Cara Membuka Task Manager Google Chrome PC

Untuk Mengetahui Proses apa saja yang berjalan pada suatu sistem secara umum dapat dilakukan dengan menampilkannya daftarnya ke dalam suatu Task Manager. Dengan mengetahui adanya proses yang terjadi pada suatu sistem maka pengguna gadget, baik itu untuk PC (komputer) atau Smartphone bisa dengan leluasa melihat seberapa besar pemakaian memori RAM atau kinerja CPU (Central Processing Unit).

task manager browser Chrome

Memang Task manager sendiri biasa digunakan pada sistem sebagai monitoring secara garis besarnya saja, misalnya anda membuka task manager dan melihat ada sebuah program Browser yang berjalan, disitu pengguna tidak akan secara lengkap diberi daftar apa saja yang berjalan di balik peramban tersebut. Dengan kata lain, Browser yang sedang berjalan tidak akan menampilkan task browser tersebut. Dengan kata yang mudah dipahami 'proses task didalam task'.

Dalam sebuah aplikasi yang berjalan jarang sekali menyertakan task apa saja yang berjalan dibaliknya. Namun pada pembahasan kali ini, yaitu tentang Task Manager browser Chrome memang disediakan developernya untuk mempermudah pengguna dalam memonitor kinerja dan proses apa saja yang berjalan dibalik browser tersebut.

Di peramban Chrome memang telah disediakan menu dan tool Khusus untuk melihat daftar apa saja dari proses aplikasi Chrome itu sendiri. Nantinya pengguna akan lebih leluasa melihat serta melakukan kill task (End Task) sesuai keinginan.

Mematikan suatu proses di dalam task manager Chrome bermanfaat bagi pengguna peramban bila suatu saat merasa aplikasi begitu berat atau bisa juga untuk menghemat space RAM dengan mematikan beberapa task yang dianggap mengganggu atau tidak perlu.

Lalu Bagaimana cara melihat task Manager di dalam aplikasi Google Chrome ?, simak caranya di bawah ini.

1. Buka peramban Chrome di PC sobat kemudian arahkan mouse ke Menu, Letaknya ada pada pojok kanan atas (tanda baris 3 mendatar)

task manager google chrome

2. Klik More Tools dan Klik Task manager (Shift+Esc)

3. Akan terbuka tampilan baru berupa kotak yang berisi daftar proses yang sedang berjalan di peramban Chrome.

Kemudian bagaimana cara mematikan salah satu proses berjalan di dalam task manager google Chrome ?, Begini caranya :




1. Buka Task manager chrome seperti cara diatas

2. Pilih proses yang ingin anda akhiri atau matikan

3. Setelah terpilih (tersorot) silahkan klik tombol 'End Task'

Yang perlu diperhatikan, Jangan karena ingin menghemat space RAM maka anda sembrono untuk melumpuhkan semua proses yang terlihat, karena ada beberapa Task yang digunakan untuk menjalankan aplikasi crome itu sendiri. Bila anda nekat melakukan End Task pada proses utama sudah dipastikan peramban akan mati dengan sendirinya atau bahkan tidak berfungsi secara normal.

Pertanyaannya, Bagaimana bila sudah terlanjur mematikan proses penting di peramban Google Chrome, apakah bisa diaktifka kembali ?, jawabannya Bisa. Anda hanya perlu keluar dari browser dan kembali masuk kedalamnya, maka semua proses penting akan bekerja lagi secara Normal.

Mungkin itu dahulu tips yang bisa Admin DetiInfo berikan pada sesi kali ini, Semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan dengan mudah. Terima kasih.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site