Tips Investasi Tanah dengan Modal Kecil

Investasi tanah memang menjadi salah satu tradisi turun menurun dari masyarakat Indonesia. Terlebih di daerah pedesaan. Kebanyakan orang tua di pedesaan akan menyimpan kekayaan dengan wujud tanah, seperti ladang maupun sawah.

Rupanya investasi dalam bentuk tanah hingga saat ini masih menjadi incaran banyak pihak mengingat harga tanah selalu mengalami kenaikan seiring berjalannya waktu. Mereka akan berusaha mendapatkan tanah yang dijual dengan harga semurah-murahnya sebagai kebutuhan pribadi ataupun dijual kembali beberapa tahun kemudian dengan harapan harganya akan naik berkali lipatnya. 

investasi tanah dengan modal kecil

Untuk Anda yang hanya punya modal pas-pasan dan ingin mencoba melakukan investasi jenis ini, berikut kami share beberapa tips investasi tanah khusus buat Anda yang hanya bermodal kecil.
Baca :
Jenis Investasi Tanah dan contohnyaInvestasi Saham Terbaik di Indonesia
Tips Investasi Tanah Untuk Anda Yang Hanya Bermodal Kecil

1. Bekerjasama

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin memulai investasi tanah dengan modal kecil yaitu dengan menjalin kerjasama bersama beberapa pihak yang memiliki pemikiran serupa.

Usahakan Anda memulainya dengan orang-orang yang sudah dikenal dan dapat dipercaya. Misalnya Anda ingin investasi tanah dengan harga Rp 200 juta, sedangkan Anda hanya mempunyai modal Rp 50 juta. Maka Anda bisa melakukan kerjasama bersama pihak lain untuk bersama-sama membeli tanah tersebut.

Selanjutnya perhitungkan bahwa dalam jangka waktu tertentu, tanah tersebut akan mengalami peningkatan harga dan Anda dapat melakukan bagi hasil bersama orang-orang yang telah diajak bekerjasama.

Kemudian, sisihkan keuntungan bagi hasil tersebut untuk membeli unit tanah lagi sehingga investasi tanah Anda tetap berkembang dengan pesat walaupun diawali dengan modal yang rendah.

2. Perhatikan Waktu Pembelian

Pada saat-saat tertentu, penawaran harga tanah juga dapat mengalami penurunan harga. Situasi itulah yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan investasi tanah dengan modal yang minim.

Berdasarkan pengalaman yang banyak terjadi di Indonesia, masyarakat akan lebih mudah melepaskan tanah dengan penawaran harga rendah ketika menjelang lebaran. Kondisi seperti itulah yang dapat Anda gunakan untuk memulai investasi tanah dengan sangat mudah, tanpa modal yang besar.




3. Memperbanyak Relasi dengan Agen Tanah

Tips investasi tanah dengan modal kecil selanjutnya adalah dengan mencari sumber informasi sebanyak mungkin. Saat ini sudah banyak media cetak maupun media Internet yang menyediakan layanan iklan mengenai agen properti tanah yang terpercaya.

Akan lebih baik jika Anda melakukan kerjasama bersama agen tanah tersebut untuk mendapatkan informasi paling update mengenai harga penjualan tanah. Anda tidak perlu lagi susah payah mencari harga tanah yang murah, tetapi hanya dengan memperbanyak relasi bersama agen properti.

4. Melakukan Riset

Jika Anda ingin memulai investasi tanah dengan modal kecil, maka Anda bisa memulainya dengan cara melakukan riset di berbagai wilayah. Riset tersebut tak lain adalah bertujuan untuk mendapatkan harga tanah yang sangat rendah.

Sebab, tidak menutup kemungkinan beberapa wilayah akan menawarkan harga tanah yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan lokasi lain. 

Selain itu, Anda juga akan memperoleh nominal murah jika lokasi tersebut memiliki pengungkit harga. Tidak menutup kemungkinan tanah-tanah murah itu berada di lokasi strategis sehingga dalam kurun waktu tertentu akan mengalami kenaikan harga. Jadi, dengan modal minim, Anda juga dapat memperoleh banyak keuntungan.

5. Update Mencari Informasi Penjualan Tanah Murah

Cara tersebut dapat dilakukan dengan cara manual atau bekerjasama dengan beberapa pihak, untuk mendapatkan informasi terbaru apabila terdapat lahan tanah yang dijual dengan harga murah.

Kondisi tersebut biasanya akan mudah dijumpai ketika pemilik tanah sedang terdesak membutuhkan biaya, seperti untuk kuliah anak-anaknya, berobat, dan berbagai alasan lainnya. Dengan memanfaatkan situasi tersebut, Anda akan lebih mudah memulai investasi tanah dengan modal yang kecil.

6. Lakukan Promosi dan Perkenalan Diri

Selain melakukan kerjasama dengan agen tanah, Anda juga dapat mempromosikan dan memperkenalkan diri baik secara langsung atau melalui media Internet, bahwa Anda adalah salah satu pihak yang sedang membutuhkan tanah dengan harga murah.

Cara tersebut akan lebih memudahkan Anda untuk segera memulai investasi dengan modal kecil. Anda tidak perlu lagi susah payah mencari tanah yang dijual dengan harga murah, melainkan pemilik tanah yang akan segera menghubungi Anda.

Itulah beberapa cara dan tips investasi tanah dengan modal kecil yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site