Payment Adsense Pilih Metode Via Bank apa WU ?

Masih bicara seputar automatic payment Pending yang saat ini masih menjadi polemik di kalangan Publisher google adsense. Dimana memang jarang sekali keterlambatan Pembayaran Goggle adsense kepada para penayang iklan terlambat melebihi 24 jam. Dari pengalaman saya sendiri, Pending payment sebelumnya tidak lebih dari 10 jam sejak diterbitkan notice pending di dasboard adsense. Yang menjadi tanda tanya besar apakah suatu saat nanti google akan menghilangkan Proses pembayaran melalui Agen Western Union dan harus berpindah ke sistem rekening Bank ?
Baca : Penyebab Automatic payment pending di Dasboard adsense
Bagi Seorang Publisher memang pertanyaan yang demikian tidak akan bisa terjawab dengan pasti. Pihak google sendiri yang mempunyai otoritas terhadap semua produk dan layanannya tidak akan memberikan jawaban secara pasti, entah itu memang tidak perlu diekspose ke publik atau bisa juga memang itu rahasia keuangan perusahaan besar sekelas google.

payment via wu atau bank

Disini Admin tidak akan membahas panjang lebar tentang bagaimana dan apa yang terjadi pada sistem pembayaran adsense yang saat ini sedang mengalami masalah seperti keterlambatan pembayaran ( payment pending ). Admin akan sedikit membahas tentang metode pembayaran google adsense melalui sistem Transfer kawat ( via Bank ) dan juga dengan sistem pembayaran melalui agen Western Union. Fokus admin saat ini yaitu apa keuntungan dan kekurangan yang ada pada kedua sistem pembayaran tersebut.

Seperti diketahui, Pembayaran kepada para penayang iklan saat ini oleh pihak google diberikan 3 pilihan yaitu via Cek, via Transfer bank dan via western Union. Pembayaran pada metode cek saya yakin masih sedikit yang menggunakannya disebabkan lamanya proses pengiriman berkas cek ke alamat publisher dan juga biaya potongannya yang besar.

Bagi yang suka dengan sistem pembayaran via Transfer Bank tentu mempunyai beberapa pertimbangan khusus. Pembayaran di bank-bank Lokal Indonesia sudah bisa dilakukan dengan mudah dan saya yakin banyak bank yang mensupport proses transaksi antar negara. Begitu juga yang suka menerima pembayaran via western union (WU) juga mempunyai beberapa keuntungan dan kekurangan tersendiri walau uang cash dapat diterima dengan mudah dan banyak agen WU yang tersebar di seluruh kota Dunia.

Lalu apa keuntungan dan kekurangan sistem payment yang ada padda proses transfer Bank dan Western Union ?, salah satunya dapat anda simak pada ulasan di bawah ini.

Keuntungan memakai sistem pembayaran Western Union
  • a. Mudah dalam mencairkan uang dalam bentuk tunai 
  • b. Banyaknya agen-agen Western Union di beberapa kota bahkan di setiap kecamatan dan toko retail sekelas indomaret sudah menyediakan layanan WU.
  • c. Hampir tidak ada potongan sedikitpun terhadap nilai uang yang diterima publisher, kalaupun ada tidak sebesar potongan yang ada pada proses payment antar Bank.
Kekurangan memakai sistem payment Western union




  • a. Terlalu repot dalam aktifitas transaksi pencairan seperti harus mendatangi kantor agen western dengan mengisi berkas dan harus menunjukkan tanda pengenal yang sah ( ya tentu harus sah dong tanda pengenalnya..hehe )
  • b. Bila payment yang dicairkan nominalnya banyak maka harus dua kali repot menghitung ulang uang yang ada.
  • c. Segi keamanan kurang terjamin mengapa ? ingat, banyak orang yang ingin berbuat jelek bila melihat uang dalam bentuk tunai yang melimpah. Bila anda mencairkan 50 juta misalnya, maka kekhawatiran membawa pulang di dalam perjalanan pasti ada saja, seperti dirampok atau dibegal di tangah jalan.
  • d. Bila ingin menyimpan ke Bank tentu harus double action, mengambil uang dari WU ddan menyetorkannya kembali ke Bank anda.
Keuntungan Payment google adsense via Bank 

a. Dari segi keamanan tentu sangat maksimal, anda tinggal menunggu dirumah dan pembayaran dari adsense sudah otomatis terkirim ke rekening anda. tingkat keamanan dari proses perampokan, kehilangan uang dan kerugian karena kelalaian lainnya bisa diminimalisir.
  • b. Anda tidak perlu mondar mandir mencairkan uang terlebih dahulu ( via WU ) dan kembali ke bank untuk menyimpannya karena proses transfer akan berlangsung secara otomatis.
  • c. Lebih terlihat modern daripada mengambil pembayaran dengan uang tunai

Kekurangan pembayaran google addsense via Bank

  • a. Potongan untuk transfer antar negara tidak bisa dibilang sedikit. Bila publisher mamakai akun US sebagai penayang tentu proses transfer akan dilakukan dalam bentuk US Dollar dan akan di kurskan ke dalam rupiah sesampainya di bank lokal Indonesia. Proses transfer dan biaya yang dibebankan kepadda publisher dari pihak bank Lokal bisa sanga bervariasi dan beda antar satu bank dengan bank lainnya. Menurut info dan sumber yang saya ketahui, contoh bank BCA mamatok biaya finansial sebesar 20 dollar, Bank lainnya da yang 5 sampai 10 dollar. Dari segi angka mungkin publisher yang mempunyai banyak penghasilan akan santai dan biasa menanggapinya. Namun bagi yang mempunyai payment tidak lebih dari 200 dollar tentu menjadi suatu pertimbangan tersendiri bila mendapat potongan sebesar itu.
  • b. Bila ingin segera memegang uang tunai maka publihser juga harus repot mendatangi bank atau ATM untuk mengambil uang pembayaran.
  • c. adanya sedikit kepuasan, maksudnya begini, sudah dalam pendangan umum di masyarakat kita bahwa melihat dan memegang sendiri bentuk uang tunai bisa membuat hati si penerima puas. Hal inilah yang menjadi motivasi bagi sebagian publisher adsense yang masih setia dengan western union karena adanya proses mengambil dan menerima bentuk uang tunia di genggaman.

Dari beberapa keuntungan dan kekurangan yang ada dalam sistem pembayaran google adsense diatas tentu bukan opini yang harus diributkan. SSetiap publisher bisa mempunyai beberapa pertimbangan khusus dengan sistem payment yang dipilihnya. Jadi semuanya tergantung masing-masing individu dengan bebrapa aspek yang telah difikirkan sebelumnya.
Previous
Next Post »

1 comment

  1. satu lagi mas.. waktu pencairan wu bisa langsung satu kali diterima, sedangkan bank masih menunggu sekitar 4 hari baru bisa di cairkan setelah status terbayar

    ReplyDelete

Partner Site