Cara Merawat Motor Matic Agar Awet dan Selalu Prima

Cara Merawat Motor Matic Agar Awet dan Selalu Prima - Mempunyai motor memang tidak cukup hanya di isi bahan bakar dan dinaiki saja. Anda harus menyisihkan uang untuk melakukan perawatan secara rutin agar motor tetap dalam keadaan prima. Tentu saja untuk kendaraan yang jarang dirawat akan mudah rusak dalam jangka waktu tertentu atau malah sebelum masa seharusnya.

Anda yang memiliki motor matic juga mungkin khawatir dengan kondisinya. Karena motor matic tergolong motor yang berbeda degan motor biasa, sehingga cara merawatnyapun pasti berbeda. Bila anda punya waktu luang cobalah mempelajari bagaimana cara merawat motor matic, karena sebenarnya hal tersebut tidaklah sulit. Dengan melakukan perawatan secara berkala tentu akan menjaga performa mesin dan umur mesin matic bisa lebih awet. 

merawat motor matic


Selain perawatan anda juga harus berhati-hati ketika mengendarainya, karena cara kita menggunakan kendaraan matic juga mempengaruhi kondisi mesinnya. Gunakanlah dengan santai jangan menggeber gas karena nantinya mesin akan tidak tahan lama. Anda sebenarnya bisa membaca panduan yang didapat ketika membeli motor matic untuk menjadi petunjuk bagaimana mengendarai motor matic dengan benar.

Memang motor matic membutuhkan perawatan khusus daripada motor biasa, ditambah sekarang sudah banyak motor matic yang menggunakan sistem injeksi. Di bawah ini akan sedikit menginformasikan bagaimana cara untuk merawat motor matic agar awet dan selalu prima.

1. Selalu Panaskan Mesin

Seringkali kita terburu-buru untuk menuju ke sekolah atau ke tempet kerja sehingga lupa untuk memanaskan motor dan langsung menggunakannya. Ini adalah hal yang salah. Selalu panaskan motor terlebih dahulu sebelum digunakan. Minimal ketika anda sedang makan atau mandi mungkin barengi degan memanaskan motor dengan begitu anda bisa melakukan dua pekerjaan sekaligus. Panaskan motor kurang lebih lima sampai 10 menit.

2. Kecepatan Stabil

Mesin matic bukanlah diciptakan untuk kebut kebutan, cobalah untuk menstabilkan kecepatan dan jangan terlalu sering dan tiba-tiba mengubah kecepatan motor. Mengapa demikian? Karena bila sering melakukan hal tersebut akna mengakibatkan mesin cepat rusak. Biaya untuk mengganti mesin tersebut tidaklah sedikit. Jadi mulai sekarang dari pada dompet kosong karena tidak menggunakan motor dengan benar lebih baik melaju sesuai dengan aturan.

3. Tangki Bahan Bakar Dilarang Kosong




Usahakan jangan sampai tangki motor anda kosong apalagi mati saat mesin masih berjalan. Usahakan selalu mengisi bahan baar ketika jarum bahan bakar akan menyentuh huruf E. Karena akan menyebabkan kerusakan dalam komponennya tanpa anda ketahui.

4. Ganti Oli Secara Berkala

Dengan mengganti oli motor matic anda secara berkala, akan membuat mesin kendaraan menjadi lebih awet karena mesin akan mendapatkan pelumas secara maksimal dan menghindari dari gesekan berlebih yang dapat membuat rontok mesin. Biasanya untuk mengganti oli mesin dilakukan setiap 1000 KM dan mengganti oli transmisi motor ketka motor mencapai 5000 KM.

5. Periksa Roler dan Ventbelt

Ini adalah salah satu perbedaan yang terdapat pada motor biasa dengan motor matic. Apabila motor biasa menggunakan gir dan rantai sebagai alat penggerak roda, motor matic menggunakan roler dan ventbelt. Anda harus selalu memperhatikan bagian ini, karena agian ini adalah bagian vital dalam kendaraan matic. Selalu ganti roler dan vantbelt sesuai dengan jangka waktu yang diberikan oleh bengkel resmi motor matic anda.

6. Periksa dan Perhatikan Ruang Transmisi

Di dalam ruang transmisi usahakan anda cek dan perhatikan, biasanya terdapat kotoran berupa debu dan kotoran kecil lainnya. Usahakan untuk melakukan pembersihan secara berkala. Usahakan pembersihan tersebut dilakukan setelah motor mencapai 4000 KM. Denganbegitu motor akan tetap nyaman untuk digunakan.

7. Ganti Oli Shockbreaker

Oli pada kendaraan matic tidak hanya satu seperti kendaraan bebek. Matic memiliki dua oli yaitu oli biasa dan oli khusus pada shockbreaker. Oli tersebut harus diganti secara berkala tiap 10.000 KM, tentu saja agar motor tetap aman digunakan dan tentu saja pada bagian tersebut akan awet lebih lama. 

Demikianlah informasi mengenai bagaimana merawat motor matic agar awet dan selalu prima, semoga bagi anda pengguna matic atau yang ingin membeli motor matic dapat membuat kendaraan matic anda lebih awet.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site