Kunir / kunyit putih obat maag perut

Walaupun dianggap sepele namun maag dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala yang dialami oleh penderita maag adalah nyeri di ulu hati, perut yang terasa perih dan kembung, hingga muntah. Penderita maag yang tidak segera diobati akan mengalami maag yang semakin akut. Biasanya penderita maag mengonsumsi obat pereda rasa sakit berdasarkan resep dokter.


Belum banyak yang mengetahui, tak hanya obat-obatan yang dapat meredakan rasa sakit akibat maag. Ada bahan-bahan alami yang memiliki khasiat untuk mengurangi sakit maag, salah satunya adalah kunyit putih. Tanaman yang biasa dijadikan bumbu dapur ini ternyata mampu menyembuhkan gangguan penyakit maag.

Kunyit putih mengandung zat antiinflamasi atau zat antiradang sehingga memiliki khasiat untuk mengatasi penyakit maag. Sebenarnya bukan hanya kunyit putih yang dapat digunakan untuk menyembuhkan maag, kunyit biasa atau kunyit kuning pun dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit maag. Zat dalam kunyit putih maupun kunyit kuning sama-sama memiliki zat analgesik yang dapat membantu meredakan nyeri pada perut ketika maag. Beberapa senyawa yang terkandung dalam kunyit memiliki efek protektif (perlindungan) terhadap saluran pencernaan.

Tanaman dengan nama Latin Curcuma zeodaria ini tidak hanya dapat menyembuhkan penyakit maag. Beberapa penyakit lain seperti kanker payudara, kanker leher rahim, kanker otak, tumor, amandel, hingga radang tenggorokan dapat disembuhkan dengan tanaman ini. Rimpang kunyit putih memiliki rasa yang agak pahit, sedikit pedas, dan bersifat menghangatkan. Kunyit putih aman untuk dijadikan sebagai obat karena tidak beracun.

Kandungan utama dalam rimpang kunyit adalah kurkuminoid, berupa campuran kurkumin, desmetoksikurkumin. Simplisia rimpang kunyit juga mengandung minyak atsiri (sekitar 3-5%), berupa seskuiterpen keton (sekitar 60%) seperti artumeron, zingiberen, 8-atlanton, felandren, eugenol, dan bomeol. Kandungan lainnya adalah polisakarida seperti seperti glikan.

Bagian kunyit yang digunakan untuk obat maag adalah bagian rimpangnya. Cara pengolahannya cukup mudah. Potong rimpang kunyit putih sebanyak 2-3 ruas. Cuci hingga bersih, kupas kulit bagian luar lalu parut. Setelah itu peras parutan kunyit tersebut lalu ambil airnya. Rebus perasan kunyit tersebut lalu saring air rebusan dan minum saat perut sedang melilit.

Rasa kunyit putih yang agak pahit dapat dinetralisir dengan mencampurkan dengan 1 sdm madu. Madu dapat bekerja untuk menenangkan lapisan lambung dan juga memiliki sifat anti bakteri. Tidak hanya itu, madu juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melindungi lambung dan saluran cerna dari berbagai kuman berbahaya. Sebaiknya, minum air rebusan kunyit setiap dua kali sehari yaitu pada saat makan pagi dan sebelum tidur malam hari. Minumlah air rebusan kunyit ini sampai penyakit maag hilang. Air rebusan ini pun aman untuk dikonsumsi anak-anak hingga orang dewasa.(klinikherbal)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site