Cara Agar Recycle Bin tidak menyimpan File Terhapus

Memakai operating System Windows memang mudah dari OS lainnya seperti Linux, Macintos dan semacamnya. Dari mulai adanya windows XP yang ketenarannya sampai bertahun-tahun sampai windows terbaru seperti win 8 atau win 10 tentu membuat pengguna semakin mengenal bagaimana manfaat sistem operasi dari microsoft ini. Disini Detikinfo tidak akan membahas tentang kepopuleran windows diantara OS lainnya, namun tutorial kali ini masih berkaitan dengan menu yang ada di OS windows yaitu Recycle Bin atau yang umum dikenal sebagai menu 'tempat pembuangan sampah file'.

Pada setelan default Windows, Apabila pengguna melakukan delete ( peghapusan ) file maka berkas tersebut akan masuk di kotak 'sampah' yang bernama Recycle Bin ( ikon berbentuk ranjang / gelas ). Mengapa file terhapus masuk ke dalam kotak sampah bukannya terhapus lalu hiang ?, karena pada kenyataanya banyak user windows yang secara tidak sengaja melakukan delete file entah karena lupa, tidak sengaja melakukan delete maupun dengan alasan klasik lainnya. 

Oleh karena itu fungsi kotak recycle Bin selain untuk tempat pembuangan sampah file juga berfungsi sebagai kotak penyimpan sementara ketika ada file yang terhapus. Di dalam kotak tersebut semua file bisa dikembalikan ke tempat semula apabila user menginginkannya, namun juga bisa dihapus secara permanen dan file tersebut akan hilang dan tidak bisa direcovery kecuali dengan software khusus.

Pertanyaannya, apakah bisa recycle Bin disetting secara permanen agar file ketia dihapus tidak bisa dikembalikan lagi ? Tentu bisa dan sangat mudah. Dengan cara melakukan settingan khusus terhadap kotak reccycle Bin Pengguna windows ketika melakukan penghapusan file tidak akan mendapati lagi file sampah dan tentu tidak dapat direstore ke tempat semula. Walau cara ini mengandung resiko file sekali delete Hilang namun bagi sebagian pemakai windows akan terbantu dengan fungsi hapus permanen dengan alasan tertentu pula.

Di bawah ini adalah cara pengaturan Recycle Bin agar file terhapus tidak tampak lagi di kotak 'sampah' dan terhapus secara permanen.

1. Klik kanan pada ikon Recycle Bin, lalu pilih menu properties

properties recycle bin

2. Akan tampil menu atau opsi di kotak properties, silahkan beri tanda di opsi ' Don't Move file the Recycle Bin, Remove files immediately when deleted'.

delete permanen recycle bin

3. Setlah itu klik tombol 'apply' dan tutup kembali tampilan properties recycle bin.

Dengan cara diatas, ketika suatu saat nanti anda melakukan delete file maka berkas tersebut tiddak akan 'mampir' lagi di kotak sampah melainkan terdelete permanen tanpa bisa anda kembalikan lagi. Semoga tips windows tentang properties recycle bin diatas bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site