Penyebab Automatic Payment Pending di dasboard Adsense

Automatic Pending Payment yang dialami oleh Publisher Google adsense 2 bulan terakhir ini memang menjadi fenomena tersendiri yang bikin resah dan galau. Tidak hanya di Indonesia, status Pending pada pembayaran Google, baik itu pencairan via transfer kawat maupun via Western Union juga dialami dan dikeluhkan oleh publisher GA ( google adsense ) di seluruh Dunia.

Sebagaimana diketahui, Biasanya Pihak google menerbitkan issued payment pending per tanggal 21 setiap bulannya dan keesokan harinya tanggal 22 statusnya sudah berubah menjadi Paid ( sudah dibayar ) dengan disertai nominal dan kode MTCN. Untuk pembayaran ke pihak publisher sendiri google saat ini memang menyediakan beberapa pilihan seperti Transfer Bank, Cek dan Pembayaran via Western Union agent. Dimana pilihan pembayaran via transfer kawat dan via WU menjadi pilihan yang paling banyak diminati sebagian besar publisher di beberapa negara.

automatic pending payment adsense

Sebagai Publisher, setelah mencapai limit batas minimal payout yaitu sebesar 100 Dollar US tentu yang ditunggu-tunggu adalah mencairkan uang dan masuk ke kantong pribadi. Namun ada saja kejadian yang membuat publisher resah, bukan karena akun GA terkena dissable atau banned namun hanya karena status di dasboard adsense menunjukkan keterlambatan pembayaran ( pending payment ).
Walau pada akhirnya nanti keterlambatan pembayaran pasti berubah statusnya menjaddi Paid ( terbayarkan ) dan hanya membutuhkan tidak lebih dari 24 jam tapi pada bulan Mei 2016 ini lain lagi, Pending payment terjadi melebihi 2 hari. Sampai saat tulisan ini saya buat sudah menunjukkan tanggal 24 dda belum juga berubah status pending di dasboard adsense.

Di beberapa forum yang membahas tentang Adsense di Indonesia dan di beberapa negara sudah banyak yang 'galau' alias resah dengan adanya status pending payment ini. Bahkan di forum resmi milik google sendiri juga tidak kalah hebohnya beberapa publisher menanyakan belum cairnya pembayaran ke rekening mereka karena sudah melewati batas waktu yang tidak seperti biasanya.

Memang pihak google sendiri selalu tidak memberikan gambaran atau penjelasan tentang apa yang terjadi pada beberapa produknya, Mungkin memang hal tersebut dianggap secara teknis sebagai informasi rahasia yang tidak bisa diungkapkan kepada publik. Tapi dari beberapa analisis yang ada bisa dijabarkan mengapa pihak google adsense lambat dalam memberikan 'status' pending payment menjadi Paid.

Kemungkinan yang terjadi dan masuk akal ketika status automatic payment pending terjadi adalah sebagai berikut :




1. Pihak pembayaran dari google sedang melakukan rekap data secara manual dengan cara double check, maksudnya adalah setiap pembayaran yang akan diproses dan diberikan ke publisher harus melewati beberapa pemeriksaan ulang seperti memeriksa nama, alamat dan profil penerima apakah cocok atau tidak. Setelah semuanya dicek ulang dan fix maka akan diterbitkan issued paid ke dasboar publisher.

2. Banyaknya Publisher. Publisher GA tidak hanya berjumlah ribuan tapi sudah jutaan orang yang menjadi penayang iklan milik google. Maka dari itu semua proses yang dilakukan selama rekap data payment harus benar-benar fix dan sesuai dengan peruntukannya. Jarang kita mendengar ada publisher yang salah dalam menerima uang pembayaran kan ?

3. Adanya delay di hari besar atau hari Libur. Dimana pada hari libur memang sudah dijelaskan di product support google akan ada delay dan pembayaran dilakukan pada hari kerja. 

