Apa Itu Jasa Transportasi UBER Taxi ?

Apa sih Uber itu ?, Mungkin banyak diantara pembaca yang masih bertanya-tanya tentang apa itu uber dan bagaimana cara kerjanya. atau mungkin anda masih ingat tentang ketegangan yang masih belum berakhir di Indonesia seputar layanan uber taxi ?. Disini DetikInfo tidak akan membahas tentang polemik uber di Indonesia, Namun akan fokus memberikan info seputar apa sebenarnya Uber itu sendiri. Mari simak ulasan singkat perihal UBER di bawah ini.

Uber merupakan suatu perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang transportasi. Perusahaan ini didirikan oleh Travis Kalanick dan Garrett Camp pada Maret 2009 dengan kantor pusat di Sanfransisco, California, AS.

aplikasi uber taxi

Uber bukanlah pemilik penyewaan taksi mandiri yang mempunyai aset armada milik pribadi. Uber hanya menjembatani antara Pengemudi dan penumpang dalam satu layanan terpadu Via aplikasi. Jadi uber tidak mempunyai armada ?, jawabannya adalah iya. Dalam sistem kerjanya, Uber selaku pemilik aplikasi mengatur jadwal antara penumpang dan uber menyiapkan sopir dengan kendaraan pribadinya untuk menjemput penumpang dan mengantarkannya sampai ke tujuan.

Bisa dikatakan pihak Uber sendiri sebagai 'makelar' dalam jasa transportasi ini. Armada atau mobil yang digunakan adalah kendaraan pribadi milik sopir itu sendiri dan sudah tercatat sebagai daftar sopir recomended dari uber. Jadi mobil yang digunakan menjemput penumpang bukanlah mobil sewaan atau semacamnya namun murni milik perorangan yang sudah di ferifikasi secara ketat oleh pihak uber selaku penyedia layanan via aplikasi.






Mobil-mobil yang digunakan dan terdaftar di uber sendiri adalah mobil pilihan yang disesuaikan dengan kriteria setiap kota. Dengan kesan mewah yang dianut oleh uber jangan kaget kalau layanan ini biasa menggunakan mobil sekelas mercedes-Benz, BMW, Cadilac, Lincoln dan mobil mewah lainnya. Bahkan pengemudi yang memiliki ferari-pun bisa mendaftarkan dirinya ke pihak uber untuk menjadi sopir yang siap untuk memanjakan para penumpangnya.

Bagi para penumpang yang ingin menggunakan layanan uber sendiri secara mudah bisa memesan berbagai armada yang diinginkannya sesuai dengan tipe mobil dan tarif jarak perjalanan yang ditempuh. Bisa dikatakan disini bahwa Uber sebenarnya tidak jauh beda dengan jasa sewa kendaraan daripada jasa transportasi umumnya.

Dengan sedikit penjelasan diatas bisa menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin menghinggapi masyarakat kita yang belum terbiasa dengan layanan seperti ini yaitu mengapa uber semakin menjadi primadona dan pilihan transportasi kota-kota besar saat ini tak terkecuali di Indonesia ?, jawabannya karena penumpang dengan leluasa memilih jenis armada atau mobil yang diinginkan dan dengan reputasi sopir yang sudah terferifikasi secara ketat oleh pihak uber itu sendiri, begitu pula dari segi keamanannya yang sangat tinggi tidak akan pernah pihak uber memberikan rekomendasi untuk mobil yang tidak safe serta sopir yang tidak profesional kepada pelanggannya.

Begitu mendunianya, uber saat ini sudah ada di 414 kota di seluruh dunia. Bahkan apabila anda sebagai pemilik mobil pribadi yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan bisa secara gratis mendaftarkan diri sebagai sopir uber, tentu dengan persyaratan ketat yang ditentukan oleh perusahaan tersebut.

Di beberapa Negara Uber tidak diperbolehkan beroperasi dan menjalankan bisnisnya karena dianagap sebagai sesuatu yang ilegal. Uber sering diidentikkan dengan taksi terselubung tanpa trayek angkutan yang ditetapkan pihak yang berwenang. Bahkan beberapa negara melyangkan gugatan hukum kepada pihak uber karena melanggar aturan perhubungan yang ada ( illegal ). Semoga sedikit ulasan tentang Uberbisa menjawab beberapa pertanyaan pembaca semua.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site