Strategi Google Beriklan Di TV Nasional

Google si perusahaan Raksasa dunia Teknologi dan Internet memang tidak diragukan lagi ketenarannya. Siapa saat ini yang tidak tahu kata 'google' ?, dari anak kecil sampai kakek nenek sepertinya sudah pernah mendengar dan familiar dengan kata satu ini. Seseorang mengenal google mungkin ketika sedang mencari sesuat informasi yang tidak diketahuinya sebelumnya. Maka dari itu Googlw identik dengan mesin pencari 'ajaib' yang bisa mencari apa saja yang ingin dicari.

Ada saatu fakta menarik dari strategi bisnis si Google ini yang akhir-akhir ini banyak muncul dihadapan jutaan penonton televisi Nasional, apa itu ?, Iklan google selalu muncul di sela-sela acara televisi. Lalu apa yang anda bayangkan ketika Perusahaan yang begitu terkenal Di dunia beriklan di layar kaca ?, tentunya ada yang bilang itu suka-suka google, ada lagi yang bilang mungkin google lagi sepi peminat, atau bahkan yang suka mengamati dunia bisnis akan berkata mungkin itulah strategi brilliant si Google dalam berbisnis.



Sayapun sempat berfikiran mungkin google sedang menjalankan strategi bisnis yang kerap dilakukan para pengusaha lainnya dengan menayangkan iklan di Televisi. Apapun kata orang dan bagaimanapun orang lain berfikiran tentunya pihak perusahaan google-lah yang tahu apa yang ingin mereka capai.

Karena ingin tahu mengapa google malakukan manuver beriklan via televisi padahal mereka sudah mempunyai 'rumah' sendiri di dunia maya untuk beriklan maka ada satu kesimpulan pribadi yang mungkin itu bisa salah dan mungkin saja ada benarnya. Layaknya Pengamat ekonomi pasar, saya beranalisa bahwa google pasti ada maunya dengan menampilkan dirinya di layar kaca yang notabene penontonnya banyak dari kalangan kelas bawah daripada kelas berada.

Seperti yang anda lihat di layar televisi, umpama ada produk baru yang sama sekali belum anda lihat dan kenal lalu iklan ditayangkan berulang-ulang, apa yang terjadi ?. Tentu ddengan cepat anda akan hafal diluar kepala nama produk tersebut kan ?. Apapun itu produknya kalau ditayangkan di televisi dengan durasi sepersekian sehari maka secara otomatis otak kita akan hafal walau produk tersebut belum pernah kita ketahui dan pegang sebelumnya.

Begitu juga dengan Google, walau namanya sudah melanglang buana seantero Dunia, namun google tetap berkeinginan menancapkan namanya ke ingatan setiap orang dengan cara beriklan di layar televisi. Bukankah google sudah laku walau tidak beriklan ?, tentu saja jawabannya benar google masih laku dan sangat sukses dengan bisnisnya. Namun ingat, dalam bisnis besar akan lain dengan apa yang kita fikirkan sebelumnya.

Google ingin namanya selalu diingat orang walau orang itu tidak pernah 'menyentuhnya' sama sekali. Bayangkan saja bila iklan google sampai di lihat para petani desa yang tidak tahu internet dan mesin pencari, apa yang petani tersebut fikirkan ?, tetap saja nama google yang mereka ingat bukan produknya. Tapi tidak sampai disitu, Petani akan selalu mengingat apa itu google sampai akhirnya suatu saat dia akan bertanya pada entah itu anaknya, temannya yang lebih tahu apa itu google danapa itu kegunaannya. Lalu jangka panjangnya, Bila petani tersebut tahu kalau google punya produk yang salah satunya adalah mesin pencari tentu saja petani akan ingin 'mencicipi' bagaimana mencari apa yang tidak diketahuinya dari si Google. 

Sungguh suatu rencana yang kelihatan kecil namun hasil akhirnya akan luar biasa besar. Orang yang tadinya tidak tahu apa itu google akan semakin bertanya-tanya apa, bagaimana dan Produk apa yang ditawarkan perusahaan Google tersebut. Jadi Google secara jitu menerapkan prediksi dan strategi bisnis jangka panjang dengan berbagai alat 'perangnya' untuk menancapkan jaring namanya di seluruh pelosok Dunia. Itulah google.... bagaimana menurut pendapat anda ?
Previous
Next Post »

1 comment

  1. Terima kasih Muantappp banget infonya... semoga makin sukses.

    ReplyDelete

Partner Site