Robot Atlas Google mirip Terminator

Sudah pernah melihat Robot-robot mirip manusia berkeliaran di Film terminator ?. Mungkin saja nanti dan tidak mustahil kita akan melihatnya secara langsung di depan kita. Diantara beberapa pembesut robot diantaranya adalah Google mempunyai Robot yang diberi nama Atlas. Robot ini bisa berjalan menyusuri hutan dengan permukaan kasar maupun bebatuan.


Robot Atlas dengan bobot 156 kg ini dulunya dikembangkan oleh Boston Dynamic dan telah dibeli oleh Google pada tahun 2013. Pendiri Boston Dynamic, March Raibert menyatakan bahwa nantinya robot ini akan bekerja tanpa adanya kotak supplay daya yang menonjol di punggung belakang robot ini. Kemampuan menyusuri belantara hutan, kemampuan naik turun dan keluar ke jalur jalan sudah dimiliki oleh Atlas.


Tujuan inti dari penciptaan robot nantinya akan menyerupai fungsional manusia. Atlas memungkinkan menjelajahi beberapa kawasan karena dilengkapi dengan sensor di bagian kepala dan beberapa kamera strereo serta adanya penjejak laser.Dimana sensor-sensor tersebut umumnya juga ada pada hardware mobil yang bekerja tanpa sopir. Hal ini mengingatkan kita akan Mobil pintar tanpa pengemudi milik google yang sudah berhasil menjelajahi keliling dunia dengan sukses.

Nah, kita tunggu saja apa dan bagaimana teknologi robot yang semakin canggih akan memiliki fungsi membantu manusia dalam aktifitasnya sehari-hari dengan banyaknya robot berseliweran di antara kerumunan manusia bak di film-film fiksi ilmiah.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site