Ini Sebab Lidah gatal ketika Makan Nanas

Nanas sebagai buah-buahan yang kaya vitamin tentu ada layak dikonsumsi oleh tubuh kita. Namun adakalanya buah yang sangat bermanfaat bagi tubuh ini menjadikan sebagian orang enggan untuk mengkonsumsinya karena alasan tertentu. Pernah makan buah nanas tapi lidah terasa gatal ? apakah itu normal ?, yuk kita cari tahu penyebabnya.


Dari penelitian diungkapkan bahwa Nanas memiliki kandungan Enzim Bromelian yang dapat memecahkan protein di dalam air liur. Oleh karena itu seolah-olah lidah, pipi bagian dalam, langit-langit mulut, bibir kadang merasakan gatal yang menyerang. Ketika seseorang mengunyah buah nanas yang mengandung enzim bromelian tersebut maka terjadi reaksi antara enzim nanas dan enzim dalam air liur kita sehingga bisa menyebabkan 'iritasi' sementara yang tidak berbahaya.

Perlukah kita khawatir dengan rasa gatal tersebut ?, tidak usah khawatir karena proses gatal dalam rongga mulut tersebut hanya sementara karena ketika nanas tersebut sudah ditelan maka air liur dan asam lambung akan menangkap enzim penyebab gatal tersebut dan lidah maupun rongga mulut hilang rasa gatalnya.

Bukan hanya Buah nanas saja yang mengandung enzim, Semua jenis buah pasti mengandung enzim yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita dengan reaksi yang berbeda-beda. Buah seperti pepaya, kiwi, anggur, alpukat, pisang, mangga kurma dan kelompok buah jeruk memiliki kandungan enzim yang baik bagi kesehatan. Nah, jadi jangan khawatir lagi mengenai rasa gatal yang menyerang lidah sewaktu makan buah nanas, walau sedikit mengganggu tapi manfaat yang dihasilkan tentu lebih besar bukan ?
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site