Definisi kecerdasan kreatif (Anak)

Definisi kecerdasan kreatif. ada banyak sekali pendapat para ahli tentang apa itu kreatifitas, baik itu dari sisi psikologi maupun sudut pandang yang lain. Kreatifitas adalah kemampuan menghasilkan suatu pekerjaan hasil karya baru yang bermanfaat. disisi lain kreatifitas juga dipandang sebagai sisi penting dalam level sosialnya dalam menyelesaikan suatu tugas tertentu. 


Para ahli sependapat bahwa novelty atau sesuatu yang baru merupakan komponen utama dalam suatu kreativitas (Matlin, 1998). Novelty merupakan suatu ide cemerlang yang benar-benar baru yang merupakan penggabungan dari dua hal atau lebih dua pemikiran atau lebih. dilain sisi, kreatifitas tidak hanya dilihat dari bentuk produk saja namun dapat sebuah proses. jika berkaitan dengan suatu produk maka kreatifitas haruslah menghasilkan sebuah manfaat atau kegunaan. sesangkan kreatiitas dalam hal produk haruslah melalui penggunaannya sebagai alat untuk memecahkan suatu masalah (Weisberg, 1986).

Kreatifitas ditinjau dari sisi psikologis bisa asa berbagai pendapat. menurut Psikolog Triantoro Safaria, kreatifitas merupakan kemampuan berfikir secara berbeda dalam berbagai sudut pandang yang fleksibel dan bervariasi. Dilihat dari dimensinya kreatifitas dibagi menjadi Process, Person, Press dan product. Krearifitas juga dilihat dari karakteristik pribadi yanh dilalui oleh individu tersebut. 

Sedangkan kreatifitas menurut ahli (Munandar ), adalah menghasilkan atau menciptakan sesuatu yang baru. Sedangkan menurut Haefel, kreatifitas adalah kemampuan membuat suatu kombinasi yang baru yang mempunyai makna sosial. Menurut Halpern, kreatifitas didefinisikan sebagai aktifitas kognitif atau proses berfikir untuk menjadikan suatu gagasan yang baru dan berguna. 

Dan satu lagi menurut penelitian munandar, ada empat sifat utama yang membuat seorang anak menjadi kreatif, yaitu kepekaan terhadap masalah, aliran gagasan, keaslian dan fleksibilitas. Dari beberapa elemen eksperimen tersebut menunjukkan bahwa keempat sifat utama ini bisa dikembangkan melalui proses latihan dan belajar.

Semoga sedikit penjelasan tentang definisi kecerdasan kreatif dari para ahli psikologi dan peneliti diatas membuka cakrawala cara pandang kita terhadap suatu kreatifitas. semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

2 comments

  1. yang paling penting itu biasa taat kepada sang pencipta kita..

    ReplyDelete
  2. orang pintar dengan orang cerdas, da kreatif sama ga?

    ReplyDelete

Partner Site