Daftar Universitas Ikatan Dinas Di Indonesia

Perguruan tinggi ikatan dinas sering menjadi incaran pelajar SMA sederajat yang sudah menyelesaikan studinya/lulus. Di PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan), mahasiswanya digratiskan dari biaya kuliah karena sudah tersubsidi oleh pemerintah. 

Selain itu, keuntungan lainnya, setelah lulus dari PTK mahasiswanya bisa langsung bekerja di Lembaga yang menaungi seperti Kementrian Keuangan, Kementrian Perhubungan dan masih banyak lagi. Hal inilah yang menjadi daya tarik untuk mendaftar di PTK.

universitas ikatan dinas


Setiap tahunnya pendaftar PTK semakin banyak, namun banyak juga yang gagal karena proses seleksi yang ketat. Di 2016 ini, pendaftaran PTK berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun ini siswa hanya diperbolehkan untuk mendaftar satu PTK saja, jika mendaftar lebih dari satu maka langsung gugur dari daftar peserta.

Berikut adalah daftar sekolah tinggi ikatan dinas di indonesia :

1. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

STIS ini merupakan perguruan ikatan dinas yang berada dibawah Badan Pusat Statistik. Di STIS terdapat dua jurusan yaitu Jurusan Statistika dan Jurusan Komputasi Statistik. Tempat pendidikannya berada di Jakarta Timur.

STIS membuka program diploma IV dan di tahun 2016, STIS menyediakan kuota sebanyak 500 siswa.

2. Institut Pemerintahan Dalam Negri (IPDN)

IPDN adalah salah satu pendidikan tinggi di lingkungan Kementrian Dalam Negeri. IPDN merupakan institut yang ditujukan untuk menlahirkan kader-kader birokrat di tingkat daerah atau pusat.

Letak IPDN berada di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Banyak berita beredar dari institut ini mulai dari kisah perpeloncohan, taruna yang meninggal dunia hingga kontroversi pembubaran IPDN.

3. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)




STSN merupakan perguruan yang sangat ketat masuknya, karena jumlah yang diterima hanyalah 80 siswa di Indonesia. Selain itu, STSN berada di bawah Lembaga Sandi Negara RI yang bertujuan untuk mencetak ahli sandi yang bisa bersaing di dunia.

4. Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN)

PKN STAN berada di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Lokasi pendidikan STAN berada di 11 balai diklat yang menyebar di Indonesia.

Berbeda dengan STSN, STAN ini menerima 3.650 siswa lulusan terbaik SMA sederajat. Selain itu, di STAN ada program diploma I sampai diploma III.

5. Akademi Imigrasi (AIM) dan Politeknik Ilmu Permasyarakatan (POLTEKIP) 



Poltekip menyediakan program diploma IV di bidang teknis pemasyarakatan dan AIM di bidang teknis kemigrasian. AIM dan POLTEKIP berada di wilayah Kementrian Hukum dan HAM RI. Di tahun 2016 ini, AIM dan POLTEKIP menerima siswa sebanyak 260 siswa.

6. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

STTD merupakan universitas ikatan dinas yang berada di lingkungan Kemenhub RI yang lokasinya di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat. 

STTD membuka program diploma II,III hingga IV dibidang lalu lintas dan angkutan jalan. Di tahun 2016 ini, STTD membuka pendaftaran untuk siswa SMA sederajat sebanyak 300 siswa.

7. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Di tahun ini, STMKG akan menerima taruna dan taruni sebanyak 250 siswa dari seluruh Indonesia. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merupakan badan negara yang menaungi STMKG.
Previous
Next Post »

1 comment

  1. kelihatannya yang jadi favorit STAN menurut saya lho.. :D

    ReplyDelete

Partner Site