Mengolah Hidangan Penurun kadar Kolesterol

Makanan yang baik dan tepat bagi tubuh tentu akan membuat kualitas kesehatan semakin baik pula. Berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh tingginya kolesterol dalam darah menjadikan makanan sebagai foktor utama dalam masalah ini. Beberapa pakar Gizi dan kesehatan di berbagai rubrik telah banyak memaparkan tentang hubungan hidangan dengan tingkat kolesterol dalam darah kita sehari-hari.

Hidup sehat yang menjadi dambaan kita semua harus dimulai juga dari diri kita sendiri, seperti halnya mengatur pola makan dan asupan yang benar dan sesuai dengan kadarnya. Kolesterol adalah pemicu berbagai macam penyakit seperti sebagai faktor utama penyebab Jantung koroner dan hipertensi. Lalu Bagaimana mengatur dan mengolah hidangan atau makanan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah ?, simak beberapa tipsnya di bawah ini.

hidangan penurun kolesterol darah

1. Kurangi konsumsi garam, gula dan lemak, Bila tidak bisa menghindari penggunaan lemak dalam hidangan maka gunakan lemak yang tidak jenuh. Begitu pula hindari lemak jenuh trans yang biasa ada dalam pastry,daging dan lain sebagainya. Jadi susun menu makanan anda setiap hari dengan gizi yang seimbang. Memperbanyak Buah-buahan dan sayuran kaya serat.

2. Untuk pengkonsumsi daging ayam sebaiknya sebelum daging dimasak lebih baik hilangkan dahulu bagian kulitnya. Lakukanlah blanching agar lemak larut dan setelah itu olah sesuai selera masakan anda.

3. Hindari atau batasi mengkonsumsi daging olahan seperti salami, daging asap, sosis dan lainnya. Pilih daging yang tanpa lemak, lebih baik buang dahulu lemaknya sebelum proses pengolahan masakan. Di dalam daging sendiri, walau mengandung kolesterol dan lemak jenuh namun daging sangat bermanfaat untuk tubuh karena mengandung zat seperti Seng, zat besi serta Vitamin B12.

4. Sebenarnya kolesterol dari makanan tidak akan membuat kolesterol darah meningkat bagi yang mempunyai kolesterol darah normal. Lemak trans dan lemak jenuh-lah yang dapat meningkatkan kolesterol darah. Jadi batasi asupan dari sumber kolesterol bagi yang sudah bermasalah dengan tingginya kadar kolesterol darah di tubuhnya.




5. Pilih sumber protein yang tidak mengandung kolesterol seperti tahu, tempe serta jenis kacang-kacangan.

6. Bagi pengkonsumsi Susu, pilih produk susu yang Low-fat. Walau susu mengandung banyak nutrisi bagi tubuh dan sebagai sumber kalsium tinggi untuk tulang namun susu juga mengandung kolesterol dan lemak jenuh. Jadoi pilihan tepat bagi anda yang ingin selalu menjaga kadar kolesterol tetap normal dengan asupan susu Low-Fat.

7. Hindari konsumsi minuman beralkohol dalam selera asupan anda sehari-hari. Walau alkohol tidak meningkatkan kadar kolesterol darah, alkohol dapat meningkatkan tekanan darah, Trigliserida dan juga berakibat obesitas.

8. Hidangan segar akan lebih baik untuk santapan sehari-hari seperti lalapan, salad, jus sayuran atau buah. asupan dari buah dan sayuran segar mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksiddan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta jantung anda.

9. Perhatikan berat badan anda. Upayakan semaksimal mungkin untuk mendapat berat badan ideal karena penurunan berat badan bagi penderita kegemukan juga akan menurunkan kadar kolesterol darah, trigliserida dan tekanan darah sehingga lebih menyehatkan jantung dan memperkecil resiko terserang stroke.

Mari memulai hidup sehat dari diri sendiri dan keluarga kita dengan memperhatikan asupan dan menu makanan yang kita konsumsi setiap hari. Semoga tips dan ulasan kesehatan diatas bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site