4. Adanya sistem yang bermasalah. Nah, kalau penyebab yang satu ini pasti pihak google tidak akan memberitahukan kepada kita sebab dan akibatnya, karena memang menyangkut rahasia perusahaan.

5. Perubahan rotasi payment. Maksudnya adalah pihak google adsense melakukan perubahan jadwal atau rotasi pembayaran tidak sebagaimana mestinya. Di kasus ini banyak contoh yang terjadi, yang bulan-bulan sebelumnya pembayaran via western Union dilakukan lebih awal namun padda bulan Mei 2016 ini malah pembayaran yang dilakukan via transfer kawat sudah keluar issued paid-nya. 

6. dan beberapa sebab lainnya yang publisher hanya bisa menebak-nebaknya saja.

Bagimana, apakah sobat sesama publisher adsense punya opini lain seputar status Automatic Payment pending yang adda di dasboard Adsense ?
Previous
Next Post »

23 comments

  1. edan nih google
    katanya liburan musim panas
    long holiday

    sampe tanggal 24 belum keluar juga

    kok tumben jadi taek nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar2..nunggu payment sebentar lagi pasti paid..haha

      Delete
  2. Semuanya pasti resah, aku pun resah banget. Apalagi kalo udh janjian mau shopping2 sama si doi, saya hra gimana coba kang. Sedih saya hahaha

    ReplyDelete
  3. wah pantesan pembayaran adsense telat
    ternyata pegawainya google singapur lari bawa duit adsense jutaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah saya blom tahu ada berita itu mas heru...hehe

      Delete
  4. kita sama sama menunggu gajian dari google berdoa supaya cepet keluar email pemberitauan pembayaran telah dikirim.tetep sabar

    ReplyDelete
    Replies
    1. semooga sistem pembayaran google bulan depan tepat waktu ya gan... hehe

      Delete
  5. Iya nie bikin galau. Mana ditagih ama istri uang belanja bulan ini. Hadeeeee.

    ReplyDelete
  6. ane tunggu semoga aja cepet paid amien

    ReplyDelete
  7. Adow ternyata bukan aku saja yang lagi galau

    ReplyDelete
  8. konfirmasi pembyaran di email sdh sejak tgl. 22, sampai sekarang status masih automatic pending...hehehehe..banyak teman rupanya yg galau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tgl 25 udah masuk email payment tapi dana belom bisa cair mas..hehe..galau lg critanya

      Delete
    2. samaan, hari ini udah dapat email payment tapi mtcn belum keluar, hadeh..

      Delete
    3. tanya gan, pas udah keluar mtcnnya bisa langsung diambil? ato sehari setelah status paid baru bisa dicairkan?

      Delete
    4. Harus udah ada MTCN yg kluar untuk bisa mencairkan pembayaran mas.. :), walau status paid blom tentu mtcn keluar lho

      Delete
    5. akhirnya, tepat jam 20.00 malam ini ane buka dashboard GA .. sdh cair gan, MTCN dg gagahnya nongol..hehehe.. yg belum mohon bersabar aja.. pasti cair koq..

      Delete
  9. Udah dag dig duk, kok nggak cari juga.
    Akhirnya googling kali aja ada yang senasip. Ternyata semuanya ya...
    Oalah....

    ReplyDelete
  10. makasih infonya, nambah pengetahuan

    ReplyDelete
  11. kemarin udah pada bingung kok belum keluar ya...padahal yang lewat bank udah cair..tapi potongan gede bener.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas andika pakai bank apa kok potongannya gede mas ?

      Delete
  12. kirain saya doang yg pending wkwkw ternyat semua :v pengen beli baju lebaran om :v kampret ini kapan cair :v

    ReplyDelete
  13. Sama gan, pnya ane juga masih pending.. mdh2an bsk sudah paid..

    ReplyDelete
  14. pada panik, mau pada bayar hutang ya?? ahahaiii sama..

    ReplyDelete

Partner Site