Apa hubungan Lycopene dengan Awet muda ?

Awet muda secara natural merupakan dambaan setiap manusia, Walau umur sudah menua namun kondisi fisik yang fit, segar dan sehat akan menjadi tabir usia. Disini DetikInfo akan membahas tentang apa hubungan Lycopene ( likopen ) dengan awet muda ?. Mari simak ulasan kesehatan di bawah ini.

Seperti diketahui, Lycopen atau banyak yang menyebutnya likopen merupakan senyawa kimia ( Phytochemical ) berwarna terang yang umumnya terdapat pada buah atau sayuran segar. Lycopen adalah senyawa nutrisi yang penting karena didalamnya mengandung antioksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Walu bukan termasuk golongan vitamin Esensial, namun Lycopene tergolong ke dalam antioksidan yang ampuh dalam menagkal radikal bebas.

lycopene untuk awet muda

Dalam kandungan lycopene tidak mengandung toksin, maka dari itu tidak masalah bila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Namun walau bisa diasup oleh tubuh dalam jumlah besar, konsumsi yang berlebihan bisa memicu timbulnya bintik-bintik merah pada kulit.

Banyak manfaat dari mengkonsumsi Buah atau sayur yang banyak mengandung lycopene seperti bisa mencegah penyakit jantung, Stroke, penymbatan arteri, Mencegah Kanker, memperbaiki Kesuburan laki-laki, Osteoporosis, Gangguan Syaraf seperti Alzeimer dan parkinson.

Dengan asupan lycopene setiap hari, Tubuh akan secara maksimal dalam menangkal setiap radikal bebas yang hinggap sehingga Kesehatan terjaga dan tubuh akan tampak lebih awet muda. Nah Di bawah ini adalah beberapa buah yang banyak mengandung Lycopene tinggi.




1. Buah Semangka

Buah semangka berwarna merah memang lebih banyak mengandung Lycopene daripada yang berwarna kuning. Semangka sendiri merupakan sumber vitamin C yang sangat tinggi dan juga kandungan lycopennya lebih banyak dari buah Tomat yang berwarna merah.

2. Buah Tomat

Walau Jumlah lycopene dalam tomat lebih rendah dari buah semangka namun buah ini juga tergolong produsen lycopene terbaik. Mengapa ? karena ketika buah tomat dijus atau dimasak ternyata produksi Lycopene-nya bisa 3 kali lipat. Konsumsi Tomat dalam bentuk sup atau saus juga baik untuk diet dan pengingkatan jumlah Lycopene.

3. Jambu biji

Kandungan Vitamin C dalam buah jambu memang tinggi sekali, bahkan 4 kali lebih tinggi dari vitamin C dari Buah jeruk. Selain mengandung vitamin A, biji jeruk juga kaya akan kandungan serat dan Omega-3. 

4. Pepaya

Kandungan Lycopene pada buah pepaya kurang lebih sama dengan yang ada pada jambu biji. Banyaknya manfaat dari pepaya memang diidentikkan dengan kesehatan alat pencernaan.

Diantara beberapa buah diatas sangat familiar di masyarakat kita, Tidak sulitnya menemukan tipe buah tersebut bisa menjadikan rujukan bagi yang ingin sehat serta awet muda untuk mengkonsumsinya secara rutin.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site