Asuransi Mobil, Pilih All Risk atau TLO?

Kesadaran masyarakat mengenai perlindungan untuk kendaraan mereka sudah cukup tinggi di Indonesia. Hal ini sangatlah wajar karena banyak resiko yang bisa terjadi pada mobil kesayangan. Lalu lintas yang padat mungkin bisa menimbulkan gesekan antar mobil, tingkat pencurian mobil pun juga tinggi sehingga tentu hal yang sangat tepat bila anda mengasuransikan mobil anda.

Untuk anda yang belum memiliki polis asuransi dan ingin memilikkinya, mungkin akan kebingungan dengan pilihan asuransi berupa All Risk atau TLO.

asuransi mobil

Pentingnya Asuransi Mobil

Sebelum ke pembahasan selanjutnya di tahap ini akan sedikit menjelaskan mengenai pentingnya asuransi mobil untuk anda yang belum sadar bahwa asuransi mobil ini adalah suatu hal yang penting. Menurut WHO kecelakaan lalu lintas merupakan pembunuh utama manusia, setelah penyakit jantung dan TBC. Kelalaian manusia adalah faktor utama yang menyebabkan kecelakaan tersebut. Dan walau kita sudah tidak lalai, orang lain yang lalai tetap bisa membahayakan kita.
Resikio seperti luka atau kematian bisa di minimalisir dengan memberikan keamanan ekstra. Untuk itu sangatlah perlu mengasuransikan mobil anda. Karena untuk menghilangkan lecet saja sudah membuat kita mengeluarkan dana yang banyak.

Selain itu tingkat kriminalitas yang semakin tinggi juga menjadi alasan mengapa menggunkan asuransi mobil itu penting. Resiko kehilangan mobil kesayangan ini juga menjadi alasan yang mendasari menggunakan asuransi mobil.

Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dengan TLO

1. Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)




Secara sederhana arti dari total loss only berarti hanya jika kehilangan total. Dengan kata lain klaim asuransi hanya bisa terjadi apabila terjadi kehilangan total. Yang di maksud kehilangan total adalah kerusakan mobil yang mencapai lebih dari 75% atau kehilangan, pencurian, ataupun karena perampasan secara paksa. bila kejadian yang terjadi tidak seperti yang di syaratkan maka klaim tidakbisa diajukan. Kerusakan juga harus mencapai 75% agar bisa mendapatkan ganti rugi. Keebihan dari asuransi total loss only ini adalah premi asuransi yang lebih rendah daripada asuransi mobil all risk.

2. Asuransi Mobil All Risk/Conprehensive

All risk dalam bahasa Indonesia berarti segala resiko, dan comprehensive memiliki arti keseluruhan. Dengan kata lain asuransi ini membayar semua klaim yang di ajukan untuk segala jenis kerusakan, entah kerusakannya berupa kerusakan yang parah ataupun kerusakan yang ringan sekalipun pihak asuransi akan tetap membayarkan klaim. Namun kelemahannya adalah premi jenis ini memiliki dana lebih besar dari pada asuransi TLO.

Kalau semisal anda masih kebingungan memilihnya anda bisa menggabungkan keduanya. Dengan cara membeli asuransi all rick di tahun pertama, dan membeli asuransi TLO pada tahun berikutnya. Namun tetap saja menggunakan asuransi mobil adalah hal penting terlepas dari TLO dan all risk.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site