Cara Hapus Riwayat Jelajah Opera di Windows PC

Menjelajah ke dunia maya via komputer atau PC memang sudah lazim dilakukan pada jaman era digital saat ini. Internet menawarkan berbagai kemudahan dalam menyerap informasi dari situs mana saja yang bisa dijelajahi lewat peramban. Mungkin pembaca juga salah satu pengguna browser Opera di PC ?, kalau iya kali ini Detikinfo akan menyajikan tips khusus tentang bagaimana cara membersihkan atau menghapus data penjelajahan di browser Opera bagi pengguna windows PC.

Walau sama-sama menggunakan browser Opera, banyak pengguna Komputer Desktop maupun Notebook yang masih setia berselacar via internet daripada menggunakan peramban opera di ponsel pintar ( smartphone ). Semakin sering melakukan jelajah di berbagai alamat situs atau melakukan pencarian di beberapa mesin telusur tentu akan meninggalkan jejak yang masih tersimpan di perangkat keras pengguna. Oleh sebab itu ada sebab khusus yang mengharuskan pengguna PC Melakukan bersih-bersih data penjelajahan di perambannya agar tidak menumpuk sekaligus meningkatkan privacy si pengguna PC itu sendiri ketika perangkatnya digunakan oleh orang lain.

Khusus untuk pengguna Browser Opera di PC atau laptop, anda bisa melakukan aksi pembersihan data penjelajahan berupa penghapusan Riwayat selancar, Riwayat Unduhan, Cookies, atau juga penghapusan kata sandi dengan mudah melalui cara di bawah ini.

1. Silahkan buka browser opera di PC anda, dalam hal ini browser opera yang ada di komputer dengan sistem operating Windows.

2. Setelah halaman terbuka sempurna, klik opsi Menu, biasanya opsi menu ini ada di bagian pojok kiri atas. Setelah itu pilih opsi Riwayat ( atau tekan kombinasi tombol Ctrl+H )

3. Akan terbuka halaman baru yang menampilkan beberapa riwayat penjelajahan di browser. Silahkan tekan tombol 'Hapus data Penjelajahan' ( lihat gambar contoh di bawah )

hapus data jelajah opera browser

4. kemudian, akan muncul popup windows yang berisi beberapa opsi penghapusan. Silahkan pilih waktu penghapusan dari menu dropdown yang ada, anda bisa memilih opsi paling minimal 1 jam yag lalu sampai penghapusan dari awal anda berselancar. Untuk menghapus secara maksimal semua data selancar yang pernah anda lakukan sebaiknya pilih opsi 'di awal'

5. Pilih atau beri pula tanda centang pada beberapa opsi yang ingin dihapus. Dlam kondisi settingan default tanda centang pada kata sandi dan isian data otomatis tidak akan tercentang. Namun bila anda ingin memaksimalkan penghapusan maka beri centang semua opsi yang ada.

opsi hapus riwayat jelajah di opera windows

6. Setelah semua siap dan opsi yang anda ingin hapus sudah sesuai dengan yang anda inginkan silahkan klik tombol Hapus data penjelajahan.

7. Selesai dan semua data selancar anda akan terhapus sempurna tanpa meninggalkan jejak.

Mudah dan simple sekali bukan cara menghapus riwayat penelusuran dan data penjelajahan di browser Opera ? Semoga tips diatas bermanfaat.
Previous
Next Post »

2 comments

  1. kang mau tanya, apakah cara penghapusa itu bisa seperti aplikasi cleaner yang biasanya di pc itu? untuk daftar email baru nih kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu bisa, dengan memakai aplikasi pihak ketiga seperti ccleaner juga ampuh untuk membersihkan cache serta cookies di riwayat browser...

      Delete

Partner Site