Apa Manfaat Email Marketing Bagi Bisnis Online ?

Apa Pengertian dan Manfaat dari Email Marketing bagi Bisnis Online ?. Bicara mengenai Surat Elektronik (Email) saat ini sudah menjadi hal yang sangat populer untuk menjalankan roda bisnis Konvensional maupun Modern. Berbagai Transaksi Online, Keperluan Promosi dan penawaran produk sering dilakukan bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnis dengan cara modern secara Online.

Keberadaan Email untuk keperluan marketing menjadi daya tarik dan keuntungan tersendiri. Karena efektifitas dan minim biaya itulah tren Bisnis menggunakan sistem Email Marketting sangat dianjurkan bagi Pebisnis atau pengusaha yang sudah melebarkan sayap usahanya melalui jaringan Internet.

 Apa Manfaat Email Marketing Bagi Bisnis Online ?

Sebelum membahas tentang apa itu manfaat Email marketing bagi Bisnis Online ada baiknya kita mengenal dahulu apa arti dan pengertian Email Marketing itu sendiri, lalu lanjut ke berbagai jenis Email marketing dan yang terakhir adalah manfaat yang diperoleh dari metode tersebut.

Email marketing adalah metode pemasaran dengan menggunakan media Surat elekronik untuk menawarkan berbagai benting barang, jasa atau semacamnya. Penggunaan Email bisa sangat efektif digunakan hanya dengan berbekal List Email yang sudah ada (Subscribe).

Pelaku bisnis bisa terhubung dan menjalin komunikasi secara lebih intensif kepadda calon pembeli atau bahkan pelanggannya. Penawaran produk yang intensif dan sering dilakukan dengan memanfaatkan media email bisa menjadi sarana Iklan yang paling murah di antarra jenis penawaran dengan metode lainnya seperti promosi online berbayar, promosi melalui media televisi, radio bahkan di koran-koran sekalipun.

Tipe-tipe Email Marketing




Ada 3 tipe Email marketing yang wajib diketahui oleh para pebisnis atau pengusaha online seperti :

1. Direct Email

Jenis Pengiriman surat elektronik tipe ini adalah Pesan yang disampaikan ke daftar email yang sudah menjadi pelanggan. Dimana alamat email pelanggan biasanya sudah masuk ke daftar Email pengusaha dan pemilik bisnis tersebut melakukan Direct pesan berupa penawaran produk atau jasa yang terkirim secara otomatis maupun manual.

Dari mana sebenarnya pengusaha tersebut mendapatkan email pelanggan ?, tentunya ketika para konsumen telah mengisi form Alamat email sebelumnya. Contoh, anda menjadi langganan Telkom Speedy, maka dahulu ketika anda pertama kali mengisi form pendaftaran ada salah satu isian Email yang harus anda isi. Disitulah perusahaan tersebut mendapatkan daftar email secara cuma-cuma dari para pelanggannya.

Dengan memiliki alamat email secara sah ( Karena mengisi Form ), maka dengan leluasa pihak perusahaan akan melakukan direct Email ke berbagai konsumennya untuk melakukan penawaran barang, pemberitahuan Produk, atau yang lainnya.

2. Retention Email

Pengertian Retention Email sebenarnya hampir sama dengan no 1 datas, yaitu Surat elektronik yang dikirimkan oleh pemilik produk ke pelanggan lama agar tetap terhubung. 

Email jenis ini biasa dilakukan oleh perusahaan yang tidak ingin pelanggannya melewatkan berbagai pemberitahuan berkaitan dengan produk yang dimiliki pengusaha tersebut.

Retention Mail umumnya bersifat pemberitahuan mengenai promosi barang baru, Tips terbaik untuk pelanggan dan berbagai informasi penting lainnya. Namun hal ini juga berpotensi dianggap sebagai SPAM (pesan sampah) oleh sebagian penerima email.

3. Menumpang Email Orang lain ( Email over email )

Nah, ini adalah salah satu strategi bisnis yang saat ini sedang marak, yaitu melakukan pengiriman Email dengan bantuan Email list milik orang lain.

Maksudnya adalah ketika para pebisnis kesulitan untuk mendapat berbagai alamat email atau tidak mempunyai Subscriber yang banyak tentu menggunakan jasa orang lain yang mempunyai banyak list alamat Email sangat diperlukan.

Dengan istilah meminjam alamat yang sudah siap pakai maka pebisnis yang ingin melakukan Email ke berbagai alamat tersebut bisa dengan mudah melakukannya dengan biaya yang bervariasi.

Banyak sekali saat ini jasa-jasa penyedia list Email secara tersembunyi untuk ditawarkan ke pengusaha yang ingin melakukan Direct email secara besar-besaran ke alamat yang dituju. Tapi hal ini juga bisa berpotensi menjadi bumerang bagi para pelaku bisnis yang menawarkan melalui sistem Email marketing karena dianggap sebagai pesan Sampah tanpa proses Subscribe terlebih dahulu.

Setelah mengetahui beberapa metode dan jenis email Marketing diiatas maka saatnya menjelaskan tentang apa Manfaat dan keunggulannya.

Manfaat Menggunakan Email marketing :



1. Biaya Murah

Biaya yang relatif murah menjadikan metode promosi barang atau jasa melalui Email sangat digemari beberapa pelaku bisnis. Bagi mereka yang baru memulai dengan bisnis skala kecil bisa saja membuat akun Email secara gratis di penyedia layanan Email populer seperti Google, Yahoo dan sebagainya. 

Namun bila ingin meluangkan sedikit biaya lagi maka anda bisa membeli Space khusus untuk alamat Email anda. Tentunya ada kelebihan yang ditawarkan penyedia layanan Email berbayar daripada yang gratisan dengan kuota yang lebih besar serta tingkat keamanan yang terjamin tentunya.

2. Personal

Sifat lebih pribadi antara pelanggan dan pemilik bisnis menjadikan email suatu sarana yang dianggap aman. Begitu pula metode email masih menjadi suatu yang dianggap istimewa bagi para penerimanya tidak seperti orang menerima pesan singkat dari nomor operator selular yang sudah umum dan jarang menjadi perhatian.

3. Cepat terkirim

Dengan menggunakan sarana Email sudah terbukti sangat cepat terkirim ke tujuan dan jarang terjadi kegagalan sending.

4. Terjalin Hubungan dengan pelanggan

Dengan mengirimkan kampanye iklan atau pemberitahuan yang tidak membabi buta seolah sperti SPAM. Dengan metode iklan, kata-kata dan pendekatan yang baik kepada konsumen maka akan terjalin hubungan yang lebih erat kepada calon maupun pelanggan yang sudah lama. 

5. Kampanye Iklan terukur

Penyedia iklan dapat mengukur statistik hasil dari kampanye produknya via Email dengan mudah. Pelacakan pelanggan yang kembali dan tidak bisa dimonitoring sehingga pengusaha bisa melakukan langkah kedepannya yang lebih baik.

Cukup sampai disini dahulu bincang-bincang Admin tentang apa itu Email marketing dan manfaatnya di dunia Bisnis Online. Terima kasih.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site