Mobil Otonom Menjadi tren Teknologi Masa Depan

Bicara Mobil tentu dalam benak kita sekarang tidak jauh dari kendaraan berbahan bakar dengan seorang pengemudi sebagai pengendalinya. Namun Lain lagi bila sudah berbicara perihal Mobil robot atau biasa disebut mobil otonom tentu bayangan kita akan beralih pada mobil-mobil pintar layaknya di film fiksi ilmiah.

Self driving Car atau bisa juga disebtu sebagai mobil pintar tanpa kendali sopir memang menjadi tren teknologi mobil dunia saat ini. Mobil-mobil tanpa sopir yang dulunya hanya bisa dilihat seperti cerita fiksi sekarang sudah menjadi tren teknologi yang sudah tidak bisa dipungkiri lagi.

truk otonom
ilustrasi

Bebagai perusahaan mobil berlomba-lomba untuk menciptakan sesempurna mungkin berbagai prototipe mobil tanpa sopir ( mobi otonom ) yang layak jalan dan sangat aman sebagai pengganti mobil konvensional saat ini. Perusahaan otomotif dan software saling bersinergi menjalin kerjasama untuk mewujudkan mobil otonom. Sebagai contoh, Google yang basicnya adalah sebuah perusahaan perangkat lunak sudah terlebih dahulu melakukan uji coba mobil otonom berulang kali dan sukses.

Di australia sendiri sekarang ini sudah memprediksi bahwa 5 tahun kedepan jalanan di daerah New South wales ( australia selatan ) akan dibanjiri oleh mobil pintar tanpa pengemudi, Ungkap Andrew Constance - menteri Transportasi Australia.

Tidak hanya mobil-mobil pribadi, saat ini sudah banyak perusahaan otomotif melakukan berbagai percobaan mobil angkut seperti truk, trailer maupun Bus untuk dijadikan ladang bisnis di beberapa tahun kedepan. Sebut saja perusahaan daimler, menguji Truk Otonom besutan mercedes Benz yang telah berhasil diuji pada jalanan di Jerman, begitu pula Pemerintah Inggris melalui perusahaan Daimler juga melakukan serangkaian uji coba truk otonom di jalan raya M6 - Inggris.

Dengan adanya mobil otonom yang akan menggebrak pasar otomotif beberapa tahun kedepan tentu akan membuat semua lini mempersiapkan diri menyambutnya. Seperti perundangan baru tentang transportasi tanpa awak yang meliputi batas kecepatan, safety, konfigurasi perangkat dan semua aspek yang perlu diterapkan secara khusus pada mobil otonom.

Tidak mudah memang suatu wilayah bisa sukses dalam penerapan mobil tanpa awak, ada banyak infrasrtuktur yang harus dipersiapkan seperti Pemetaan jalan via satelite atau yang biasa dikenal sebagai maps. Karena sistem navigasi dengan bantuan satelite ( GPS ) yang akurat dan mengcover seluruh aspek jalan akan membuat sistem navigasi mobil otonom juga semakin presisi. 

Ingat, mobil robot bukanlah mobil pintar yang bekerja tanpa campur tangan manusia, kesalahan sedikit saja dari beberapa instrumen yang dibutuhkan seperti pemetaan jalan akan berakibat vatal bagi penumpang. Memang bukan perkara mudah mengaplikasikan mobil otonom seperti di Indonesia yang terkenal dengan keruwetan transportasinya, namun tidak menutup kemungkinan nantinya pasti mobil robot ini akan berlenggang menggantikan mobil-mobil konvensional yang ada saat ini.
Previous
Next Post »

1 comment

Partner Site