Provider Selular Manakah yang Paling Handal ?

Kecepatan dan kestabilan jaringan Internet sekarang ini memang menjadi tolok ukur bagi Pengguna Smartphone dalam memilih operator selular untuk digunakan di gadgetnya. Kestablian data dan kecepatan transfer data juga menentukan nilai dari operator selular itu sendiri. Namun bagi masyarakat awam tentunya memilih operator selular mana yang paling pas dan cocok untuk digunakan di gadgetnya memang hanya sebatas pengalaman dari pengguna lain, bahkan masyarakat cenderung ikut arus iklan yang ditawarkan pihak operator yang sedemikian rupa membalut kata-kata yag menjanjikan pemirsanya. Padahal fakta di lapangan akan lain dengan apa yang diiklankan. bahkan tidak jarang pula banyak pengguna awam yang sering bergonta ganti kartu hanya untuk memperoleh hasil koneksi data internet yang menurutnya stabil dan bagus.

Berbicara mengenai kecepatan data dan kestabilan koneksi Internet memang tidak bisa secara kasat mata didakwakan kepada salah satu pihak penyedia jasa internet yang dalam hal ini adalah pihak operator selular. Pertanyaannya, apakah ada operator selular yang paling bagus dan sangat layak digunakan sebagai layanan internet di smartphone kita ?. Untuk menjawabnya ada beberapa kriteria yang harus masyarakat fahami sebelum akhirnya menentukan pilihan mana saja operator yang 'sanggup' memenuhi kebutuhan data Internetnya.


provider selular internet

Kalau saya ditanya operator mana yang saya pakai saat ini ?, tentu saya akan menunjuk salah satu operator yang memang saya sukai karena koneksi data internetnya yang stabil. Namun pendapat saya akan berubah tatkala saya tidak berada lagi di lokasi tempat saya saat ini, katakanlah saya sekarang berada di kota atau tempat A dan besok saya pindah di kota atau tempat B atau C maka keputusan saya memilih operator jaringan selular akan berubah saat itu juga. Kesimpulan pertama dari keputusan saya tersebut apa ?, karena jaringan operator di satu wilayah dan wilayah lain tidak akan sama. Bisa jadi Layanan di tempat A lebih baik dan di tempat kualitasya akan menurun.

Dari cuplikan pendapat saya diatas bisa disimpulkan, Kualitas pihak operator selular tidak akan serta merta bisa dikatakan sempurna untuk salah satu penyedia saja. Saya yakin semua Pihak operator selular mempunyai kualitas layanan yang sudah sedemikian canggih untuk keperluan data Internet. Lalu apa yang bisa dijadikan patokan dalam memilih operator layanan data Internet yang baik untuk pengguna smartphone ?, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

1. Jumlah Pengguna.

Untuk memilih layanan data yang bagus tidak bisa langsung asal pilih, anda yang seddang berada di tempat A tidak akan sama rasanya ketika menggunakan layanan data dengan operator yang sama di tempat B atau tempat yang lainnya. Mengapa ?, dalam poin pertama yang menentukan kualitas data internet di daerah anda sebenarnya seberapa banyak User yang terhubung ke operator tersebut dan melakukan sambungan data Internet.Logika sederhananya, bila dalam satu jaringan Tower ( BTS ) padat pengguna atau banyak yang menggunakan sambungan data, tentunya kecepatan transfer data akan menurun seiring semakin meningkatnya jumlah user. Semakin sedikit jumlah pengguna maka semakin cepat pula kecepatan data yang anda dapatkan. Jadi apabila anda di tempat A terasa cepat dalam akses data namun di tempat B terasa sambungan data begitu lemot maka bisa dipastikan padatnya pengguna di daerah tersebut karena Kuota di tiap BTS juga akan dibatasi untuk beberapa user.

2. Kekuatan Signal

Kalau bicara kekuatan signal tentunyahal inilah yang paling berpotensi menurunkan kualias transfer data anda ketika melakukan sambungan data internet. Jadi untuk memilih provider mana yang bagus di tempat anda maka lihat dahulu signal provider di tempat anda tersebut, entah anda harus menanyakan ke teman atau memang mencoba langsung seberapa kuat signal yang di peroleh di gadget anda.

3. Tempat

Beberapa provider pastinya akan membedakan kualitas jaringannya di tempat-tempat tertentu dengan berbagai alasan teknis. Seperti halnya, provider akan memberikan layanan yang paling sempurna menurutnya bila di area tersebut banyak pengguna yang melakukan langganan data pada pihak operator dan di tempat lain akan sedikit menurunkan kualitas jaringannya karena belum banyaknya pengguna di ddaerah tersebut. Alasan Ekonomis tentu pihak providderlah yang paling mengetahui keputusannya dalam memberikan layanan data kepada pengguna.

4. Pengalaman pengguna

Nah, untuk anda yang tidak ingin berkesperimen terlalu banyak, untuk memilih provider mana yang paling bagus tentu anda harus menanyakan ke beberapa pengguna laintentang pengalamannya menggunakan salah satu operator selular. Namun ingat, bila anda sudah menentukan pilihan salah satu provider yang anda kira paling bagus, tentu bukan hal yang mutlak menjadikan operator tersebut paling bagus, Mengapa ?, karena ketika anda berada di suatu daerah tertentu akan terjadi penurunan kualitas data yang mungkin sangat signifikan menurun karena beberapa faktor diatas.

Dari beberapa alasan diatas maka pengguna smartphone akan dapat memilih provider mana yang layak ataukah tidak dalam memenuhi kebutuhan data Internet bagi dirinya. Semoga sedikit ulasan diatas bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site