14/08/2016

Cara Buat Kotak Script Kode di postingan sesuai Bahasa Program

Cara Buat Kotak Script Kode di postingan sesuai Bahasa Program

Di beberapa forum Developer aplikasi atau situs yang membahas bahasa pemrograman tentunya seringkali kita lihat disana cara pembahasan perihal script kode Program dijabarkan dengan hierarki persis seperti aslinya. Bagi pembaca maupun penulis sendiri di forum tersebut akan terbantu dengan tampilnya urutan bahasa script yang teratur dengan warna teks yang berbeda menurut syntax yang diinput. Intinya, membuat tutorial atau menyampaikan suatu script code dengan syntax yang tersorot ( highlight ) akan memudahkan si penulis tersebut untuk dimengerti oleh pembacanya.

membuat kotak kode program di postingan
contoh Kotak script kode program

Terkadang di beberapa forum memang tidak ada aturan khusus mengenai pengetikan syntax bahasa program sesuai hierarkinya. Namun akan terlihat bagus dan mudah dimengerti bahkan terlihat profesional kalau saja menggunakan penyampaian susunan bahasa script yang ada di postingan dengan penulisan dan syntax highlight yang benar pula.

Kali ini Admin akan sedikit memberi tips tentang cara membuat kotak script kode program di postingan sesuai dengan bahasa program beserta syntax highlight sesuai peruntukannya. Tidak perlu pengetahuan script HTML yang dihafal untuk membuat kotak script di postingan, Kita hanya perlu masuk saja ke salah satu situs penyalin syntax yang banyak digunakan para programer untuk menyampaikan tulisannya di berbagai forum developer. Mau tahu caranya ?, simak caranya di bawah ini.

Cara membuat Kotak Script kode di postingan lengkap dengan Highlighting syntax-nya :

1. Silahkan persiapkan dahulu script kode yang nantinya ingin anda tempel di postingan atau forum yang anda ikuti.

2. Setelah kode siap, sekarang beralih Browser sobat. Buka situs Pastebin dotcom.

3. Di halaman Pastebin itulah nantinya kode program yang anda punya akan diubah sesuai bahasa program yang anda miliki.

4. Paste atau tempel kode yang tadi anda simpan, kemudian pada opsi 'Syntax Highlighting' pilih bahasa apa yang anda gunakan, disana ada banyak seperti c++, java, VB, Fortran, Cobol, Delphi dan lain sebagainya yang bisa anda gunakan sesuai selera highlighting.

kotak script kode di pastebin

5. Untuk Pilihan lain dibawahnya tidak usah diubah tidak mengapa, langsung saja klik tombol 'Create New Paste'

setting kotak kode program di pastebin

6. Akan terbuka halaman yang berisi script kode yang sudah lengkap dengan hierarki bahasa program. Lakukan klik pada tombol 'Embed'.

embed script kode

7. Pada halaman Embed Code yang terbuka silahkan copy kode yang tertera paling bawah.

script kode embed

8. Sekarang buka postingan anda, masuk pada mode HTML dan paste kode tersebut ke dalam kotak editing HTML. Anda isa mengubah tinggi frame kotak script dengan mengubah nilai Height yang nilai defaultnya adalah 100px, Ubah sesuai selera anda.

9. Untuk hasilnya silahkan akan terlihat persis seperti contoh di bawah ini, 



Nah, sangat mudah sekali ternyata membuaat kotak script kode bahasa program untuk diunggah ke postingan atau di berbagai forum. Tidak perlu pengetahuan HTML yang ribet dan tidak menghafal sedikitpun karena sudah diatasi secara otomatis oleh situs copy paste script seperti Pastebin. Selamat mencoba.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon