Awal puasa dan Lebaran 2015 - 2022 serentak

Awal puasa dan Lebaran 2015 - 2022 serentak. Diperkirakan awal puasa tahun 2015 ini akan serentak sama antara Pemerintah, Muhammadiyah dan NU. Dimana bukan karena ada kesepakatan satu sama lain tapi adanya suatu fenomena alam yang terjadi selama rentang 2015 sampai 2022. 


Fenomena alam yang terjadi adalah posisi bulan yang selalu tinggi di rentang tahun 2015 hingga 2022 itulah yang menjadikan semua pihak optimis kalau penetapan awal dan akhir romadhon bisa dilakukan bersamaan. Sudah maklum kalau di Indonesia menjadi suatu yang wajar kalau setiap penentuan awal dan akhir romadhon tidak menemukan titik sepakat untuk bersama. entah karena kepentingan politik atau murni cara penentuan yang berbeda menjadi pemicu itu semua.

Kepala LAPAN ( Lembaga Penerbangan dan antariksa Nasional ) Bapak Thomas Djamaluddin menyatakan apabila tidak ada perubahan cara penetapan awal dan akhir romadhon maka diantara rentang 8 tahun kedepan ada suatu fenomena alam dimana tinggi bulan selalu berada diatas 2 derajat, yang berarti bahwa kedua Ormas besar yaitu NU dan Muhammadiyyah akan melakukan awal puasa dan idul fitri bersamaan. Perlu diketahui bahwa Muhammadiyah menggunakan sistem perhitungan atau hisab dan NU menggunakan sistem imkanur rukyat (melihat langsung) posisi bulan dalam penentuan awal dan akhir romadhon. muhammadiyah dalam maklumatnya menyatakan kalau awal puasa tahun ini dilaksanakan pada tanggal 18 juni 2015, sedangkan pemerintah belum menentukan tanggal resminya.

Namun Thomas djamaluddin juga mengatakan kalau nantinya bisa terjadi perbedaan penentuan penetapan Idul adha, diprediksi Muhammadiyyah akan mendahului dalam pelaksanaannya. 

Previous
Next Post »

2 comments

  1. Semoga saja bisa 1 bulan full ya Kang Farhan...hahhayy

    ReplyDelete
  2. pengen cepet-cepet bulan ramadhan hehehe

    ReplyDelete

Partner Site