Format SMS Banking Transfer dari BNI ke Mandiri yang Benar

Melakukan transfer antar bank saat ini tidak hanya didominasi oleh mesin-mesin ATM atau datng langsung ke kantor Bank terdekat, namun dengan hanya bermodal ponsel maka nasabah bank bisa melakukan transaksi mobile banking melalui SMS. 

Kali ini saya punya pengalaman menarik tentang bagaimana melakukan transfer uang dari Bank BNI ke Bank mandiri dengan SMS banking. Mungkin bagi nasabah BNI yang baru saja memanfaatkan sistem SMS banking akan selalu mendapat notifikasi balasan yaitu pesan kegagalan ketika ingin mentransfer sejumlah uang ke bank selain BNI. Mengapa demikian ?

kesalahan format penulisan sms banking

Karena saya juga tidak terbiasa melakukan transfer antar bank via sms banking, maka jalan satu-satunya karena pas dalam keadaan tertentu jauh dari mesin ATM maka hal yang pertama saya lakukan adalah googling, yaitu mencari cara format penulisan untuk proses transfer bank dari BNI ke Mandiri via SMS banking.

Dari semua situs yang saya singgahi dan juga situs resmi milik BNI ternyata semua mempunyai jawaban sama dan salah. Mengapa salah ?, Karena setelah saya gunakan format penulisan seperti yang dicontohkan beberapa situs tersebut rata-rata sama dengan yang dicontohkan dalam situs resmi BNI. 

Dalam situs BNI dan di situs atau blog yang saya baca, rata-rata format penulisan untuk kirim uang antar bank adalah TRF(Spasi)ANTARBANK(spasi)kodebank+Norekening(spasi)nominal(spasi)## dan setelah saya ikuti petunjuknya ternyata tetap salah. Notifikasi yang saya dapat selalu menunjukkan format salah dan disuruh menghubungi call center BNI.




Dari beberapa percobaan setelah 5 kali salah walau sudah sama persis format penulisan seperti yang ada pada situs BNI dan blog lainnya maka saya mencoba dengan melakukan penulisan dengan huruf besar kecil yang berbeda dengan yang dicontohkan dan berhasil.

Ternyata format SMS banking transfer dari Bank BNI ke bank Mandiri (atau bank lainnya) yang benar adalah sebagai berikut :

Format Penulisan : TRF(spasi)AntarBank(spasi)KodeBank+NoRekening(spasi) Nominal(spasi)## 

Untuk pengiriman SMS ke nomor 3346 dan Nomor harus sudah teregistrasi dan divalidasi oleh pihak Bank BNI. Mandiri mempunyai kode bank 008 dan punya 13 digit nomor rekening. Ternyata yang membuat saya selalu gagal melakukan transfer yaitu tulisan 'AntarBank' saya tulis huruf kapital semua. Padahal pada contoh di situs resmi BNI dengan jelas menulis dengan huruf besar semua.

Contoh pengiriman uang (transfer) dari Bank BNI ke Bank Mandiri sebagai berikut :

TRF AntarBank 008123456789 100000 ## 

Untuk menyertakan catatan berita maka taruh note di antara tanda pagar setelah itu kirim ke 3346. Bila sukses maka akan ada SMS pemberitahuan untuk memasukkan 2 pin acak seperti yang diperintahkan dalam notifikasi yang di kirim ke ponsel anda.

Nah, sekian dulu sharing detikInfo tentang cara melakukan transfer uang dari Bank BNI ke bank lain via Mobile SMS banking denga format yang benar dan tepat. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site