Cara Clear Browsing data Google chrome

Masih seputar peramban populer di Dunia milik Google yaitu Chrome. Kali ini DetikInfo akan membahaas tentang cara membersihkan data penjelajahan atau clear browsing data yang ada di peramban Chrome versi PC yang berjalan di Sistem operasi Windows. Setiap penjelajahan menggunakan suatu browser tentu akan tersimpan data yang kadangkala pengguna sendiri jarang mengetahui kalau sebenarnya data tersebut tersimpan di PC tempat aplikasi browser terinstall. Data apa saja yang tersimpan yang wajib pengguna ketahui sebelum melakukan aksi bersih-bersih data ?, mari simak ulasan singkatnya di bawah ini.

Ketika pengguna browser Chrome melakukan aktifitasnya baik itu untuk sekedar browsing atau melakukan input data di situs yang dikunjunginya, browser akan menyimpan segala informasi tersebut. Bagi pengguna lainnya yang sudah berpengalaman dengan settingan yang ada di menu browser mungkin saja bisa mematikan data jelajah setiap kali keluar dari aplikasi. Tapi bagi kebanyakan pengguna awam mungkin masih bertanya-tanya data apakah yang nanti akan masauk dalam daftar pembersihan.
Baca jugaa : cara melihat sandi tersimpan di chrome
Sebelum masuk ke sesi tutorial tentang cara clear browsing data, saya akan menjelaskan data apa saja yang bisa dibersihkan, yaitu :
1. Browsing history
2. Download History
3. Cookies and other site plugin
4. Cached image and files
5. Password
6. Autofill form data
7. Hosted app data
8. Content licenses
Data-data yang saya sebutkan diatas tentu nantinya tidak semua bisa terhapus tanpa ada opsi pilihan atau campur tangan dari pengguna ketika ingin melakukan clear data. Contohnya, anda ingin membersihkan semua data namun tidak ingin Download history atau password tersimpan terhapus maka opsi memilih keduanya masuk dalam perkecualian clear data ( penghapusan data ).

Bagi anda yang ingin melakukan pembersihan data di peramban chrome di PC silahkan simak caranya di bawah ini.

1. Buka browser chrome di komputer anda, Contoh kali ini saya meggunakan komputer dengan OS windows 8, untuk versi windows lainnya sama saja.

2. Arahkan mouse ke pojok kanan atas ( menu ) dan pilih opsi 'more Tools' dan masuk ke 'Clear Browsing data'.

clear browsing data

3. Setelah itu akan nampak tampilan yang didalamnya berupa opsi pilihan yang bisa anda pilih, contoh anda ingin melakukan bersih data dari waktu awal peramban pertama kali terinstall dan digunakan maka pilih opsi 'the biginning of time'


chrome clear browsing data

4. Setlah menentukan waktu rentang penghapusan, silahkan pilih opsi apa saja yang ingin anda hapus dari 8 pilihan yang ada dengan melakukan centang terhadap opsi tersebut.

5. Bila sudah yakin dengan pilihan anda, lanjutkan menekan tombol 'Clear browsing data'

Dengan cara diatas pengguna browser chrome akan mudah melakukan penghapusan data jelajah maupun data yang tidak diperlukan lagi agar browser bersih tanpa meninggalkan jejak sama sekali. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site