Cara mudah Cadangkan Kontak telepon Android

Siapa sih yang rela Kehilangan Kontak atau Nomor telepon di ponsel kesayangan ?, entah itu disebabkan ponsel Error, Terformat atau juga kesalahan pengguna yang tidak disengaja lainnya. Ratusan bahkan ribuan nomor kontak menjadi hal yang penting karena tidak mudah memperolehnya kembali dari orang yang bersangkutan. Nah disini Admin detik info akan membahas cara mudah melakukan backup kontak telepon dari smartphone android.

aplikasi cadangkan data telpon android

melakukan backup atau cadangan data, baik itu berupa nomor kontak telepon, backup foto, video, dan backup berkas-berkas lainnya untuk disimpan ke media eksternal lain seperti microSd atau Flashdisk sangat mudah dilakukan. Tujuan utama melakukan backup tidak lain untuk menggandakan berkas dan berjaga-jaga ketika suatu saat kita kehilangan file penting dari smarpthone kita.

Di ponsel pintar semisal android yang saat ini kita bahas, dukungan pencadangan data sudah ada dari bawaan sistem itu sendiri. Biasanya ikon pencadangan data sudah menempel pada jajaran aplikasi-aplikasi yang ada di Home menu. Jadi pengguna samartphone android tidak perlu lagi melakukan instalasi aplikasi pihak ketiga kalau hanya sekedar ingin melakukan backup sekaligus pengembalian data (restore).

Sebelum membahas tentang cara melakukan pencadangan data kontak telepon, ada baiknya sobat ketahui apa saja penyebab umum terhadap kehilangan data kontak telepon di smartphone android yang salah satunya sebagai berikut ini.



  • 1. Terhapus secara tidak sengaja oleh pengguna.
  • 2. pengguna smartphone melakukan reset ulang terhadap sistem
  • 3. Corrupt data, yang dalam hal ini adalah data telepon yang dihandle oleh sistem tidak bekerja sebagaimana mestinya sehingga kontak tidak bisa muncul di list (daftar) yang ada di layar ponsel.
  • 4. Dilakukan Flasing ulang terhadap firmware ponsel sehingga semua informasi didalam ponsel akan terhapus semua tak terkecuali nomor kontak yang tersimpan di dalamnya.
Nah, Untuk berjaga-jaga dari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kalu sedia payung sebelum hujan, sedia cadangan data sebelum data tersebut hilang sama sekali.

Dibawah ini ada cara mudah melakukan pencadangan data kontak telepon ke dalam memori ponsel anda yang nantinya bisa dilakukan restore setiap saat anda kehilangan data kontak. Sebaiknya gunakan memori eksternal seperti MicroSD atau media flashdisk (ponsel yang support OTG) supaya ketika ponsel terformat atau mengalami error data cadangan juga tidak ikut-ikutan terhapus. Silahkan simak tutornya di bawah ini.

1. Buka aplikasi pencadangan data bawaan ponsel android sobat.

2. pada tampilan terlihat ada 2 tab yaitu tab 'pembuatan cadangan' dan tab 'kembalikan', Pada tab pembuatan cadangan silahkan pilih 'Data pribadi'

pengaturan pencadangan data kontak android

3. ada beberapa opsi berkas yang bisa dicadangkan, hilangkan semua centang kecuali pada pilihan Kontak, karena pembahasan kali ini kita ingin hanya kontak saja yang kita lakukan backup data.

4. Setuh pada sisi kontak yaitu berupa pengaturan pemilihan kontak dari sim mana saja yang ingin dicadangkan 

5. Setelah semua hal diatas anda lakukan dengan benar, silahkan klik tombol 'Cadangkan data ke kartu SD', tulis nama file sesuai keinginan anda dan klik tombol OK.

pencadangan data kontak telepon android

6. Tunggu sampai proses selesai.

Ketika proses pencadangan sudah selesai dan sukses dilakukan, anda bisa melihat berkasnya dengan menggunakan aplikasi file eksplorer atau peramban berkas bawaan android. Letak file kontak yang terbackup ada pada folder Backup-Data-(Nama folder yang anda buat ketika proses pencadangan-Contact. Dimana file yang tercipta berekstensi 'vcf'. Anda bisa memindah file vcf tersebut atau membukanya setiap saat anda perlukan di program atau aplikasi vcf reader, bahkan Excel pun bisa membuka file vcf tersebut untuk anda edit sekehendak hati.

Mungkin sampai disini dulu tutorial cara melakukan pencadangan data kontak telepon ponsel android. Bila ada pertanyaan silahkan layangkan komentar anda di kolom comment di bawah postingan ini. Terima kasih.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site