Mitos Berkumur setelah Gosok gigi dengan Air Hangat

Siapa yang tidak tahu sikat gigi dan cara penggunaannya ?, pasti semua orang yang setiap hari memegang alat pembersih gigi ini sudah faham tentang kegunaan dan fungsinya. Banyak beredar pertanyaan seputar cara berkumur setalah menggosok gigi yaitu bagus mana berkumur dengan air hangat atau berkumur dengan air dingin setelah menggosok gigi ?

Banyak pendapat yang beredar di masyarakat bahwa setelah melakukan gosok gigi maka berkumur dengan air hangat lebih bersih dan lebih maksimal membunuh bakteri dalam ronga mulut. Namun benarkah anggapan tersebut atau hanya mitos saja ?

gosok gigi dan berkumur

Menurut pakar sekaligus dokter gigi yang bekerja di Institute Of Clinical Dentistry di Universitas Oslo, Profesor Anne Skaare menyatakan bahwa sebenarnya tidak ada yang dipermasalahkan dengan apakah seseorang berkumur dengan air hangat atau air dingin setelah menggosok gigi, Suhu air tidak akan berpengaruh.

Begitu juga dengan Juru bicara American Dental Association, Mr. Richard H.Piere menyatakan bahwa tidak peduli apakah anda menggunakan air hangat atau dingin untuk berkumur setelah gosok gigi, yang jadi patokan adalah seberapa penting kamu menggosok gigi dan tidak pernah lupa untuk gosok gigi setiap harinya.

Jadi kesimpulannya, sebenarnya suhu air entah itu dingin atau hangat tidak akan punya pengaruh terhadap kebersihan gigi dan mulut karena kualitas kebersihan gigi tergantung dari seberapa benar dan anda melakukan gosok gigi setiap harinya. Jadi anggapan bahwa berkumur menggunakan air hangat bisa membunuh bakteri dalam rongga mulut itu tidak dibuktikan secara klinis. Pesan admin, jangan lupa menggosok gigi dengan benar dan periksa ke doter gigi secara berkala.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site