Daftar Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Perkembangan dunia pendidikan tingkat tinggi di Indonesia semakin kesini semakin baik. Tak hanya perguruan tinggi negeri saja yang berkualitas, namun banyak bermunculan perguruan tinggi swasta yang tak kalah bagusnya. Di Indonesia jumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mencapai 1.890 perguruan tinggi.

Sehingga untuk Anda yang masih bingung memilih perguruan tinggi, PTS berikut ini bisa menjadi rujukan. Karena PTS dibawah ini merupakan PTS yang terbaik di Indonesia.

logo universitas di Indonesia


Daftar PTS (Perguruan Tinggi Swasta) Terbaik di Indonesia

1. Universitas Gunadarma

UG (Universitas Gunadarma) salah satu universitas swasta yang berkualitas. Universitas ini didirikan pada 7 Agustus 1981 yang kampus utamanya berada di Depok, Jawa Barat. 

Dalam menunjang kegiatan perkuliahan, UG memiliki kampus sejumlah 14 dan sekarang ini universitas Gunadarma / UG berada di posisi 11 nasional.

2. Universitas Kristen Petra

Universitas ini bertempat di Jl. Siwalankerto No. 121-131 Wonocolo, Surabaya. Semakin kesini universitas Kristen Petra semakin maju dan saat ini menempati peringkat 18 Indonesia. Berdiri atas prakarsa yayasan pendidikan Kristen Surabaya yaitu PPPK Petra dan menyelenggarakan enam fakultas sarjana dan tiga magister untuk pascasarjana.

3. Universitas Bina Nusantara

Binus menjadi salah satu perguruan swasta terbaik di Jakarta. Berdiri pada tahun 1996, kualitas universitas ini semakin menaik, seiring dengan prestasi dan iklan yang sering tampil di berbagai televisi swasta. Menurut BAN-PT, Binus masuk kedalam rangking 21 nasional.

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)




Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan salah satu PTS yang sudah memiliki akreditasi A. Di UMY, setiap tahun selalu mengirimkan 20 sampai 30 tenaga pengajar untuk mengikuti studi lanjut baik S2 atau S3 di dalam dan di luar negeri. 

UMY memiliki 8 fakultas sarjana dan 7 prodi pascasarjana. Menurut BAN-PT, UJMY menempati posisi 22 nasional.

5. Universitas Mercu Buana

Merupakan universitas yang terletak di Jakarta, Depok, Bekasi dan berdiri sejak 22 Oktober 1985. Berbagai fakultas tersedia di universitas ini, dan terdapat pula perkuliahan khusus unutk kelas karyawan. Saat ini univeritas mercu buana, menempati peringkat 24 nasional.

6. Universitas Muhammadiyah Surakarta

UMS memiliki konsep pembelajaran yang menumbuhkan budaya Islam dan menguasai ilmu pengetahuan yang dilandasi nilai keislaman. UMS terletak di Sukoharjo, Jawa Tengah dan merupakan universitas yang menduduki urutan ke 26 di Indonesia.

7. Universitas Islam Indonesia



Universitas Islam Indonesia (UII) terletak di Yogyakarta dan merupakan PTS tertua di Indonesia yang berdiri pada tahun 1945. UII memiliki 8 fakultas sarjana dan 1 program Internasional. Sampai sekarang UII menjadi universitas yang menduduki urutan ke 29 tingkat nasional.

8. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang menduduki peringkat 30 di Indonesia dan sudah terakreditasi A. Letaknya berada di Kota Malang, Jawa Timur. 

UMM terkenal dengan kampus putih karena warna gedungnya didominasi warna putih. UMM juga memiliki 10 fakultas, 9 program magister, 3 program doktoral dan 7 program profesi.

9. Universitas Esa Unggul

Sejak berdiri tahun 1986, Universitas Esa Unggul telah menduduki peringkat 35 tingkat nasional. UEU berdiri atas naungan Yayasan Pendidikan Kemala Mencerdaskan Bangsa di pusat kota Jakarta. 

Universitas ini merupakan perguruan tinggi pertama yang mempelopori pendirian Program Sarjana Terapan Fisioterapi dan Akademi Rekam Medik di Indonesia.

10. STIMIK Amikom

STIMIK Amikom atau Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM yang berada di Kota Yogyakarta. STIMIK Amikom merupakan perguruan tinggi swasta yang menduduki peringkat 36 di Indonesia.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site