Cara Mudah Cari File Format tertentu di windows

Di semua Versi sistem operasi Komputer pasti mempunyai fitur Search atau pencarian terhadap suatu file. File tersebut bisa berupa gambar, file execute, File dokumen maupun folder dan beberapa ekstensi file lainnya. Di windows, fitur pencarian terkadang terlewatkan begitu saja kegunaannya, padahal fitur search disematkan oleh pembuat OS untuk membantu user melacak semua file yang ada ketika pengguna lupa menaruh letak berkasnya. Fitur search di windows seperti halnya mesin pencari layaknya google, yahoo, bing dan lain sebagainya. Yang membedakan adalah crawl pencarian dilakukan pada local disk bukan di platform web atau internet.

Pada dasarnya mencari file mudah dilakukan, hanya dengan berbekal memasukkan kata tertentu dan hasil yang didapat akan sesuai harapan. Adapun mencari file dengan kriteria tertentu dan perangkat keras penyimpanan anda ada ratusan bahkan ribuan file yang ber-ekstensi sejenis maka bisa dibayangkan betapa rumitnya proses pelacakan. Contoh sederhana, anda akan melakukan pencarian file jenis tertentu misal file Excel dan di perangkat local Disk ada ribuan file berbentuk excel maka apa yang harus dilakukan ?

Untuk mencari file dengan ekstensi tertentu misal file excel dengan format xlsx atau file gambar dengan format BMP Sangat mudah sekali sebenarnya cara pengelompokannya. Jadi file yang nantinya berhasil dilacak tidak akan bercampur dengan jenis format file lainnya.

Disini admin akan membahas tentang cara mudah mencari file dengan ekstensi atau format tertentu di OS windows. Untuk sistem lainnya sama saja, hanya User Interface setiap sistem saja yang akan berlainan penempatannya. Yuk disimak caranya di bawah ini.

1. Silahkan Buka My computer atau bisa saja buka File Explorer.

2. Dalam contoh kali ini saya beranggapan akan mencari semua file dengan ekstensi atau format excel ( xls / xlsx ) di local disk D. ada beberapa cara untuk memunculkan opsi pencarian seperti klik kanan pada Drive bersangkutan dan pilih Search atau bisa menggunakan tampilan yang sudah tersedia di antara tab File Explorer.

3. Contoh saat ini saya ada di drive D, kolom search ada di samping kanan atas ( lihat contoh ). Masukkan format file yang ingin dicari, dalam contoh ini saya mencari file dengan format 'xlsx'

fitur search di windows

4. Untuk lebih fokus mencari format yang diinginkan maka ketik format tersebut dengan diawali tanda 'bintang dan titik' kemudian nama format atau ekstensi file. contoh penulisannya : '.*xlsx' ( tanpa tanda petik )

pencarian file format tertentu

5. Tekan enter untuk memulai pencarian dan sistem akan bekerja mencari semua file berekstensi xlsx tanpa terkecuali di drive D tersebut.

Bagaimana, mudah sekali kan cara melakukan pencarian File format tertentu di windows ?, semoga tips diatas bermanfaat, terimakasih.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site