3 provider sepakati Balon Internet tahun 2016

3 provider sepakati Project Loon atau balon internet tahun 2016. Balon Internet yang sekarang ini sedang digalakkan oleh pihak google semakin memperluas jaringan dan sayapnya. Dengan tujuan awal proyek balon internet atau loon Project ini dimaksudkan agar semua lapisan masyarakat yang belum tersentuh oleh jaringan internet bisa merasakan dampaknya.

Halangan properti jaringan di daratan memang menjadi pemicu utama penyebaran jaringan internet sekarang ini. Pelosok yang terpencil tentu saja tidak akan bisa merasakan apa itu internet dan menjadikannya sesuatu yang mahal untuk didapat. contoh nyata adalah di indonesia sendiri, dimana internet memang selalu menjadi komoditi utama daerah perkotaan yang notabene selalu lengkap infrastruktur jaringannya.

loon project

Dari itu, Google sebagai pihak yang ingin membangun jaringan internet tanpa kabel dan tanpa tersentuh oleh tanah dibangunlah proyek balon internet yang sudah banyak diuji coba di berbagai penjuru dunia. Halangan infrastruktur bukan hal yang utama dalam proyek loon ini karena pada dasarnya kinerja jaringan didasarkan pada peletakan balon terbang sebagai sumber pemancar idata internet.

Dengan meletakkan balon internet di ketinggian sekitar 20 km sekitar lapisan stratosphere maka halangan angin sudah sangat minim pada posisi ini. Posisi ini juga diatas dua kali lipat ketinggian pesawat komersial. Jadi memang sudah sepantasnya balon internet dijadikan sebagai alternatif sumber jaringan internet bagi yang tidak tersentuh oleh infrastruktur yang mahal di bumi maupun infrastruktur internet satelit.

proyek balon internet

Pihak TELKOMSEL, INDOSAT serta XL axiata memperoleh kesempatan untuk digandeng pihak google project loon untuk mewujudkan proyek besar tersebut. Dengan adanya balon internet nantinya ujung indonesia timur sampai ujung indonesia barat akan tersentuh semua oleh jaringan internet. Daerh pelosok sampau hutanpun bisa mencicipi adanya koneksi internet yang dikabarkan supercepat dan setara 4G LTE.

Bila project LOON benar-benar terealisasi pada tahun 2016 maka indonesia akan semakin mendapat angin segar di segala penjuru pelosok tanah air dalam menikmati koneksi data. Semoga cepat terealisasi dan sesuai apa yang diharapkan.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site