Raspberry Pi Zero Komputer mini seharga $5

Komputer dengan harga 5 dolar atau setara 70 an ribu rupiah ? tentu saja ada dan sudah dipasarkan. Namanya Raspberry Pi Zero, Komputer mini dengan board seukuran ponsel 3 inchi ini memikat banyak pecinta PC dengan harga semurah mungkin. Bagaimana spesifikasi komputer mini murah tersebut dan apakah bertenaga PC dengan bentuk semungil itu ?, simak yuk sedikit ulasannya di bawah ini.

komputer mini raspberry

PC mini Raspberry Pi Zero jangan dianggap remeh walau memiliki ukuran yang tidak selayaknya PC rumahan saat ini. Dengan ditenagai oleh Prosesor Broadcom BCM2835 berkekuatan 1 GHz ARM11 core tentunya sudah mencukupi untuk menjalankan aplikasi kantoran atau sekolahan saat ini. Ditambah lagi RAM 512MB berjenis LPDDR2 SDRAM yang sudah lumayan menjadikan memori sementara bagi PC mungil ini.

Adapun Slot yang ada di Raspberry meliputi Slot Micro-SD, Mini-HDMI (1080p60) sebagai video output. Juga adanya Micro-usb Sebagai standar sambungan data saat ini. Tersedia juga slot Unpopulated 40 pin GPIO header serta Unpopulated composite video header.







PC mini yang diproduksi perusahaan asal Britania Raya tersebut bisa dimodifikasi terhadap teknologi lain seperti pada robot, Drone sampai Tablet-pun bisa. Dalam bundlenya, Raspberry dilengkapi dengan OS Rasbian yang nantinya bisa diganti dengan OS sekehendak hati penggunanya. Plikasi yang disertakan seperti Minecraft, Scratch serta Sonic Pi dan dapat ditambah lagi sesuai kemauan User.

Pertanyaannya, kapan komputer mini ini masuk ke Indonesia ?, tunggu saja nanti pasti masuk karena produk Raspberry versi sebelumnya sudah ada di pasaran Indonesia. Tunggu tanggal mainnya.
Previous
Next Post »

1 comment

  1. Wah, pengen nyobak juga rasberry Pi harganya yang cukup terjangkau.. pengen nyoba intel nuc belum terjangakau hehe

    ReplyDelete

Partner Site