Apa itu Detok dan Asupan Penunjang Detoksifikasi

Bicara Detox tentu masih berkaitan dengan kesehatan Tubuh manusia. Pembahasan bab detok, Pengertian, serta Makanan apa saja yang bisa berfungsi sebagai detox bagi tubuh manusia akan Admin ulas dalam sesi DetikInfo Kesehatan kali ini.

Sebelum membahas asupan makanan apa saja yang bisa membantu proses detox bagi tubuh, sebaiknya kita perlu tahu apa itu Detox. Dalam bahasa sederhana, Detok ( detoksifikasi ) merupakan cara pembuangan toksin, mengurangi kadar racun atau membuang toksin yang ada di dalam tubuh manusia. Di dalam tubuh manusia sendiri Detoksifikasi dilakukan oleh organ vital yaitu Lever, dimana semula organ ini memfungsikan dirinya untuk mengubah sifat toksin atau racun dan menetralkannya. Kemudian racun yang sudah dinetralkan akan diubah menjadi suatu senyawa yang akan dibuang lewat keringat, urin maupun sewaktu Buang air besar (BAB).

proses detoksifikasi dan asupannya

Banyak sekali klinik maupun cara-cara ditawarkan untuk melakukan proses detoksifikasi bagi tubuh agar selalu sehat dan prima. Dimana Kebiasaan buruk, Polusi, makanan, kosmetik, udara kotor, merokok dan kebiasaan buruk lainnya bisa memicu berbagai racun yang masuk ke dalam tubuh. Untuk manfaat melakukan detoksifikasi antara lain seperti di bawah ini.

1. Membersihkan racun tubuh pada pembuluh darah, Usus besar, Hati, Paru-paru, ginjal serta sistem Limpa.

2. Meningkatkan vitalitas, stamina dan daya tahan tubuh sehingga penyakit tidak gampang menyerang.

3. Untuk yang mengidamkan berat badan yang ideal, hal ini disebabkan terbakarnya lemak serta keluarnya racun dari dalam lemak.

4. Awet muda, mengapa demikian ? karena proses keluarnya racun oleh proses detox akan memicu regenerasi sel kulit yang mati untuk tumbuh kembali.

Lalu jenis asupan atau makanan apa saja yang bisa membantu proses detok pada tubuh manusia sehari-hari ?, Di bawah ini ada beberapa jenis makanan yang sangat disarankan untuk anda yang ingin hidup sehat tanpa bahan kimia yang dilansir oleh Top10homeredies.com.




1. Teh Hijau

Anti Oksidan yang tinggi serta kandungan Katekin didalamnya dapat menyingkirkan radikal bebas serta dapat meningkatkan fungsi hati. Minumlah Teh Hijau dua sampai tiga cangkir sehari sebagai proses detok yang sehat.

2. Lemon

Kandungan antioksidan dan vitamin di dalam lemon juga tidak bisa diremehkan. Selain sebagai buah asupan proses detok tubuh, kandungan vitamin C di Lemon dapat mencegah terserangnya penyakit.

3. Kubis

Kubis bagus untuk membersihkan fungsi hati karena mengandung vitamin C yang tinggi. Selain itu Kubis juga membantu proses pencernaan karena kaya akan serat. Kubis bisa dikonsumsi secara setengah matang ataupun mentah sekalipun.

4. Alpukat

Buah Alpukat juga tinggi kandungan antioksidannya, sehingga sangat baik untuk proses menghilangkan racun berbahaya. Kandungan Vitamin K dalam buah ini dapat melindungi hati dari Toksin atau radikal bebas.

Sebenarnya masih banyak sekali jenis sayuran ataupun buah yang bisa dimanfaatkan sebagai asupan detoksifikasi tubuh semisal Jahe, Bunga Kol, Bawang, Apel dan lain sebagainya. Semoga Ulasan tentang pengertian Detok serta asupan yang berfungsi sebagai detoksifikasi dalam tubuh manusia diatas bermanfaat.
Previous
Next Post »

1 comment

  1. detoksifikasi dari bahan alami... bagus sekali.. memang banyak sekali bahan alami yang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan salah satunya untuk detoksifikasi ya mas bro..

    ReplyDelete

Partner Site