Url Perujuk blog dari android-app QuickSearchBox, apa itu ?

Bagi beberapa blogger mungkin masih bertanya-tanya ketika menelusuri statistik penayangan di dasboard blogger menemukan trafik url perujuk kunjungan situs dari alamat seperti 'android-app://com.google.android.googlequicksearchbox' bukan? sebenarnya trafik dari manakah itu ?, mari ikuti ulasan tentang trafik di dasboard yang baru saja ada sejak tanggal 28 April 2016 ini.

Seperti halnya para blogger lainnya, admin juga terheran-heran mengapa ada url perujuk yang tidak lain adalah aplikasi buatan google sendiri. Bila dalam bahasa program pembuatan aplikasi sebenarnya nama yang berawalan 'com.' tersebut sudah tidak diragukan lagi bahwa itu adalah sebuah aplikasi untuk smartphone bersistem android. 

Di dalam perjalanan waktu, ternyata google ingin 'memberitahu' kepada pemilik situs atau blog bahwa url perujuk yang mengarahkan sebuah kata kunci ke situs anda adalah aplikasi milik google yang ada di smartphone. Bila anda perhatikan, alamat tersebut bisa dikatakan sebuah referrer dari aplikasi mesin pencari yang memang secara default ada di sistem operasi android.

url perujuk artikel blog


Silahkan anda kunjungi alamat url berikut ini " https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.googlequicksearchbox&hl=en " , dari aplikasi mesin pencari milik google itulah landing page artikel situs anda dirujuk dan pengguna singgah ke blog anda. Pertanyaannya, apakah setiap browser selain milik google di smartphone yang menggunakan alamat google untuk mencari kata kunci artikel blog masuk dalam kategori ini ?

Browser yang tidak terkait dengan aplikasi quicksearch google tidak akan memberikan pelacakan dari url perujuk 'android-app://com.google.android.googlequicksearchbox' namun murni dari url perujuk 'google.com' atau 'google.co.id' ( untuk settingan lokal Indonesia ). Contoh, bila di smartphone pengunjung situs anda menggunakan browser opera dan menggunakan alamat google untuk merujuk ke alamat artikel anda tentu yang tampil di dasboard blog adalah murni dari url google bukan dari referrer aplikasi quicksearchbox.

Pertanyaan demi pertanyaan yang serupa seperti diatas banyak sekali beredar di forum resmi webmaster dan seperti ulasan diataslah jawaban yang dilontarkan para tokoh-tokoh webmaster di google. Semoga para sobat blogger sekarang sudah tidak bertanya-tanya lagi mengapa adda url perujuk dari alamat sebuah aplikasi. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site