Panjat Pinang agustusan ternyata dari Belanda ?

Pernah melihat perlombaan panjat Pinang ?, Tentu sebagian besar rakyat Indonesia pernah melihatnya pada peringatan tujuh belasan agustus sebagai penyemarak hari kemerdekaan Republik Indonesia. Namun tahukah anda dari manakah asal perlombaan panjat pinang di Indonesia itu ? benarkah dari negara Indonesia murni jenis perlombaan tersebut ?.


Diberitakan dari Brilionet bahwa semenjak Jaman belanda menduduki Indonesia sudah ada namanya Panjat Pinang. pihak Belanda mengadakan perlombaan panjat pinang di acara Pernikahan dan acara pesta besar yang pesertanya dari kalangan Pribumi. dimana tuan rumah ( Belanda ) memberikan hadiah-hadiah yang ditambatkan di atas pohon pinang.

Dahulu kala Pohon pinang yang sudah dihaluskan diberi minyak dari lemak hewan agar licin ketika dipanjat. para peserta yang ingin memenangkan hadiah diharuskan memanjat ke ujung atas pohon pinang yang tentu saja harus dibantu oleh teman atau kelompok lain secara bersamaan. Jadi aturannya sederhana, Boleh memanjat asal tidak memakai peralatan selain bantuan manusia lainnya dengan saling memanjat sehingga menjadi tangga manusia.

Di acara panjat pinang sampai sekarang ini masih menjadi primadona dan acara yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Dlam perlombaan tersebut ada pelajaran yang bisa dipetik dan menjadi contoh dalam kehidupan sehari-hari yaitu Nilai kebersamaan dan tanggung jawab. Tidak ada keberhasilan tanpa kerjasama untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan, Itulah pokok dari perlombaan panjat pinang tersebut.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site