalu bagaimana dengan cas-cis-cus nya di dunia maya ? kan pejabat butuh bertanya pada yang bersangkutan ? ( yang dikunjungi ). ada solusinya di bawah ini.
  • Email, dengan adanya surat elektronik tentu sangat menghemat waktu dan tempat. tidak perlu para pejabat kita mengeluarkan tenaga dan suara tapi cukup dengan saling berkiraim surat elektronik kepada pejabat luar negeri yang bersangkutan
  • Video Streaming, atau yang sering disebut live cam, ini adalah solusi paling mujarab yang ditawarkan teknologi sekarang ini. dengan Live streaming maka pejabat kita akan mudah melakukan pembicaraan tanpa harus ada jamuan-jamuan khusus yang menghabiskan anggaran di kedua belah pihak. simple dan praktis.
Nah, dari ketiga solusi diatas mungkin ada para pejabat kita yang sudah melakukannya, dan seyogyanya hal itu bisa dijadikan contoh untuk beliau-beliau yang lainnya. walau ada kekurangannya bila berbicara lewat live streaming ( karena dianggap kurang sopan ), tapi bila hal itu sudah menjadi suatu kebutuhan maka keadaan ' kurang sopan ' tersebut akan semakin terkikis. kalau menurut saya sopan-sopan saja melakukan live streaming seperti itu...hehe. Wassalam.
Previous
Next Post »

9 comments

  1. entahlah kang, pusing kalo denger berita ttg para wakil rakyat yg ingin "plesir" ke negeri orang, Indonesia kan lebih indah!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha,,,iya ya mas...indonesia lebih indah ngapain ke luar negeri...haha

      Delete
  2. mungkin pikiranya mumpung jadi pejabat kapan lagi bisa plesir secara gratis..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kalau saya dan mas dins yang jadi pejabat apa seperti itu ya mas...hehe

      Delete
  3. karena semua itu mudah dan nir biaya mas, kalau kangsung ke tempatnya kan ada biaya ini itu yang bisa masuk kantong dengan mark up

    ReplyDelete
  4. solusi yang jitu kang, jaman gini masih repot-repot datang ke lokasi hanya mencari sedikit informasi, mending googling, hemat waktu dan biaya..

    kecuali niatnya jalan-jalan sih lain masalah kang hehe....

    ReplyDelete
  5. pengen jadi pejabat jadinya... hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane mau jadi bos microsoft sama google aja cukup hehe :D

      Delete
    2. wah jadi number 0n3 bang klo jadi bosnya google... tanpa mikir uang pelesir udah siap semua ngasih uang malahan...haha

      Delete

Partner Site