Investasi yang Menguntungkan untuk Mahasiswa

Mahasiswa memang umumnya identik dengan sedikit uang, serba terbatas, dan serba hemat. Namun hal ini bukanlah alasan untuk mulai berinvestasi mengingat seorang mahasiswa juga memiliki masa depan. Kini berinvestasi tidak hanya bisa dilakukan bagi mereka yang sudah berpenghasilan. Anda yang berstatus mahasiswa pun juga bisa mulai untuk belajar berinvestasi.

Jenis investasi sangat beragam. Dari mulai yang paling sederhana yakni menabung dan menghimpun logam mulia sampai jenisnya yang paling rumit yaitu derivatif. Variasinya juga cukup banyak, mulai dari paling kecil ratusan ribu rupiah sampai dengan yang nilainya jutaan bahkan miliaran. 

Ivestasi untuk mahasiswa

Dan untuk artikel kali ini akan fokus membahas jenis investasi yang cocok untuk kantong para mahasiswa. Silahkan disimak dan semoga bermanfaat

Investasi yang dapat dilakukan oleh mahasiswa :

1. Logam mulia

Pertama ada logam mulia. Memang secara harga logam mulia khususnya emas tergolong mahal dan akan mengeruk kantong cukup dalam. Namun, seiring perkembangan zaman, seseorang sudah dipermudah untuk memiliki emas. Membeli emas sudah dapat dicicil. Sudah banyak pegadaian-pegadaian dan bank yang memiliki label syariah yang sudah menyediakan fitur ini.
Berinvestasi dengan emas cukup memberi kenyamanan dan keuntungan. Kenapa? Karena nilai emas sama sekali tidak terpengaruh akan pergerakan inflasi. Oleh sebab itu, emas disebut juga dengan investasi Safe Haven yang digunakan sebagai pelindung nilai.

Namun, manfaat dari investasi emas baru bisa dirasakan setelah jangka waktu lama, yakni 10-30 tahun mendatang. Hal ini baik karena mengingat usia mahasiswa rata-rata masih cukup muda.

2. Reksadana

Kedua ada reksadana. Investasi ini memang sudah cukup populer di kalangan mahasiswa. Di Indonesia, ada berbagai jenis reksadana seperti reksadana pasar uang, reksadana penghasilan tetap, reksadana saham, dan reksadana campuran. Bahkan sekarang adapula reksadana versi syariah.

Dengan berinvestasi melalui reksadana ini, Anda sudah tidak perlu khawatir uang Anda akan hilang karena keuntungan reksadana ialah pengelolanya sudah profesional dan sudah resmi terdaftar di bursa.

Keuntungan lainnya yaitu investasi reksadana sudah bisa dilakukan mulai dari seratus ribu rupiah saja, dan jika Anda bisa memilih manager investasi yang tepat, maka keuntungan dalam satu tahun bisa mencapai 30% tanpa harus bersusah payah.

3. Saham

Investasi ini memang terdengar cukup besar mengingat orang yang berinvestasi dengan saham biasanya merupakan orang-orang tinggi. Sebenarnya saham hanyalah penyetaraan modal Anda dengan suatu perusahaan. Dengan kata lain Anda ikut memiliki perusahaan tersebut dengan persentase berdasarkan penyetaraan modal Anda di perusahaan tersebut.




Harga saham juga bermacam-macam, dari mulai yang sangat murah hingga yang harganya jutaan per lembar. Untuk Anda yang ingin berinvestasi dengan saham, sebaiknya kuatkan mental dahulu dan pelajari ilmu bermain saham. Karena investasi ini memiliki tingkat resiko yang cukup tinggi.

Karena resiko yang tinggi itulah saham menjadi investasi yang paling menguntungkan dari semua investasi yang dibahas dalam artikel kali ini. Seperti kata pepatah “high risk high return”.

4. Tabungan

Ini adalah investasi yang umum dan paling mudah dilakukan. Mahasiswa dapat menyisihkan sebagian uang kiriman orang tuanya maupun uang dari hasil kerja part time untuk di tabung. Menabung bisa dilakukan sendiri maupun diserahkan pihak bank untuk resiko yang lebih minim.

Hasil tabungan ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan pada saat sudah lulus kuliah nanti. Sebagai contoh untuk mencari pekerjaan dan mengurus segala sesuatunya yang masih membutuhkan uang. Jika Anda meminta kepada orang tua hal ini merupakan hal yang negatif mengingat Anda sudah tergolong dewasa dan sudah saatnya mandiri. Maka dari itu menabung merupakan solusi paling tepat.

5. Investasi Ilmu

Investasi yang terakhir ini memang sedikit asing di telinga anda. Ya, investasi ilmu bukan hanya sekedar makna simbolis. Untuk berinvestasi ilmu Anda dapat melakukannya dengan jalan kuliah, mengambil kursus, otodidak maupun pengalaman langsung. Nantinya ilmu yang Anda dapat ini bisa diaplikasikan untuk menghasilkan aliran uang.

Diatas adalah beberapa contoh investasi yang dapat Anda lakukan sebagai mahasiswa. Sungguh pentingnya sebuah masa depan hingga kita harus menyiapkan dengan baik mulai dari sekarang. Sekian artikel tentang Investasi oleh mahasiswa, semoga bermanfaat. Terima kasih.
Previous
Next Post »

1 comment

  1. saya pernah nyoba saham waktu kuliah mas.. tapi ya karena ilmu kurang jadi rugi banyak.. dulu masih 1 lot 500lembar sekarang cuma 100lembar..ahahah..

    ReplyDelete

Partner Site